Apa Beda Magang dan PKL?

beda magang dan pkl

Beda magang dan PKL mungkin sering kali membuat banyak orang bingung, terutama bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan. Meski kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian, ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu dipahami.

Dalam artikel ini, kita bahas bersama yuk mengenai beberapa hal mulai dari pengertian magang dan PKL, perbedaan keduanya, serta manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengikuti salah satu dari kedua program tersebut. 

Pengertian Magang 

Menurut informasi yang diambil dari KataData, pengertian magang adalah suatu proses penerapan ilmu pengetahuan atau kompetensi selama masa pendidikan ke dunia kerja. Dengan mengikuti program magang, kamu akan mendapatkan gambaran nyata tentang bagaimana sistem kerja di dalam dunia profesional. 

Adapun pengertian magang berdasarkan Undang-Undang No. 13 tahun 2003 yaitu magang merupakan bagian dari pelatihan kerja yang bekerja sama oleh lembaga pelatihan dengan cara melakukan pekerjaan dan diawasi oleh pekerja yang telah profesional di bidangnya agar bisa mendapatkan keterampilan dan keahlian tertentu.

Bagi kamu yang tengah menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi, magang sering kali menjadi salah satu syarat kelulusan yang diwajibkan oleh kampus.

Selain untuk memenuhi syarat kelulusan, magang juga bertujuan untuk meningkatkan skill dan kompetensi di bidang tertentu melalui pengalaman kerja nyata. 

Saat ini, banyak perusahaan yang menyediakan lowongan untuk program magang, salah satunya adalah Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Program ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja nyata selama 1-2 semester yang dapat dikonversi maksimal 20 SKS.

Baca juga: Apakah magang itu digaji?

Pengertian PKL 

PKL atau Praktek Kerja Lapangan adalah kegiatan yang diikuti oleh siswa atau mahasiswa dengan bekerja langsung di dunia industri atau usaha.

Tujuan dari PKL adalah untuk memperoleh pengalaman kerja serta meningkatkan skill dan keahlian di bidang tertentu agar mencapai tingkat keahlian profesional.

Biasanya, PKL lebih banyak diterapkan pada siswa SMK, meskipun beberapa perguruan tinggi juga menggunakan istilah ini.

PKL sering kali memiliki durasi yang lebih pendek dibandingkan magang, yaitu sekitar 1-3 bulan, tergantung pada program yang ditentukan oleh institusi pendidikan.

Perbedaan Magang dan PKL

Setelah memahami pengertian magang dan PKL, penting untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara magang dan PKL:

1. Tujuan Kegiatan

Meski tujuan utama keduanya adalah memberikan pengalaman kerja, penerapannya berbeda. Magang tidak hanya fokus pada pembelajaran teori, tetapi juga pengembangan keterampilan dalam kerja nyata.

Sementara itu, PKL lebih menekankan pada penerapan teori yang telah dipelajari di kelas ke dalam dunia kerja.

2. Bentuk Aktivitas

Magang biasanya dilakukan secara formal dengan kontrak yang ditandatangani oleh perusahaan dan peserta magang. Kamu akan ditempatkan di berbagai departemen dalam perusahaan dan diberikan tugas sesuai dengan bidang yang ditawarkan.

PKL, di sisi lain, dilakukan dengan persetujuan antara perusahaan dan institusi pendidikan. Mahasiswa PKL ditempatkan di satu departemen tertentu dan diberikan tugas sesuai dengan mata kuliah yang sedang diambil.

Baca juga: Logbook magang dan cara membuat

3. Tanggung Jawab

Tanggung jawab yang diterima mahasiswa magang lebih berat dibandingkan dengan PKL. Mahasiswa magang diharapkan mampu menjalankan proyek-proyek yang diberikan oleh perusahaan dengan baik dan tepat waktu.

Sedangkan tanggung jawab mahasiswa PKL lebih terfokus pada penerapan teori yang telah dipelajari.

4. Durasi Kegiatan

Durasi magang bisa berlangsung dari beberapa bulan hingga satu tahun, tergantung pada perjanjian antara perusahaan dan individu yang mengikuti magang. PKL biasanya memiliki durasi yang lebih pendek, sekitar 1-3 bulan, tergantung pada jadwal kuliah dan kebijakan institusi pendidikan.

5. Insentif

Magang biasanya menawarkan insentif berupa uang atau manfaat lainnya seperti kesempatan untuk bekerja di perusahaan setelah selesai magang. PKL lebih ditujukan untuk memberikan pengalaman kerja dan tidak selalu menawarkan insentif. Namun, ini bisa bervariasi tergantung pada perusahaan tempat kamu magang atau PKL.

6. Peluang Kerja

Peluang kerja setelah magang cukup besar karena perusahaan dapat melihat langsung kinerja kamu selama magang. PKL juga bisa membuka peluang kerja, meskipun tidak sebesar magang. Namun, jika kamu berprestasi dan menunjukkan minat yang baik selama PKL, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan tawaran kerja dari perusahaan tersebut.

Manfaat Mengikuti Magang atau PKL

Setelah mengetahui perbedaan antara magang dan PKL, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengikuti kegiatan tersebut:

1. Mendapatkan Pengalaman Kerja

Mengikuti magang atau PKL memberikan kamu pengalaman kerja yang sangat berharga. Hal ini mempersiapkan dirimu untuk menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.

2. Menambah Pengalaman Kerja pada CV

Pengalaman magang atau PKL bisa kamu cantumkan di CV-mu, yang akan menjadi nilai tambah saat melamar pekerjaan.

3. Eksplor Berbagai Tugas dan Tanggung Jawab

Melalui magang atau PKL, kamu bisa mengeksplor berbagai tugas dan tanggung jawab sehingga dapat menentukan bidang pekerjaan yang sesuai dengan minatmu.

4. Mengembangkan Keterampilan

Selama magang atau PKL, kamu akan mendapatkan feedback dari rekan kerja dan atasanmu, yang dapat membantu mengembangkan keterampilan baik itu hard skill maupun soft skill.

5. Peluang Mendapatkan Pekerjaan Tetap

Banyak perusahaan yang menawarkan posisi karyawan tetap kepada mahasiswa yang menunjukkan kinerja baik selama magang atau PKL.

6. Menjalin Networking dengan Pekerja Profesional

Magang atau PKL memberi kesempatan untuk menjalin networking dengan para profesional di bidangmu, yang bisa sangat berguna untuk kariermu di masa depan.

7. Memperoleh Penghasilan Tambahan

Beberapa perusahaan menawarkan insentif berupa uang saku selama magang atau PKL, yang bisa menjadi penghasilan tambahan bagi kamu.

Kesimpulan

Baik magang maupun PKL memiliki tujuan yang sama, yaitu mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan oleh industri. 

Meskipun ada beberapa perbedaan antara keduanya, baik magang maupun PKL memberikan pengalaman berharga yang membantu mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. 

Buat kamu yang sedang mencari lowongan magang, cobalah untuk mencari informasi melalui berbagai platform yang menyediakan informasi seputar lowongan magang. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu memahami beda magang dan PKL.

(Penulis: Annisa Tri M)

Baca juga: