Cara Membuat Esai IISMA yang Menarik Agar Bisa Lolos Seleksi

Cara Membuat Esai IISMA

Pengen lolos program IISMA? Salah satu faktor yang menentukan kelulusanmu adalah esai yang kamu buat. Esai yang baik dan menarik akan membuat para panitia seleksi terkesan dan yakin bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk program ini.

Program IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri selama 1 semester.

Nah, pada artikel ini, Duniakampus.id bakal kasih tahu kamu bagaimana cara menulis esai IISMA yang baik dan menarik agar bisa meningkatkan peluangmu lolos seleksi. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai akhir, ya. Jangan sampai ada yang kelewatan!

Panduan Menulis Esai IISMA yang Baik dan Menarik

Berikut adalah panduan cara menulis esai IISMA yang baik dan menarik:

1. Pilih topik yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu

Langkah pertama dalam menulis esai IISMA adalah memilih topik yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Topik yang kamu pilih haruslah sesuatu yang kamu kuasai dan tertarik untuk membahasnya.

Kamu bisa memilih topik yang berkaitan dengan bidang studimu, pengalaman hidupmu, atau hal-hal yang kamu minati. Misalnya, jika kamu seorang mahasiswa ekonomi, kamu bisa memilih topik tentang ekonomi global, kewirausahaan, atau masalah sosial yang berkaitan dengan ekonomi.

2. Tulis esai yang menggambarkan dirimu secara jujur dan menarik

Esai IISMA adalah kesempatan bagi kamu untuk memperkenalkan diri kepada para juri. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menulis esai yang menggambarkan dirimu secara jujur dan menarik.

Ceritakan tentang pengalaman, pencapaian, dan nilai-nilai yang kamu miliki. Kamu juga bisa menceritakan tentang cita-cita dan harapanmu untuk masa depan.

3. Ceritakan pengalaman yang relevan dengan topik esaimu

Salah satu cara untuk membuat esaimu lebih menarik adalah dengan menceritakan pengalaman yang relevan dengan topik esaimu. Pengalaman yang kamu ceritakan haruslah sesuatu yang bermakna bagimu dan memiliki pengaruh terhadap perkembanganmu sebagai pribadi.

Misalnya, jika kamu memilih topik tentang pentingnya pendidikan, kamu bisa menceritakan pengalamanmu ketika kamu kesulitan untuk mendapatkan pendidikan. Pengalaman tersebut bisa menjadi contoh nyata tentang bagaimana pentingnya pendidikan bagi kehidupan seseorang

4. Suarakan pendapatmu dengan jelas dan meyakinkan

Esai IISMA juga merupakan kesempatan bagimu untuk menyampaikan pendapatmu tentang suatu hal. Oleh karena itu, penting untuk suarakan pendapatmu dengan jelas dan meyakinkan. Berikan alasan yang kuat untuk mendukung pendapatmu.

5. Gunakan kalimat dan grammar yang baik dan benar

Sebagai salah satu syarat seleksi IISMA, esaimu harus ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. Pastikan kamu menggunakan kalimat yang efektif dan grammar yang tepat.

Kamu bisa meminta bantuan dosen atau orang yang lebih ahli dalam bidang penulisan esai untuk memeriksa grammar esaimu.

6. Buat pembuka dan penutup esai yang menarik

Pembukaan dan penutup esai merupakan bagian yang penting untuk menarik perhatian pembaca. Buatlah pembuka dan penutup esai yang menarik agar pembaca tertarik untuk membaca esaimu hingga selesai.

Pada pembuka esai, kamu bisa memberikan gambaran umum tentang topik yang akan kamu bahas. Pada penutup esai, kamu bisa meringkas poin-poin penting yang telah kamu bahas.

7. Mintalah proofread kepada dosen atau orang yang lebih ahli dalam bidang penulisan esai

Sebelum mengirimkan esai, mintalah proofread kepada dosen atau orang yang lebih ahli dalam bidang penulisan esai. Mereka bisa memberikan feedback yang bermanfaat untuk membuat esaimu lebih baik.

Penutup

Itulah panduan cara menulis esai IISMA yang baik dan menarik. Dengan mengikuti panduan di atas, kamu bisa meningkatkan peluangmu untuk lolos seleksi IISMA.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang beasiswa lain yang tersedia di dalam maupun luar negeri, kamu bisa baca artikel kategori “beasiswa” di Duniakampus.id, seperti:

Baca juga: