10 Contoh Hard Skill Mahasiswa yang Wajib Dimiliki

Contoh Hard Skill Mahasiswa

Mahasiswa sekarang berbeda dengan dahulu. Segalanya serba ada, maka kalau tidak bisa mengembangkan hard skill selama jadi mahasiswa akan tersingkirkan nantinya ketika mau seleksi masuk kerja.

Lantas, apa sih hard skill itu? Hard skill adalah kemampuan teknis yang bisa dipelajari dan dikuasai lewat latihan.

Skill ini sangat dicari oleh banyak perusahaan dan organisasi karena dapat membantu mereka menyelesaikan tugas dan mewujudkan visi misi mereka dengan lebih baik.

Lalu, kenapa hard skill sangat penting bagi mahasiswa?

Alasan Hard Skill Penting bagi Mahasiswa

Ada beberapa alasan kenapa hard skill penting bagi mahasiswa, di antaranya:

1. Meningkatkan peluang kerja

Alasan hard skill penting bagi mahasiswa yang pertama adalah hardskill ini dapat meningkatkan peluang kerja. Seperti yang kita ketahui bersama, sekarang ini, banyak pekerjaan yang membutuhkan hard skill tertentu.

Nah, dengan memiliki hard skill yang mumpuni, kamu akan lebih mudah diterima bekerja di perusahaan impian. 

Contohnya, jika kamu ingin bekerja di bidang IT, kamu perlu memiliki hard skill seperti pemrograman, desain web, atau jaringan komputer.

2. Meningkatkan nilai diri

Hard skill yang kamu miliki juga dapat meningkatkan nilai dirimu.

Dengan memiliki hard skill, kamu punya peluang tinggi untuk mendapatkan beasiswa, magang, atau peluang lain yang kamu inginkan. 

Contohnya, jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni, kamu bisa mendapatkan beasiswa untuk belajar di luar negeri.

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Ketika kamu memiliki hard skill yang mumpuni, kamu juga akan lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai tantangan.

Contohnya, jika kamu memiliki kemampuan presentasi yang baik, kamu akan lebih mudah menyampaikan ide dan gagasanmu di depan orang lain.

Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk mulai belajar dan meningkatkan hard skill sejak dini. Dengan memiliki hard skill yang mumpuni, kamu akan lebih siap untuk menghadapi berbagai tantangan dan meraih cita-citamu.

Sekarang kamu sudah tahu kan, alasan kenapa hard skill itu penting bagi mahasiswa. Selanjutnya, yuk cari tahu contoh hard skill yang wajib dikuasai oleh mahasiswa berikut!

Contoh Hard Skill Mahasiswa

Berikut 10 hard skill yang wajib kamu kuasai sebagai mahasiswa di era digital:

1. Menguasai Bahasa Asing

Hard skill pertama yang harus dikuasai mahasiswa adalah menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris.

Dengan menguasai bahasa asing, kamu bisa berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai negara, mengikuti program pertukaran pelajar, atau melamar pekerjaan di luar negeri. 

Selain itu, saat ini banyak perusahaan multinasional yang membutuhkan karyawan yang bisa berbahasa Inggris dengan baik. Ini menjadi peluang besar bagi kamu jika kamu bisa berbahasa asing.

2. Menulis dengan Terstruktur

Kemampuan menulis yang baik dan terstruktur juga merupakan hard skill yang harus dimiliki mahasiswa. Karena kemampuan ini berguna untuk berbagai keperluan, seperti membuat tugas, laporan, atau artikel. 

Jika kamu mau memiliki skill ini, kamu bisa belajar menulis dengan mengikuti kelas jurnalistik atau mengikuti pelatihan online. Kemampuan menulis yang baik dapat membantumu dalam berbagai bidang, seperti bidang akademik, jurnalistik, atau bidang lainnya.

3. Menguasai Microsoft Office

Hard skill yang harus dikuasai mahasiswa berikutnya adalah menguasai Microsoft Office. Tidak hanya mahasiswa saja sebenarnya, Microsoft Office adalah software yang wajib dikuasai oleh semua orang. 

Kenapa bisa demikian? Karena Microsoft Office banyak digunakan di berbagai perusahaan dan organisasi. Jika kamu ingin belajar skill ini, kamu bisa belajar lewat kelas online yang berbayar atau bisa gratis juga lewat video di YouTube. 

4. Memiliki Dasar Desain Grafis

Selanjutnya adalah memiliki dasar desain grafis. Kemampuan desain grafis semakin diminati di era digital ini. 

Kamu bisa belajar desain grafis dengan mengikuti kursus online atau menonton tutorial di YouTube. Kemampuan desain grafis dapat membantumu dalam berbagai bidang, seperti bidang marketing, desain web, atau bidang lainnya.

5. Menguasai Analisis Data

Hard skill yang harus dikuasai mahasiswa berikutnya adalah analisis data. Hal ini karena analisis data sangat dibutuhkan di berbagai bidang, seperti bisnis, sains, dan teknologi. 

Kamu bisa belajar analisis data dengan mengikuti kelas statistik atau mengikuti pelatihan online. Kemampuan analisis data dapat membantumu dalam berbagai bidang, seperti bidang marketing, keuangan, atau bidang lainnya.

Cuma, jangan asal iktu pelatihan analis data ya, hal ini bakal membuatmu buang-buang duit saja jika tidak tau kegunaanya. Jadi, sesuaikan saja dengan minat.

Misalnya, kalau kalian fokus di marketing maka ambil analis data di bidang marketing. Jangan yang lain, biar berguna untuk seleksi kerja atau bahkan bisnis kalian sendiri.

6. Memiliki Presentasi yang Baik

Kemampuan presentasi yang baik juga sangat penting untuk mahasiswa. Dengan mempunyai kemampuan ini, kamu bisa menyampaikan ide dan gagasan dengan efektif.

Jika kamu ingin menguasai skill ini, kamu bisa belajar presentasi dengan mengikuti kelas public speaking atau mengikuti pelatihan online. 

Kemampuan presentasi yang baik juga dapat membantumu dalam berbagai bidang, seperti bidang akademik, bisnis, atau bidang lainnya.

Bagaimana mengasah ini? Kalau saranku adalah kalian mengikuti lomba. Bisa lomba LKTI atau bisnis plan atau yang lain. Biasanya ada tahapan presentasi. Nah, disitulah kemampuan public speaking kalian diasah dan presentasi dalam waktu singkat juga diperlukan strategi lho.

7. Manajemen Aset 

Kemampuan manajemen aset sangat penting untuk menjaga agar file dan dokumenmu tetap terorganisir dengan baik. Kamu bisa belajar manajemen aset dengan mengikuti kelas manajemen waktu atau mengikuti pelatihan online.

Kemampuan manajemen aset dapat membantumu dalam berbagai bidang, seperti bidang akademik, bisnis, atau bidang lainnya.

8. Menggunakan Komputer dengan Baik

Kemampuan menggunakan komputer adalah kemampuan dasar yang wajib dikuasai oleh semua orang. Kamu bisa belajar menggunakan komputer dengan mengikuti kelas komputer atau mengikuti pelatihan online.

Ini sudah jadi standar minimal orang yang mau daftar kerja sekarang sih kayaknya. Jadi, mau tidak mau kalian mahasiswa harus bisa dan tidak harus mahir.

9. Menyetir Kendaraan

Kemampuan menyetir kendaraan sangat penting untuk mobilitas. Kamu bisa belajar menyetir kendaraan dengan mengikuti kursus mengemudi.

Kemampuan menyetir kendaraan dapat membantumu dalam berbagai bidang, seperti bidang pekerjaan, atau bidang lainnya.

10. Journaling Kegiatan

Journaling kegiatan merupakan salah satu hard skill yang dapat membantumu untuk lebih fokus dan terorganisir.

Kamu bisa menulis jurnal kegiatan setiap hari atau setiap minggu. Journaling kegiatan dapat membantumu dalam berbagai bidang, seperti bidang akademik, bisnis, atau bidang lainnya.

Bagaimana Cara Meningkatkan Hard Skill Mahasiswa?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan hard skill, di antaranya:

1. Sertifikasi

Sertifikasi adalah bukti tertulis bahwa kamu memiliki kemampuan tertentu. Kamu bisa mengikuti sertifikasi untuk berbagai hard skill, seperti bahasa asing, desain grafis, atau analisis data. Sertifikasi dapat membantumu meningkatkan kredibilitas dan daya saing di pasar kerja.

2. Kursus & Bootcamp Online

Banyak kursus dan bootcamp online yang menawarkan pelatihan hard skill dengan berbagai topik. Kamu bisa mengikuti kursus dan bootcamp online yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kursus dan bootcamp online dapat membantumu belajar hard skill dengan lebih cepat dan efektif.

3. Otodidak

Kamu juga bisa belajar hard skill secara otodidak loh. Caranya dengan membaca buku, menonton tutorial, atau mengikuti pelatihan online gratis. Otodidak dapat membantumu belajar hard skill dengan biaya yang lebih murah.

Kesimpulan

Di era digital yang kompetitif ini, hard skill wajib dimiliki oleh mahasiswa untuk bisa bersaing dengan yang lain. Kemampuan teknis yang dapat dipelajari dan dikuasai ini sangat dicari oleh banyak perusahaan dan organisasi. Dengan menguasai hard skill yang mumpuni, mahasiswa akan lebih siap untuk menghadapi berbagai tantangan baik itu kampus maupun di dunia kerja nantinya.

Terdapat 10 hard skill wajib yang perlu dikuasai oleh mahasiswa di era digital, yaitu: Bahasa Asing, Kebiasaan Menulis yang Terstruktur, Pemahaman Microsoft Office, Dasar Desain Grafis, Analisis Data, Presentasi yang Baik, Manajemen Aset, Kemampuan Menggunakan Komputer, Menyetir Kendaraan, dan Journaling Kegiatan.

Untuk meningkatkan hard skill, kamu dapat mengikuti sertifikasi, mengikuti kursus dan bootcamp online, atau belajar secara otodidak. Selain itu, penting untuk menetapkan tujuan yang jelas, membuat rencana belajar, menggunakan berbagai media belajar, berlatih secara konsisten, mencari mentor, dan tidak mudah menyerah. Dengan tekad dan dedikasi, kamu dapat mengasah hard skill-mu dan menjadi talenta emas yang siap bersaing di era digital.

Ingatlah, “Never stop learning!”. Semakin banyak kamu belajar, semakin banyak peluang yang bisa kamu raih. Manfaatkan teknologi, bergabunglah dengan komunitas, dan berkontribusilah untuk membantu orang lain.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu akan dapat meningkatkan hard skill-mu dengan lebih mudah dan efektif. Selamat belajar!

Salah satu cara untuk meningkatkan hard skill adalah dengan mengikuti organisasi. Jika kamu ingin mengulik lebih dalam informasi terkait organisasi, kamu bisa membacanya di artikel kategori organisasi mahasiswa berikut, ya.

Baca juga: