Mading Kreatif Mahasiswa: Manfaat dan Tema yang Menarik

Mading Kreatif Mahasiswa

Pernahkah kamu mendengar istilah mading sebelumnya? Biasanya, mading banyak dipajang di sekolah maupun kampus. Bagi kamu yang kreatif, pasti senang sekali menjadi anggota mading. Sebab, ada banyak hal-hal yang bisa kamu eksplorasi ketika membuatnya. Kamu akan tahu banyak hal saat melakukan riset.

Lalu, seperti apa sih mading itu, manfaat, tema-tema menarik, dan contoh yang bisa kamu jadikan inspirasi? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Apa itu mading kreatif mahasiswa?

Mading merupakan wadah atau media penyaluran minat dan bakat. Mading biasanya dipajang di dinding atau tempat lain yang terlihat. Mading berfungsi sebagai platform untuk menampilkan berbagai konten berisi materi pendidikan, karya seni, artikel, pengumuman, detail acara, kutipan inspiratif, dan lain sebagainya. 

Selain itu, mading juga sering dijadikan ajang perlombaan antarkelas untuk menilai kreativitas mahasiswa. Mahasiswa akan diberikan tema tertentu, kemudian mereka dibebaskan untuk mengisi informasi serta menghias mading tersebut.

Manfaat membuat mading bagi mahasiswa

Berikut adalah beberapa manfaat membuat mading bagi mahasiswa:

1. Mengasah Kreativitas

Dalam pembuatan konten mading, mahasiswa dituntut untuk mengeluarkan seluruh kemampuannya. Baik dalam pembuatan tema, apa saja yang ditampilkan, bagaimana cara penyampaiannya, bagaimana desain layout, dan lain sebagainya. Dengan adanya tuntutan tersebut, secara otomatis akan mengasah kreativitas mahasiswa.

Sebagai contoh, mahasiswa akan menyajikan informasi sekreatif mungkin, baik dengan bermain warna, bentuk, maupun kalimat yang unik agar informasi yang diberikan bisa dilihat banyak orang.

2. Melatih Teamwork

Dalam membuat konten mading, sangat tidak cukup apabila dikerjakan oleh satu orang saja. Maka mahasiswa dituntut mampu bekerja bersama. Mading membantu mahasiswa untuk mengasah dan mengembangkan life skill dalam bekerja sama.

3. Melatih Kedisiplinan

Biasanya, mading memiliki jadwal tayang misalnya setiap minggu kedua setiap bulan. Dengan adanya jadwal tersebut, mahasiswa akan berusaha untuk mengejar deadline. Mereka diharapkan mampu menyelesaikan tugas membuat konten mading sesuai jadwal yang tentunya membutuhkan kedisiplinan mahasiswa.

4. Melatih Bersosialisasi

Membuat mading tidak dilakukan sendirian minimal bersama teman sebangku. Mahasiswa juga bisa membuatnya secara berkelompok. Jika ada mahasiswa yang belum mengenal satu sama lain, maka akan melatih kemampuannya dalam bersosialisasi.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ketika karyamu sudah terpajang di mading dan dibaca oleh puluhan bahkan ratusan mahasiswa, pastinya akan muncul rasa percaya diri pada mahasiswa. Hal ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuannya. Rasa percaya diri ini akan memacu semangat mahasiswa untuk terus berkarya agar karyanya bisa dinikmati banyak orang.

Bacaan terkait: 10+ Motto Hidup Lucu Mahasiswa

Tema mading yang menarik di kalangan mahasiswa

Berikut adalah beberapa tema mading yang menarik di kalangan mahasiswa:

1. Tokoh Inspiratif

Adakah tokoh inspiratif yang biasa kamu jadikan panutan? Kamu bisa membuat tokoh tersebut menjadi tema kamu. Tidak harus melakukan wawancara, kamu bisa memuat informasi dengan menuliskan sejarah perjalanan tokoh tersebut.

Kemudian kamu bisa menggunakan hiasan yang berkaitan dengan tokoh tersebut. Misalkan, tokoh Mark Zuckerberg sebagai penemu facebook. Kamu bisa menggunakan logo facebook atau ikon likes sebagai hiasan.

2. Lingkungan

Kamu bisa membagikan informasi tips dan trik menjaga lingkungan, seperti mengurangi plastik, beralih ke bahan ramah lingkungan, dan daur ulang barang.

Hiasan yang bisa kamu gunakan adalah pernak-pernik dari lingkungan sekitar seperti daun, ranting, dan bunga yang jatuh dari pohon.

Mading ini merupakan salah satu media untuk menyalurkan informasi mengenai kegiatan BEM FEB maupun FEB itu sendiri. Tidak hanya itu, mading juga untuk menyalurkan kreativitas mahasiswa. Tujuan mading ini ialah memberikan Informasi terkait kegiatan, berita, dan isu-isu kepada civitas akademika FEB Unair tentang BEM FEB Unair.

Demikian informasi mengenai mading kreatif mahasiswa. Mading tidak hanya sebagai sarana informasi tapi juga mengasah kreativitas, sarana belajar atau menambah wawasan bagi mahasiswa itu sendiri. Buatlah mading sekreatif mungkin dan jangan lupa tambahkan informasi unik lainnya ya agar mading yang kamu buat semakin menarik.

Baca juga: Contoh Daily Activity Mahasiswa

Baca juga: