Apa itu Mahasiswa PMM? Berikut Syarat, Durasi dan Benefit

Apa itu Mahasiswa PMM

Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) resmi meluncurkan program pertukaran mahasiswa merdeka sebagai implementasi kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Pada program ini terjadi pertukaran mahasiswa antarpulau baik PTN ke PTS maupun sebaliknya. Selain memberikan kesempatan belajar di kampus lain, mahasiswa juga mendapatkan bantuan biaya kegiatan PMM. Lantas, bagaimana sih cara menjadi mahasiswa PMM itu? Yuk simak informasi berikut!

Apa itu pertukaran mahasiswa merdeka (PMM)?

Pertukaran mahasiswa merdeka adalah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Apa saja syarat pertukaran mahasiswa merdeka (PMM)?

Mahasiswa yang ingin mendaftar dalam program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) harus memenuhi persyaratan berikut ini:

  1. Mahasiswa aktif jenjang vokasi (D3, D4), atau akademik (S1) yang terdaftar di pangkalan data pendidikan tinggi (PDDIKTI)
  2. Minimal semester 3 (tiga) saat pendaftaran berlangsung
  3. PT pengirim mahasiswa di bawah koordinasi Kemendikbudristek
  4. IPK minimal 2.8 dari skala 4 saat periode pendaftaran PMM. Mahasiswa bisa melampirkan transkrip akademik semester akhir saat pendaftaran
  5. Warga negara Indonesia (WNI) dan mempunyai nomor induk kependudukan (NIK). Mahasiswa melampirkan scan dokumen kependudukan seperti kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu keluarga (KK)
  6. Membaca, memahami, dan menyetujui klausul surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) saat pengisian data pendaftaran PMM
  7. Sehat fisik dibuktikan melalui surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan yang berwenang
  8. Mempunyai rekening aktif mandiri. Khusus mahasiswa yang berasal dari provinsi Aceh bisa menggunakan bank BSI. Cantumkan scan buku tabungan/screenshoot aplikasi perbankan yang menbuktikan nama terang pemilik dan nomor rekening
  9. Diutamakan mempunyai asuransi BPJS kesehatan atau asuransi kesehatan lain yang menjamin rawat inap dan rawat jalan mahasiswa

Berapa lama pertukaran mahasiswa merdeka (PMM)?

Program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) ini dilaksanakan selama semester.

Apa saja benefit/keuntungan pertukaran mahasiswa merdeka (PMM)?

Berikut beberapa benefit/keuntungan diperoleh mahasiswa dan perguruan tinggi yang berpartisipasi pada program PMM:

1. Bagi mahasiswa

Mahasiswa yang mengikuti pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) akan memperoleh keuntungan berikut:

  1. Pengalaman baru tentang nilai kebinekaan meliputi keberagaman suku, agama, kepercayaan, kebudayaan, dan bahasa.
  2. Menjalin pertemanan lintas budaya, dan adat istiadat.
  3. Mengembangkan kemampuan dalam hal kepemimpinan, kepercayaan diri, dan kepekaan sosial.
  4. Beresempatan mengambil mata kuliah di luar prodi.
  5. Memperoleh nilai hasil pengakuan kredit mata kuliah dari PT pengirim kurang lebih 20 sks.
  6. Mendapatkan e-sertifikat nasional dari Dirjen Diktiristek, Kemendikbudristek
  7. Mendapatkan bantuan biaya kegiatan modul nusantara selama 1 semester berupa sumbangan pembinaan pendidikan (SPP).

2. Bagi perguruan tinggi

Selain mahasiswa, perguruan tinggi juga memperoleh keuntungan dari program PMM, yaitu:

  1. Mendukung  perguruan tinggi (PT) untuk mencapai indikator kinerja umum (IKU).
  2. Perluasan dan penguatan hubungan kerja sama Tri Dharma.
  3. Pengembangan tata kelola program, khususnya pertukaran mahasiswa.
  4. Dosen yang terlibat dalam program ini meliputi dosen mata kuliah dan dosen pembimbing modul nusantara, berkesempatan untuk mendiseminaikan keilmuannya di tingkat nasional.
  5. Dosen modul nusantara mendapatkan insentif pelaksanaan modul nusantara dan e-sertifikat atas keikutsertaan dalam PMM dari Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI.
  6. PT penerima mendapatkan bantuan biaya berupa tuition fee/SPP (sumbangan pembinaan pendidikan) program PMM mencakup biaya pengelolaan PMM, biaya implementasi modul nusantara, biaya penunjang PT, dan honorarium tim pengelola PT penerima.
  7. Dosen pembimbing modul nusantara dan tim pengelola PT penerima seperti koordinator PT penerima, pengelola keuangan, serta liaison officer (LO) akan mendapatkan insentif bulanan maksimal selama empat bulan jika laporan bulanan dikumpulkan tepat waktu.

Bagaimana cara membuat akun mahasiswa di platform PMM?

Agar bisa mendaftar pada pertukaran mahasiswa merdeka, mahasiswa harus mempunyai akun di platform PMM. Berikut langkah-langkah pembuatan akun mahasiswa di platform PMM:

  1. Kunjungi laman PMM di https://pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id
  2. Klik tombol ‘buat akun’.
  3. Kamu harus mempunyai akun telegram aktif untuk melanjutkan proses pembuatan akun.
  4. Jika sudah mempunyai telegram, klik tautan di kolom pencarian dengan link di bawah ini: https://t.me/PMM_MBKM_bot atau PMM_MBKM_BOT.
  5. Klik ‘Start Bot’ agar otomatis mengirim pesan /start untuk memulai percakapan atau kirim pesan/start secara manual.
  6. Kamu akan mendapatkan respon otomatis dalam 1×24 jam berisi tautan pendaftaran. Kemudian, klik tautan tersebut.
  7. Isi kolom ‘Username’ dan ‘PIN’ sesuai keinginan. Isi kode captcha dengan benar kemudian klik tombol ‘Save’.
  8. Jika username dan PIN berhasil didaftarkan, kamu harus login kembali menggunakan username dan PIN tersebut. 1 ID Telegram hanya bisa digunakan untuk satu kali pendaftaran.
  9. Untuk login, klik tautan ‘login’ pada layar atau klik tombol ‘login’ pada laman utama platform PMM.
  10. Masukkan username & PIN yang terdaftar, isi kode captcha dengan benar, kemudian klik tombol ‘Log In’.

Bagaimana alur pendaftaran mahasiswa ke program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM)?

Pada bagian ‘Pendaftaran Ditawarkan’, klik tombol ‘daftar’. Kamu bisa merevisi data dengan klik tombol ‘Aksi’. Berikut alur pendaftaran PMM yang harus kamu lalui:

1. Tahapan pengisian data

Setelah klik tombol ‘Daftar’ kamu akan mendapatkan nomor pendaftaran/peserta. Kemudian, lengkapi data berikut:

  • Data akademik berupa ID mahasiswa, kode PT, nama PT, program studi, jenjang, NIM, Nama, sks, nilai IPK, dan pengunggahan transkrip nilai.
  • Data kesehatan berupa surat keterangan sehat, sertifikat vaksin covid-19, status kepemilikan asuransi kesehatan (mencakup jenis, nama, jenis pembayaran, nomor, foto/scan kartu asuransi).
  • Data keuangan berupa nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening, foto/scan buku tabungan, status penerima beasiswa (mencakup besar bantuan bulanan yang diterima). Rekening mahasiswa yang digunakan adalah bank rakyat Indonesia dan bank syariah Indonesia.
  • Data orang tua berupa nama, alamat, dan nomor HP orang tua/wali
  • Data legal berupa surat pernyataan tanggung jawab mutlak (sptjm) mahasiswa. Gunakan template surat yang telah disediakan.

2. Tahap pemilihan perguruan tinggi penerima

Setelah itu, kamu bisa mengisi data pemilihan perguruan tinggi (PT) penerima. Ketentuan pengisiannya sebagai berikut:

  • Pemilihan PT penerima di luar kluster pulau domisili sesuai KTP dan domisili PT pengirim.
  • Ada 3 PT penerima yang harus kamu pilih. Prioritasnya mulai dari pilihan pertama, kedua, dan ketiga.
  • Pemilihan PT penerima untuk pilihan 1, 2, dan 3 harus berbeda kluster pulau.
  • Pemilihan PT penerima untuk pilihan 4 sampai 7 bersifat opsional.
  • Jika ingin mengubah pilihan atau urutan pilihan, kamu bisa hapus pilihan PT penerima, kemudian pilih sesuai keinginan.

3. Tahap penguncian data

Setelah mengisi data pendaftaran dan pemilihan PT penerima, kamu harus mengunci data agar bisa melanjutkan tahap seleksi mahasiswa. Jika data sudah terkunci, maka kamu tidak dapat mengubahnya lagi.

Bagaimana skema pelaksanaan PMM?

Berikut serangkaian kegiatan dilakukan oleh mahasiswa ketika mengikuti pertukaran mahasiswa merdeka:

  • Mengenal PT penerima di laman PMM dan konsultasi bersama PT pengirim sesuai program studi (prodi) mahasiswa
  • Mempersiapkan syarat dokumen pendaftaran
  • Mengisi dan melengkapi syarat pendaftaran di laman PMM dan mengikuti survei kebhinekaan awal
  • Memantau proses seleksi dan mengkonfirmasi keikutsertaan setelah diterima sebagai peserta PMM
  • Persiapan administrasi mahasiswa sesuai SK penetapan yang berlaku
  • Mengikuti pembekalan dan pre-departure mahasiswa PMM
  • Berangkat menuju PT penerima dan menerima bantuan biaya hidup
  • Melaksanakan PMM dengan mengikuti perkuliahan reguler dan kegiatan modul nusantara di PT penerima
  • Tertib administrasi dengan menyusun laporan bulanan dan mengisi survei midpoint (tengah)
  • Setelah PMM berakhir, mahasiswa pulang ke domisili masing-masing
  • Mahasiswa menyusun laporan akhir, survei endpoint (akhir) PMM, dan survei kebinekaan akhir
  • Mahasiswa mendapatkan e-sertifikat PMM dan pengakuan sks di PT pengirim

Itulah informasi mengenai mahasiswa PMM. Jika kamu ingin mendaftar dalam program PMM, penuhi segala persyaratan dan ikuti semua tahapannya dari awal sampai akhir ya. Semoga berhasil.

Baca juga: