Malam Keakraban Mahasiswa: Tujuan, Manfaat dan Contoh Kegiatan

Malam Keakraban Mahasiswa

Sebagai mahasiswa baru, kamu pasti akan dihadapi dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah malam keakraban mahasiswa. Bagi kamu yang baru memasuki dunia perkuliahan, istilah ini mungkin masih terdengar asing. Malam keakraban atau makrab, merupakan sebuah kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru di berbagai universitas.

Penasaran apa itu malam keakraban serta apa tujuan, manfaat, dan contoh kegiatannya? Yuk, simak pembahasannya dalam artikel ini! 

Apa itu Malam Keakraban?

Malam keakraban (makrab) adalah sebuah kegiatan yang dirancang untuk memperkenalkan mahasiswa baru kepada lingkungan kampus dan mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa. Mulai dari mahasiswa baru hingga senior. Biasanya, Makrab diadakan di luar kampus selama beberapa hari, dikemas dengan berbagai kegiatan seru dan edukatif.

Makrab umumnya digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) pada awal masa perkuliahan. Nantinya, mahasiswa baru akan diajak oleh seniornya untuk mengikuti makrab.

Tujuan Malam Keakraban (Makrab)

Di balik keseruannya, makrab sebenarnya memiliki beberapa tujuan utama, di antaranya:

1. Mempererat tali persaudaraan

Tujuan utama makrab yang pertama adalah sebagai wadah bagi kamu untuk mengenal lebih dekat teman-teman seangkatanmu. Melalui berbagai aktivitas dan interaksi, kamu akan membangun rasa keakraban dan kekeluargaan yang penting dalam menjalani perkuliahan bersama.

2. Membangun kerja sama tim

Makrab sering kali diisi dengan berbagai permainan seru dan kegiatan kelompok yang menuntut kerja sama dan komunikasi. Hal ini bertujuan untuk melatih kemampuanmu dalam bekerja sama dengan orang lain, sebuah skill penting yang akan kamu temukan dalam berbagai proyek dan tugas perkuliahan nantinya.

3. Menumbuhkan rasa cinta almamater

Makrab juga menjadi momen untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap almamatermu. Biasanya, panitia makrab akan memberikan informasi mengenai sejarah, budaya, dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh universitasmu.

4. Mengembangkan kepemimpinan

Kegiatan makrab umumnya melibatkan mahasiswa senior sebagai pemimpin dan fasilitator. Dari mereka, kamu dapat belajar tentang kepemimpinan, bagaimana mengelola tim, dan menyelesaikan masalah.

Manfaat Malam Keakraban (Makrab)

Dengan mengikuti makrab, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat, seperti:

1. Memperluas jaringan pertemanan

Manfaat makrab yang pertama adalah dapat membuka peluang untuk menjalin pertemanan baru dengan teman seangkatanmu. Pada malam keakraban, kamu akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan minat, yang dapat memperkaya pengalamanmu selama perkuliahan.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Selain itu, manfaat makrab yaitu memberikan kesempatan untuk kamu tampil di depan orang lain dan mencoba berbagai hal baru. Hal ini dapat membantumu meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuanmu dalam berkomunikasi.

3. Meningkatkan kemampuan adaptasi

Selanjutnya, makrab juga dapat membantumu beradaptasi dengan lingkungan baru dan budaya kampus. Kamu akan belajar bagaimana bergaul dengan orang lain, mengikuti aturan, dan menyelesaikan tanggung jawab bersama.

4. Mendapatkan pengalaman baru

Tak hanya itu, kegiatan makrab menawarkan berbagai kegiatan yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya. Pengalaman ini dapat membantumu keluar dari zona nyaman dan belajar hal-hal baru.

Contoh Kegiatan dalam Malam Keakraban Mahasiswa

Kegiatan makrab biasanya diisi dengan berbagai kegiatan yang asik dan edukatif. Lantas, apa saja contoh kegiatan makrab? Berikut adalah beberapa contoh kegiatan yang sering diadakan dalam makrab:

  • Ice breaking: Ice breaking adalah kegiatan yang dirancang untuk membantu mahasiswa baru saling mengenal satu sama lain dan membangun rasa nyaman.
  • Games: Games yang diadakan dalam Makrab biasanya seru dan menyenangkan, seperti outbound, treasure hunt, dan lain sebagainya.
  • Sharing session: Sharing session adalah sesi di mana mahasiswa dapat berbagi cerita dan pengalaman mereka dengan satu sama lain.
  • Pentas seni: Pentas seni adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk menunjukkan bakat mereka dalam bidang seni dan budaya.
  • Api unggun: Api unggun adalah momen yang tepat bagi mahasiswa untuk menjalin kedekatan dan refleksi diri.

Kesimpulan 

Nah, itulah beberapa contoh kegiatan dalam makrab yang dapat membantu kamu mahasiswa baru untuk saling mengenal, membangun rasa keakraban, dan mendapatkan pengalaman yang berkesan.

Makrab merupakan momen penting bagi mahasiswa baru untuk memulai perjalanan di dunia perkuliahan. Melalui makrab, kamu dapat menjalin pertemanan baru, mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru, dan mempersiapkan diri untuk menjadi mahasiswa yang sukses.

Bagi kamu yang akan mengikuti makrab, persiapkan diri kamu dengan baik dan nikmati setiap momennya, ya. Selain malam keakraban, ada juga yang disebut dengan malam inagurasi lho. Apa sih itu? Coba deh baca penjelasan ini apa itu Malam Inagurasi Mahasiswa?

Baca juga: