Sumpah Mahasiswa: Sejarah, Isi, dan Maknanya

Sumpah Mahasiswa

Sumpah Mahasiswa adalah sebuah ikrar yang sering diucapkan oleh mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sumpah ini menjadi simbol komitmen mahasiswa terhadap nilai-nilai dan tujuan dari perguruan tinggi. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas sejarah Sumpah Mahasiswa, isinya, serta maknanya yang mendalam. Yuk, kita simak lebih lanjut.

Sejarah Sumpah Mahasiswa

Sumpah Mahasiswa Indonesia berasal dari sejarah pergerakan mahasiswa yang aktif memperjuangkan kemerdekaan dan demokrasi sejak masa penjajahan. Salah satu tonggak penting adalah Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, yang menegaskan persatuan dengan satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia.

Pasca kemerdekaan, mahasiswa terus bergerak dengan berbagai tuntutan. Pada tahun 1966, mereka menggelar aksi besar-besaran menuntut Presiden Soekarno mundur karena dianggap gagal memimpin.

Aksi ini, dikenal sebagai Trisakti, menuntut pembubaran Partai Komunis Indonesia, pengembalian mandat presiden kepada MPR, dan pembentukan kabinet presidium.

Pada tahun 1978, mahasiswa kembali memprotes pemerintahan Orde Baru di bawah Presiden Soeharto, dipicu oleh kenaikan harga BBM, penangkapan aktivis, dan rencana pencalonan kembali Soeharto. Aksi ini, dikenal sebagai Malari (Malapetaka Lima Belas Januari), berujung pada bentrokan dengan aparat yang menewaskan beberapa orang.

Puncak pergerakan mahasiswa terjadi pada tahun 1998, dengan aksi reformasi yang menuntut pengunduran diri Soeharto dan perubahan sistem politik menuju demokrasi. Krisis ekonomi, korupsi, nepotisme, dan pelanggaran HAM mendorong aksi ini, yang berakhir dengan mundurnya Soeharto pada 21 Mei 1998 dan dimulainya era reformasi.

Dalam aksi reformasi tersebut, mahasiswa mengucapkan Sumpah Mahasiswa Indonesia yang berbunyi:

Isi Sumpah Mahasiswa

Berikut ini adalah bunyi dari Sumpah Mahasiswa:

“Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah 

Bertanah air satu 

Tanah air tanpa penindasan 

Kami Mahasiswa Indonesia 

Bersumpah Berbangsa satu 

Bangsa yang gandrung akan keadilan 

Kami Mahasiswa Indonesia 

Bersumpah Berbahasa satu 

Bahasa tanpa kebohongan”

Baca juga: Contoh Daily Activity Mahasiswa

Makna Sumpah Mahasiswa

Sumpah Mahasiswa tersebut memiliki makna yang mendalam, menggambarkan semangat juang, tanggung jawab, serta komitmen mahasiswa terhadap pendidikan dan pembangunan bangsa. Berikut adalah makna dari sumpah mahasiswa:

1. Bertanah air satu, tanah air tanpa penindasan

Pada masa itu, Indonesia menghadapi banyak penindasan yang dialami oleh rakyat kecil. Bentuk-bentuk penindasan tersebut meliputi korupsi, kekerasan, dan berbagai tindakan ketidakadilan lainnya.

Para mahasiswa, menyadari situasi ini, menyuarakan aspirasi mereka melalui sumpah ini dengan harapan negara menjadi lebih sadar dan bergerak menuju perubahan yang lebih baik, di mana tidak ada lagi penindasan terhadap rakyatnya.

2. Berbangsa yang satu, bangsa yang gandrung dengan keadilan

Dahulu, bangsa Indonesia sangat kurang merasakan keadilan. Pemerintah menguasai semua harta dan jabatan, seringkali tanpa memperhatikan kesejahteraan rakyat.

Ketidakadilan ini menjadi pemicu demonstrasi yang sering kali berujung pada kekerasan atau bentrokan. Melalui sumpah ini, mahasiswa bertekad mendorong terciptanya sebuah negara yang adil, di mana hak-hak setiap individu dihormati dan dilindungi.

3. Berbahasa yang satu, bahasa tanpa kebohongan

Pada masa lalu, banyak pejabat pemerintah yang kerap berbohong dalam pernyataan dan janji-janji mereka. Tindakan mereka sering tidak sesuai dengan apa yang diucapkan, menyebabkan ketidakpercayaan di kalangan masyarakat.

Oleh karena itu, mahasiswa menekankan pentingnya kejujuran melalui sumpah mereka, menginginkan agar para pemimpin berkata jujur dan bertindak sesuai dengan kata-kata mereka, demi membangun kepercayaan dan integritas di antara masyarakat Indonesia.

Nah, itulah makna yang terkandung dalam Sumpah Mahasiswa Indonesia. Melalui perjalanan panjang pergerakan mahasiswa dari masa penjajahan hingga era reformasi, sumpah ini menjadi simbol semangat juang, tanggung jawab, dan komitmen mahasiswa terhadap pembangunan nasional dan keadilan sosial.

Marilah kita jadikan Sumpah Mahasiswa sebagai pedoman dalam masa perkuliahan kita, dan teruslah berkontribusi secara positif bagi bangsa dan negara. Semangat, Mahasiswa Indonesia.

Baca juga: