Surat Lamaran Magang: Pengertian, Struktur, dan Contoh

Surat Lamaran Magang

Sebagai mahasiswa, kamu pasti ingin mencicipi dunia kerja dan mengasah kemampuan di bidang yang kamu minati. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan mengikuti magang. Namun, untuk bisa magang, ada satu dokumen penting yang perlu kamu persiapkan, yaitu surat lamaran magang.

Surat lamaran magang bukan hanya dokumen biasa, melainkan juga representasi dirimu di hadapan perusahaan. Di surat inilah kamu bisa menunjukkan antusiasme, passion, dan potensimu untuk berkontribusi di perusahaan yang kamu lamar.

Lantas, bagaimana cara menulis surat lamaran magang yang menarik dan berkesan? Dalam artikel ini, aku akan kasih tahu kamu cara membuat surat lamaran magang beserta tips dan contohnya. 

Tapi sebelum itu, yuk simak terlebih dahulu pengertian surat lamaran magang berikut!

Apa itu Surat Lamaran Magang?

Surat lamaran magang adalah sebuah dokumen penting yang kamu kirim ke perusahaan untuk menunjukkan minat mengikuti program magang di sana. Surat ini berisi perkenalan diri, alasan tertarik magang di perusahaan tersebut, dan apa yang bisa kamu tawarkan untuk perusahaan.

Surat lamaran magang penting karena menunjukkan keseriusanmu dalam melamar program magang dan kesempatanmu untuk “mempresentasikan” diri di hadapan perusahaan. Di sini kamu bisa menunjukkan kelebihan dan potensimu, sehingga kamu lebih menonjol dibandingkan pelamar lainnya

Surat lamaran magang ini berbeda dengan surat lamaran kerja pada umumnya. Pada surat lamaran magang, kamu tidak perlu mencantumkan pengalaman kerja profesional. Yang terpenting adalah menunjukkan antusiasme, minat, dan potensi diri kamu di bidang yang kamu lamar.

Melalui surat lamaran magang, kamu juga bisa menunjukkan kemampuan risetmu. Cari tahu tentang perusahaan dan bidang yang kamu lamar, dan tunjukkan bahwa kamu benar-benar tertarik untuk belajar dan berkontribusi di sana.

Manfaat Membuat Surat Lamaran Magang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, surat lamaran magang merupakan dokumen penting untuk kamu melamar magang di sebuah perusahaan. Dengan membuat surat lamaran magang, kamu akan mendapatkan banyak manfaat, seperti:

1. Membuka kesempatan untuk “menjual” diri

Manfaat membuat surat lamaran magang yang pertama adalah membuka kesempatan untuk menunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk program magang mereka. Di sini kamu bisa “menjual” diri dengan menonjolkan kelebihan, keahlian, dan potensi diri kamu.

2. Meningkatkan kesempatan diterima magang

Perusahaan menerima banyak lamaran magang setiap harinya. Dengan surat lamaran yang menarik dan informatif, kamu bisa meningkatkan peluangmu untuk dilirik dan diterima magang di perusahaan impian.

3. Melatih kemampuan menulis

Selain itu, menulis surat lamaran magang yang baik akan melatih kemampuanmu dalam menulis secara profesional dan terstruktur. Kemampuan ini akan sangat bermanfaat untuk kamu di masa depan, baik dalam dunia kerja maupun akademis.

4. Meningkatkan kedisiplinan dan ketelitian

Proses pembuatan surat lamaran magang, mulai dari mencari informasi, menyusun kalimat, hingga proofreading, akan melatih kedisiplinan dan ketelitianmu. Hal ini sangat penting untuk kamu agar terbiasa bekerja dengan baik dan teliti.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Ketika kamu berhasil membuat surat lamaran magang yang baik, kamu akan merasa lebih percaya diri dalam melamar program magang dan menunjukkan kemampuanmu kepada perusahaan.

Format atau Struktur Surat Lamaran Magang

Setelah mengetahui manfaatnya, yuk kita bahas format atau struktur surat lamaran magang yang baik dan benar. Berikut adalah strukturnya:

1. Kop Surat

Cantumkan nama, alamat, nomor telepon, dan email kamu di bagian kop surat.

2. Tanggal dan Tempat

Tuliskan tanggal dan tempat surat lamaran dibuat.

3. Kepada Yth.

Tuliskan nama dan jabatan orang yang dituju di bagian ini. Jika kamu tidak mengetahui nama orang yang dituju, kamu bisa menuliskan “Kepada Yth. HRD”.

4. Salam Pembuka

Gunakan salam pembuka yang sopan, seperti “Selamat pagi” atau “Selamat siang”.

5. Paragraf Pembuka

Perkenalkan diri kamu secara singkat dan sebutkan posisi magang yang kamu lamar. Jelaskan secara singkat mengapa kamu tertarik magang di perusahaan tersebut.

6. Paragraf Isi

Di bagian ini, jelaskan secara detail tentang:

  • Alasan kamu tertarik magang di bidang tersebut
  • Keahlian dan pengalaman yang relevan dengan posisi magang
  • Kontribusi yang bisa kamu berikan kepada perusahaan
  • Harapan kamu dari program magang

Insight tentang magang yang perlu banget kamu baca nih, baca ya : 10 Alasan Mengikuti Magang (Bisa untuk Menjawab Wawancara)

7. Paragraf Penutup

Ucapkan terima kasih atas kesempatan magang dan sampaikan kesediaan kamu untuk diwawancarai.

8. Salam Penutup

Gunakan salam penutup yang sopan, seperti “Salam hormat” atau “Terima kasih”.

9. Tanda Tangan dan Nama Lengkap

Tandatangani surat lamaran dan tuliskan nama lengkap kamu di bawahnya.

10. Lampiran

Lampirkan CV (Curriculum Vitae) dan dokumen lainnya yang diperlukan, seperti transkrip nilai atau sertifikat.

Cara Membuat Surat Lamaran Magang & Tips

Setelah memahami format dan struktur surat lamaran magang, sekarang saatnya kamu belajar bagaimana cara membuatnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cari Informasi tentang perusahaan dan posisi magang

Sebelum kamu mulai menulis surat lamaran, penting untuk mencari informasi tentang perusahaan dan posisi magang yang kamu lamar. Cari tahu tentang visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan, serta deskripsi pekerjaan untuk posisi magang yang kamu minati.

2. Buat kerangka surat lamaran

Setelah kamu mendapatkan informasi yang cukup, buatlah kerangka surat lamaran agar strukturnya jelas dan terarah. Kerangka ini akan membantumu untuk menulis surat lamaran dengan lebih mudah dan sistematis.

3. Tulis surat lamaran dengan bahasa yang menarik

Gunakan bahasa yang sopan, formal, dan mudah dipahami. Hindari bahasa yang terlalu informal atau slang. Gunakan kalimat yang aktif dan positif untuk menunjukkan antusiasme dan minatmu terhadap program magang.

4. Perhatikan ejaan dan tata bahasa

Pastikan surat lamaranmu bebas dari typo dan kesalahan tata bahasa. Proofread surat lamaranmu dengan teliti sebelum di kirim.

5. Lampirkan CV dan dokumen lainnya

Lampirkan CV (Curriculum Vitae) dan dokumen lainnya yang diperlukan, seperti transkrip nilai atau sertifikat. Pastikan semua dokumen yang kamu lampirkan relevan dengan posisi magang yang kamu lamar.

Tips:

  • Gunakan kata kunci yang relevan dengan posisi magang yang kamu lamar.
  • Tunjukkan antusiasme dan minatmu terhadap program magang.
  • Ceritakan pengalamanmu yang relevan dengan posisi magang.
  • Jelaskan kontribusi yang bisa kamu berikan kepada perusahaan.
  • Sesuaikan surat lamaranmu dengan setiap perusahaan yang kamu lamar.
  • Kirim surat lamaranmu jauh-jauh hari sebelum deadline

Contoh Surat Lamaran Magang

Berikut adalah contoh surat lamaran magang yang bisa kamu jadikan referensi:

Jakarta, 16 Maret 2024

Kepada Yth.

HRD Manager

PT. XYZ

Jl. Merdeka No. 12

Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan magang yang saya dapatkan di website resmi PT. XYZ pada tanggal 15 Maret 2024, dengan ini saya ingin mengajukan diri untuk mengikuti program magang di bidang Marketing.

Nama saya Adinda Putri, mahasiswi semester 7 di Universitas Indonesia dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Saya memiliki IPK 3.80 dan memiliki pengalaman magang di bidang marketing selama 3 bulan di PT. ABC.

Saya memiliki passion yang besar di bidang marketing dan selalu ingin belajar hal-hal baru. Saya yakin dengan mengikuti program magang di PT. XYZ, saya bisa mengembangkan kemampuan dan pengetahuan saya di bidang marketing dan berkontribusi secara maksimal untuk perusahaan.

Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kreatif, dan mampu bekerja secara tim. Saya juga memiliki pengalaman dalam membuat konten media sosial, copywriting, dan desain grafis.

Saya sangat antusias untuk belajar dan berkontribusi di PT. XYZ. Saya yakin dengan kerja keras dan dedikasi saya, saya bisa menjadi aset yang berharga bagi perusahaan.

Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih atas perhatiannya dan saya harap bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program magang di PT. XYZ.

Hormat saya,

Adinda Putri

Lampiran:

  • CV
  • Transkrip Nilai
  • Sertifikat Magang (kalau ada)

Nah, itulah salah satu contoh surat lamaran magang. Contoh surat lamaran di atas hanya sebagai referensi. Kamu bisa menyesuaikannya dengan data diri, pengalaman, dan posisi magang yang kamu lamar, ya. Pastikan surat lamaranmu ditulis dengan rapi dan profesional, serta bebas dari typo dan kesalahan tata bahasa.

Setekah membuat surat lamaran magang, langkah penting selanjutnya adalah mengirim ke perusahaan permohonan magang. Jika kamu masih bingung caranya, aku saranin untuk membaca artikel Contoh Email Permohonan Magang Mahasiswa.

Kesimpulan

Surat lamaran magang adalah dokumen penting yang dapat membantu kamu mendapatkan kesempatan magang di perusahaan impianmu. Pastikan kamu membuat surat lamaran yang menarik dan informatif dengan mengikuti tips-tips di atas, ya. Good luck.

Kalau kamu pengen tahu informasi lain tentang serba serbi kegiatan wajib mahasiswa, kamu bisa membacanya di Duniakampus.id kategori kegiatan kampus.

Baca juga: