7 Tips Menjadi Mahasiswa Produktif Anti Rebahan

tips menjadi mahasiswa produktif

Menjadi mahasiswa produktif tentu menjadi keinginan setiap orang yang sedang menempuh jenjang pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Produktif merupakan perilaku yang bisa kamu terapkan terhadap kegiatan yang memberikan dampak positif bagi diri sendiri. 

Jika dilihat dari kacamata seorang mahasiswa, produktif bisa diartikan sebagai melakukan berbagai macam kegiatan yang bisa memberikan manfaat, seperti menambah ilmu pengetahuan, pengalaman, maupun keterampilan yang bisa menjadi bekal di masa yang akan datang.

Mau produktif atau tidak sebenarnya kembali kepada pilihan kamu masing-masing. Akan tetapi, kamu bisa saja melewatkan banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika memutuskan untuk tidak menjadi mahasiswa produktif di masa kuliah.

Kira-kira apa saja sih, manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi mahasiswa produktif?

Manfaat Menjadi Mahasiswa Produktif

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menjadi produktif di masa kuliah. Selain mendapatkan ilmu pengetahuan dari kelas di perkuliahan, kamu juga bisa mendapatkan hal-hal positif lainnya jika terus melakukan berbagai kegiatan produktif.

Dengan melakukan aktivitas yang produktif, kamu bisa terhindar dari rasa malas yang mungkin menghampiri di sela-sela kegiatan semasa perkuliahan. Apalagi bagi mahasiswa rantau, rasa malas akan membuat kamu merasakan banyak sekali waktu kosong.

Dampaknya kamu bisa saja menjadi mahasiswa ‘kupu-kupu’ atau ‘kuliah-pulang-kuliah-pulang’ setiap harinya. Padahal kamu bisa mendapatkan banyak manfaat lain, seperti menambah keterampilan lain maupun memperluas jaringan dengan orang lain, alih-alih memutuskan hanya rebahan di kamar saja.

Tips Menjadi Mahasiswa Produktif

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara-cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menjadi mahasiswa produktif, berikut 6 tips versi Duniakampus.id yang bisa diterapkan sehari-hari.

1. Punya Manajemen Waktu yang Baik

Hal pertama yang bisa kamu praktekkan agar bisa menjadi mahasiswa yang produktif adalah memiliki manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu merupakan kemmpuan yang memungkinkanmu untuk memilki jadwal kegiatan pribadi yang baik dan teratur.

Istilah’ waktu adalah uang’ bisa menjadi gambaran tentang pentingnya pengaturan waktu bagi seseorang. Jika tidak mampu mengatur waktu dengan baik, bisa jadi kamu akan kehilangan kesempatan yang mungkin saja akan didapatkan.

Mulailah mengatur manajemen waktu dengan membuat jadwal kegiatan harian yang ingin kamu lakukan per-harinya. Selain mempermudah mengatur jadwal, risiko untuk lupa akan semakin kecil juga jika kamu mampu mengatur waktumu dengan baik.

2. Disiplin dengan Jadwal yang Sudah Direncanakan

Setelah memiliki manajemen waktu dan kegiatan yang baik, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah disiplin dan patuh dengan jadwal yang sudah dibuat.

Disiplin dan konsisten untuk mengerjakan jadwal yang sudah dibuat memang menjadi hal yang mudah untuk diucapkan tapi berat ketika dipraktekkan. Kamu bisa memulai dengan menjalani rutinitas sesuai dengan jadwal sedikit demi sedikit.

Setelah melewati beberapa waktu, kamu akan lebih mudah untuk mengerjakan jadwal yang diatur karena sudah terbiasa. Jika sudah mampu untuk disiplin, jaga terus ritme tersebut agar manajemen waktumu semakin baik seterusnya.

3. Breakdown Setiap Aktivitas Harian

Melakukan breakdown terhadap aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari juga bisa membantumu untuk menjadi seorang mahasiswa yang produktif. Dengan melakukan breakdown terhadap aktivitas yang dilakukan, kamu bisa melakukan kegiatan tersebut dengan lebih maksimal, sehingga hasil yang didapatkan juga lebih baik juga.

Selain itu, aktivitas yang kamu lakukan juga bisa lebih efisien jika kamu bisa melakukan breakdown terlebih dahulu sebelum melakukan rutinitas tersebut.

4. Mengikuti Minimal Satu Organisasi Kampus

Rugi rasanya jika kamu menghabiskan kehidupan di kampus hanya untuk belajar di kelas saja. Banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan untuk mengasah kemampuan diri agar semakin berkembang. Salah satunya dengan mengikuti organisasi kampus.

Kamu bisa memilih organisasi kampus yang sesuai dengan minatmu. Pilihan organisasi juga beragam, ada yang di tingkat fakultas hingga universitas. Bidang yang bisa kamu pilih juga bermacam-macam, mulai dari politik, seni, hingga olahraga.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti organisasi kampus. Selain mengasah keterampilan yang dimiliki, kamu juga bisa menambah pengalaman bekerja sama dengan orang lain dengan tujuan yang positif tentunya.

Untuk menjadi mahasiswa produktif, cobalah mengikuti minimal satu organisasi kampus saja. Dengan demikian, kamu memiliki kegiatan positif lainnya selain belajar di kelas.

5. Minimal Ikut Satu Lomba atau Kompetisi Setiap Semester

Kamu juga bisa mencoba untuk mengikuti setidaknya satu lomba atau kompetisi setiap tahunnya. Mengikuti lomba akan mengasah kemampuan dan jiwa kompetitif untuk menciptakan karya yang lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya.

Banyak lomba dan kompetisi yang bisa kamu ikuti, seperti yang diadakan oleh himpunan mahasiswa, instansi, maupun yang berkaitan dengan event tertentu. Jika dirasa belum mampu untuk melakukan lomba secara individu, kamu juga bisa mendaftar secara berkelompok tergantung aturan yang ada di setiap kompetisinya.

Tidak menutup kemungkinan, peluang untuk menang akan lebih besar jika kamu semakin sering mengikuti lomba. Sudahlah mengasah skill dan kemampuan, kamu juga bisa membawa pulang hadiah. Sangat menarik bukan?

6. Ikut Magang Setelah Semester 5

Untuk kamu yang sudah berada di pertengahan masa perkuliahan, atau berada di semester lima, boleh mencoba untuk mengikuti magang atau intern yang dibuka oleh beberapa perusahaan.

Magang ini bisa menjadi bekal yang sangat berharga bagi kamu ketika lulus nantinya. Kamu bisa mengetahui gambaran tentang lingkungan kerja yang akan ditekuni sesuai dengan bidang yang dikuasai.

Kamu juga bisa mengasah kemampuan yang dibutuhkan untuk dunia kerja sejak awal. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tambahan pemasukan, sebab beberapa magang terkadang juga memberikan insentif bagi para pesertanya.

7. Mengatur Jadwal Istirahat yang Cukup

Meskipun menjadi mahasiswa yang produktif terkesan melakukan banyak hal setiap harinya, kamu juga harus memikirkan jadwal istirahat untuk mengembalikan tenaga yang terpakai di sepanjang hari. 

Kamu tentu tidak mau tiba-tiba sakit di tengah kepadatan aktivitas sehari-hari. Bukannya menjadi produktif, kamu justru harus meluangkan waktu untuk berobat dan istirahat agar tubuh kembali sehat.

Pastikan setidaknya kamu bisa beristirahat dan tidur selama enam hingga delapan jam setiap harinya. Dengan demikian, tubuhmu bisa beristirahat dan kembali prima untuk beraktivitas keesokan harinya.

Jadi…

Banyak hal yang bisa kamu lakukan agar terus produktif selama menjadi mahasiswa di perguruan tinggi. Melakukan tujuh tips di atas bisa membantumu untuk mewujudkan hal tersebut, sehingga kehidupan kampusmu semakin bermanfaat dan berdampak positif bagi masa depan.

Kamu juga bisa mengetahui tips-tips lainnya seputar dunia perkuliahan dengan membaca artikel lainnya yang ada di Duniakampus.id. Tetap semangat ya!

Baca juga: