Apakah Magang Termasuk Pengalaman Kerja?

Apakah Magang Termasuk Pengalaman Kerja

Apa kamu pernah bertanya-tanya apakah magang termasuk pengalaman kerja? Pertanyaan ini sering muncul di benak banyak orang, terutama para fresh graduate atau mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan. 

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita telaah terlebih dahulu apa sebenarnya definisi dari pengalaman kerja itu sendiri.

Pengalaman kerja adalah segala jenis pengalaman yang diperoleh seseorang selama bekerja di suatu perusahaan atau organisasi. Ini mencakup segala macam pekerjaan, baik itu dalam bentuk magang, pekerjaan paruh waktu, kontrak, atau pekerjaan penuh waktu. 

Jadi, dengan definisi ini, dapatkah kita mengatakan bahwa magang termasuk dalam kategori pengalaman kerja?

Apakah Magang Termasuk Pengalaman Kerja?

Singkatnya, ya, magang bisa dianggap sebagai pengalaman kerja. Meskipun magang biasanya bersifat sementara dan seringkali tidak dibayar, magang tetap memberikan pengalaman yang berharga bagi para pesertanya. 

Saat kamu magang di sebuah perusahaan, kamu akan terlibat dalam kegiatan sehari-hari yang mirip dengan pekerjaan yang sesungguhnya. Kamu akan belajar tentang budaya perusahaan, berinteraksi dengan rekan kerja, dan mungkin juga terlibat dalam proyek-proyek penting.

Apakah magang termasuk pengalaman kerja - infografis

Pengalaman magang juga memberikan kesempatan bagi kamu untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan bidang yang kamu minati. 

Misalnya, jika kamu magang di bidang pemasaran, kamu akan belajar tentang strategi pemasaran, analisis pasar, dan cara mengelola kampanye iklan. Semua ini merupakan hal-hal yang sangat berharga yang dapat kamu tambahkan ke dalam CV kamu.

Cara Menulis Pengalaman Magang di CV

Ketika menulis pengalaman magang di CV, pastikan untuk menyajikannya dengan cara yang menarik dan informatif. 

Berikut adalah beberapa cara untuk menulis pengalaman magang di CV kamu:

1. Cantumkan Nama dan Lokasi Perusahaan Magang 

Pastikan mencantumkan nama perusahaan tempat kamu magang beserta lokasinya dengan lengkap. Hindari penggunaan singkatan yang mungkin tidak familiar bagi HRD.

2. Jelaskan Jabatan dan Durasi Magang

Jelaskan jabatan apa yang kamu pegang selama magang beserta lama masa magangmu di perusahaan tersebut. Informasi ini membantu HRD untuk menilai kesiapanmu dalam mengisi posisi yang dilamar.

3. Jelaskan Tugas, Tanggung Jawab, dan Pencapaian

Jelaskan dengan detail tugas dan tanggung jawab yang kamu emban selama magang. Sertakan juga pencapaian-pencapaian yang telah kamu raih. Misalnya, jika kamu magang sebagai content writer, sebutkan jenis artikel yang telah kamu tulis serta jumlah artikel yang telah kamu hasilkan.

Tips Tambahan Menulis Pengalaman Magang

Agar pengalaman magang yang kamu tulis di CV semakin menarik perhatian HRD, perhatikan beberapa tips berikut:

1. Buat Seringkas Mungkin

Meskipun harus detail, pastikan penjelasanmu singkat dan to-the-point agar mudah dipahami.

2. Pakai Bahasa yang Sopan

Gunakan bahasa formal dan sesuai dengan kaidah EYD. Ini menunjukkan profesionalitasmu sebagai calon karyawan.

3. Teliti Lagi Soal Penulisan

Pastikan tidak ada kesalahan penulisan, ukuran font yang terlalu kecil, atau format yang membingungkan. Hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan HRD dalam membaca CV-mu.

4. Buatlah CV Dengan Desain yang Menarik

Desain CV yang menarik akan memberikan kesan pertama yang baik kepada HRD. Jika kamu tidak ahli dalam desain, pertimbangkan untuk menggunakan jasa desain CV profesional.

Contoh Menulis Pengalaman Magang

Agar lebih jelas, berikut adalah contoh penulisan pengalaman magang di CV:

Contoh Deskripsi Pengalaman Magang dalam Bahasa Indonesia

Juni 2016 – Agustus 2016
PT Sorini Agro Asia Corporindo

Magang sebagai Staf Produksi

Tugas dan Tanggung Jawab:

  • Melakukan pencatatan dan membuat grafik frekuensi kegagalan produksi maltose yang ditemukan selama proses produksi, seperti warna kekuningan, aroma terlalu asam, dan kekentalan yang tidak sesuai spesifikasi yang diminta oleh pelanggan.
  • Melakukan analisis dan mempresentasikan solusi yang ditemukan.

Contoh Pengalaman Magang dalam Bahasa Inggris

June 2016 – August 2016
PT Sorini Agro Asia Corporindo

Apprenticeship as Production Staff

Duties and Responsibilities:

  • Making notes and graphics of frequencies of any kind of failures from maltose found after the production process, such as yellowish color, overly acidic fragrance, and improper viscosity.
  • Analyzing and presenting the solutions found.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa menulis pengalaman magang di CV dengan lebih baik dan profesional. Pastikan untuk memperbaiki CV-mu secepat mungkin agar kamu siap melamar pekerjaan dan mendapatkan posisi yang diimpikan.

Beberapa pertanyaan lain tentang magang yang mungkin kamu belum tau jawabannya.

Kesimpulan

Magang memang termasuk pengalaman kerja yang sangat berharga. Dengan magang, kamu akan mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman nyata yang bisa mempersiapkanmu untuk dunia kerja sesungguhnya. 

Ingat, cara menulis pengalaman magang di CV sangat penting untuk menarik perhatian HRD. Dengan memperhatikan beberapa tips tambahan dan mengikuti contoh penulisan yang telah diberikan di atas, kamu bisa membuat CV yang menonjol dan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menulis pengalaman magang di CV, ya. Selamat mencoba dan semoga sukses!

(Penulis: Annisa Tri M)

Baca juga: