Beasiswa PMDSU: Syarat, Alur Daftar dan Lain-Lain

Beasiswa PMDSU

Apa kamu mahasiswa yang berprestasi dan memiliki cita-cita menjadi doktor? Jika iya, beasiswa PMDSU (Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul) bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Beasiswa PMDSU merupakan program beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang bertujuan untuk mempercepat pendidikan doktor bagi sarjana unggul. Melalui program ini, kamu bisa menyelesaikan pendidikan doktor dalam waktu 4 tahun.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang beasiswa PMDSU, simak penjelasan berikut.

Apa itu Beasiswa PMDSU?

Beasiswa PMDSU merupakan program beasiswa yang memberikan biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya penelitian kepada mahasiswa yang lolos seleksi. Beasiswa ini diperuntukkan bagi sarjana unggul dari berbagai bidang ilmu, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Biaya pendidikan yang diberikan meliputi biaya kuliah, biaya ujian, biaya praktikum, dan biaya lainnya yang terkait dengan pendidikan magister dan doktor. Biaya hidup yang diberikan meliputi biaya makan, biaya transportasi, biaya akomodasi, dan biaya lainnya yang terkait dengan kebutuhan hidup sehari-hari. Biaya penelitian yang diberikan meliputi biaya alat dan bahan penelitian, biaya perjalanan penelitian, dan biaya lainnya yang terkait dengan kegiatan penelitian.

Beasiswa PMDSU bertujuan untuk mempercepat pendidikan sarjana unggul menjadi doktor pada usia muda. Dengan beasiswa ini, para sarjana unggul dapat menyelesaikan pendidikan doktor dalam waktu 4 tahun. Selama masa studi, penerima beasiswa akan dibimbing oleh promotor handal, baik berdasarkan rekam jejak penelitian maupun pendidikan.

Syarat Beasiswa PMDSU

Untuk bisa mengikuti beasiswa PMDSU, kamu harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Harus menjadi sarjana unggul (fresh graduate).
  2. Sudah memiliki gelar S1 (sarjana strata 1).
  3. IPK pelamar harus memenuhi syarat berikut:
    • Jika akreditasi PT dan Prodi asal pelamar A, maka IPK harus ≥ 3,25.
    • Jika akreditasi PT asal pelamar B dan Prodi asal pelamar A, maka IPK harus ≥ 3,5.
    • Jika akreditasi PT asal pelamar A dan Prodi asal pelamar B, maka IPK harus ≥ 3,5.
    • Jika akreditasi PT dan Prodi asal pelamar B, maka IPK harus ≥ 3,75.
    • Jika akreditasi PT dan Prodi asal pelamar di bawah B, maka IPK harus ≥ 3,8.
  4. Usia tidak boleh lebih dari 24 tahun untuk lulusan non profesi dan 27 tahun untuk lulusan profesi pada tanggal 31 Desember 2023.
  5. Harus mendapatkan surat rekomendasi dari dosen pembimbing S1 (lampiran pedoman).
  6. Warga Negara Indonesia.
  7. Tidak boleh sedang menerima beasiswa lainnya.
  8. Harus dalam keadaan sehat jasmani, rohani, dan bebas dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (narkoba).
  9. Bersedia mengikuti pendidikan pascasarjana selama 4 tahun dengan menandatangani surat pernyataan bermaterai (lampiran pedoman).

Banyak ya ternyata. Semuanya akan mudah jika disiapkan sejak dini kok.

Alur Mendaftar Beasiswa PMDSU

Alur mendaftar beasiswa PMDSU adalah sebagai berikut:

  1. Proses pendaftaran dilakukan secara daring melalui situs http://pmdsu.kemdikbud.go.id/. Setiap pelamar akan diberikan nomor registrasi dan kata sandi yang dapat digunakan untuk masuk kembali ke dalam sistem.
  2. Melampirkan salinan ijazah dan transkrip nilai S1.
  3. Menyertakan salinan ijazah dan transkrip nilai program spesialis (jika telah mengikuti program profesi atau magang).
  4. Melampirkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).
  5. Melampirkan surat keterangan sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba yang dikeluarkan oleh Dokter Rumah Sakit Pemerintah.
  6. Mengirimkan surat pernyataan kesediaan untuk memenuhi seluruh persyaratan program PMDSU (lampiran I), termasuk:
    • Bersedia menyelesaikan program PMDSU dalam empat tahun secara penuh.
    • Tidak menerima beasiswa dari sumber lain.
    • Melampirkan surat rekomendasi dari dosen pembimbing S1.

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, kamu akan dibimbing oleh Promotor PMDSU di Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP). 

Lantas, apa itu promotor PMDSU?

Apa itu Promotor PMDSU?

Promotor PMDSU adalah dosen yang bertanggung jawab membimbing mahasiswa penerima beasiswa PMDSU. Promotor harus memiliki kualifikasi akademik yang tinggi dan memiliki pengalaman penelitian yang memadai.

Promotor PMDSU dipilih berdasarkan rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi. Penunjukan Promotor PMDSU dilakukan oleh tim seleksi yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Berdasarkan penjelasan di atas, Promotor PMDSU harus memenuhi persyaratan tertentu. Simak beberapa syarat menjadi promotor PMDSU berikut.

Syarat Promotor PMDSU

Untuk bisa menjadi promotor PMDSU, dosen harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Memiliki peta jalan penelitian yang jelas.
  2. Sudah menghasilkan publikasi internasional yang mendapatkan sitasi dan/atau memiliki kerjasama dengan industri (hilirisasi hasil riset).
  3. Mempunyai h-indeks dari Scopus minimal 4 dan pernah menjadi first author/corresponding author dalam lima tahun terakhir, atau memiliki hasil-hasil riset pada level TKT minimal 5 bagi promotor PMDSU di bidang sains dan teknologi.
  4. Mempunyai h-indeks dari Scopus minimal 2 dan pernah menjadi first author/corresponding author dalam lima tahun terakhir atau memiliki karya monumental bertaraf internasional bagi promotor PMDSU di bidang seni, sosial, dan humaniora.
  5. Memiliki jabatan fungsional minimum lektor kepala dan bergelar doktor.
  6. Promotor berusia maksimal 66 tahun untuk profesor dan 61 tahun untuk doktor.
  7. Telah meluluskan minimal 3 mahasiswa program doktor dengan publikasi internasional bereputasi (baik sebagai promotor maupun ko-promotor).
  8. Mempunyai jejaring nasional dan internasional yang mendorong suksesnya pelaksanaan PMDSU.
  9. Mendapatkan rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi.

Kesimpulan

Beasiswa PMDSU merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi mahasiswa yang ingin menjadi doktor muda. Untuk meningkatkan peluang lolos seleksi, kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik, termasuk mempersiapkan berkas pendukung beasiswa yang lengkap dan berkualitas.

Untuk informasi lebih lanjut tentang berkas pendukung beasiswa PMDSU, kamu bisa baca artikel-artikel tentang beasiswa lainnya berikut.

Referensi: https://www.pmdsu.id/

Baca juga: