8 Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi

Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi

Siapa nih, kamu yang sedang menjadi mahasiswa atau mahasiswi dan merasa dirinya biasa-biasa saja sehingga tidak bisa mendapatkan beasiswa untuk kuliah? Jangan risau, sekarang kamu bisa meraih hal tersebut dengan mengetahui cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi.

Pada saat ini banyak sekali beasiswa yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu biaya di bangku perkuliahan. Tidak hanya bantuan dari pemerintah lewat Kemendikbud Ristek, kamu juga bisa mendapatkan beasiswa dari lembaga lainnya yang ada di dalam maupun luar negeri.

Lantas bagaimana cara mendapatkan beasiswa meskipun kamu belum memiliki prestasi? Yuk, simak penjelasannya hingga akhir artikel ini ya.

Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi

Berikut 8 cara versi Duniakampus.id yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan beasiswa meskipun sebelumnya belum memiliki prestasi.

1. Riset Tentang Penawaran Beasiswa

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan riset tentang penawaran dari berbagai beasiswa yang ada. Kamu bisa mencari informasi beasiswa yang dirasa cocok dengan pendidikan yang sedang dijalani.

Dengan demikian, persiapanmu untuk mendaftar beasiswa akan lebih matang karena sudah mendapatkan informasi dari jauh-jauh hari.

2. Mempersiapkan Dokumen Pendaftaran Beasiswa

Setelah melakukan riset dan memperoleh informasi beasiswa yang akan diikuti, kamu bisa memulai mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk hal tersebut. Biasanya setiap program akan memberikan syarat-syarat yang beragam tergantung kebijakan masing-masing pemberi beasiswa.

Beberapa dokumen yang lazim dicantumkan sebagai syarat administrasi pendaftaran beasiswa biasanya meliputi transkrip hasil akademik, curriculum vitae, hasil tes TOEFL atau IELTS, hingga esai atau motivation letter dari setiap pelamar.

Mempersiapkan dokumen jauh-jauh hari akan mempermudahmu ketika mendaftar dan menghindari kemungkinan tidak lengkapnya berkas pada saat seleksi administrasi.

3. IPK Minimal 3.0

Meskipun bisa mendaftar tanpa memiliki prestasi, bukan berarti penilaian akademikmu pada saat menjalani perkuliahan tidak akan menjadi pertimbangan. Semakin baik IPK yang didapatkan tentunya akan menjadi kesan yang baik agar kamu bisa mendapatkan beasiswa yang diinginkan.

Biasanya setiap pemberi beasiswa memberi syarat setiap pelamar harus memiliki IPK minimal 3.0. Jadi kamu bisa meningkatkan nilai akademikmu agar bisa mencapai standar IPK untuk mendaftar beasiswa.

4. Membuat Esai Beasiswa yang Baik

Seperti yang sudah dituliskan pada poin sebelumnya, salah satu dokumen yang sering diminta untuk pendaftaran beasiswa adalah esai atau motivation letter. Dokumen ini diperlukan agar para pemberi beasiswa bisa mengenal pribadimu secara lebih mendalam.

Oleh sebab itu penting bagi kamu untuk mempersiapkan esai beasiswa dengan baik dan maksimal. Pastikan esaimu bisa meyakinkan pemberi beasiswa bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk menerima program tersebut.

Kamu bisa melakukan lima langkah dalam membuat esai yang baik. Lima langkah tersebut adalah menentukan tema yang akan dibahas, membuat kerangka tulisan, memulai dengan pembukaan yang menarik, menulis isi esai, dan menutup dengan kesimpulan di akhir tulisan.

5. Mengikuti Seminar

Selain mengikuti kelas-kelas yang sudah tersedia di perkuliahan, kamu juga bisa mengikuti berbagai macam seminar dengan pembahasan yang sesuai dengan minatmu. Seminar-seminar ini akan semakin menambah wawasanmu terkait tema yang dibahas dalam acara tersebut.

Bisa jadi, ketika mengikuti seminar kamu akan mendapatkan informasi tambahan seputar beasiswa yang mungkin tidak didapatkan di tempat lainnya.

6. Ikut Lomba atau Kompetisi

Cara terbaik untuk mendapatkan prestasi yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti lomba atau kompetisi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Semakin banyak lomba dan kompetisi yang kamu ikuti, tentu akan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan prestasi baru dari hal tersebut.

Selain itu, setiap lomba biasanya memberikan sertifikat penghargaan kepada setiap pesertanya meskipun tidak menjadi juara. Sertifikat ini bisa kamu gunakan sebagai portofolio dan menjadi nilai tambah ketika mendaftar beasiswa.

7. Aktif Organisasi

Salah satu cara yang bisa kamu ambil untuk meningkatkan kualitas diri adalah dengan aktif mengikuti organisasi yang ada di kampusmu. Banyak organisasi dari berbagai macam bidang yang bisa kamu ikuti, baik di tingkat fakultas hingga universitas.

Aktif di organisasi akan mengasah kemampuanmu untuk bekerja sama dan bersosialisasi dengan orang banyak. Selain itu, kamu juga bisa mengasah berbagai keterampilan, seperti kepemimpinan, berpikir kritis, dan pengambilan keputusan dengan aktif dalam berbagai kegiatan organisasi.

Beberapa beasiswa juga bisa didapatkan dengan kamu aktif dalam kegiatan organisasi. Beasiswa yang bisa didapatkan oleh kamu yang aktif berorganisasi di antaranya Beasiswa Rumah Kepemimpinan, Beasiswa Pendidikan Pemimpin Indonesia, dan Beasiswa Kepemimpinan Tanoto TELADAN.

8. Mau Berubah dan Tidak Malas

Jangan jadikan tidak memiliki prestasi menjadi alasan penghambat dirimu untuk berkembang. Jika kamu mau berubah dan tidak malas, bukan tidak mungkin di masa yang akan datang kamu bisa meraih prestasi yang mungkin tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Teruslah berusaha dengan keyakinan yang kamu punya. Percayalah, semakin besar dan giat usaha yang kamu lakukan, maka hasil yang didapatkan akan sebanding juga.

Baca juga: Membuat rencana 5 tahun untuk daftar beasiswa

Kesimpulan

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama agar bisa mencapai versi terbaik dari dirinya. Semua orang bisa saja memiliki prestasi yang diunggulkan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Mulailah melihat hal-hal yang kamu rasa menjadi keunggulanmu jika dibandingkan dengan yang lainnya. Mungkin saja, hal yang selama ini tidak pernah kamu perhatikan secara detail ternyata menjadi prestasi yang belum tentu dimiliki oleh orang lain.

Teruslah giat berusaha dan hindari rasa malas agar kamu bisa berkembang dan menjadi yang terbaik. Semoga kamu bisa mendapatkan beasiswa yang diinginkan dengan segala macam kemampuan yang dimiliki ya.

Ada artikel beasiswa lainnya, siapa tau kamu butuh juga.

Baca juga: