12 Keterampilan Hidup untuk Beasiswa Kuliah Bikin Peluang Lolos Besar

Keterampilan Hidup untuk Dapat Beasiswa

Pada era yang serba maju dan digital seperti saat ini, setiap orang mesti memiliki keterampilan hidup atau life skills agar bisa tetap bertahan dan relevan di tengah persaingan yang semakin ketat. Apalagi bagi mahasiswa dan mahasiswi yang saat ini sedang menempuh pendidikan tetapi terkendala biaya, kamu bisa mengeksplorasi keterampilan hidup yang tujuannya nanti bisa untuk mendapatkan beasiswa kuliah.

Seringkali dalam sesi wawancara, pemberi beasiswa akan menanyakan keterampilan dan kemampuan apa saja yang kamu miliki. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk menguasai life skills tertentu agar bisa memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan yang lainnya. Selain itu, pemberi beasiswa juga bisa yakin kalau kamu akan bisa menyelesaikan kuliahmu dengan tepat waktu dan tidak rugi memberikan beasiswa itu.

Sebelum mengetahui apa saja life skills yang bisa kamu kuasai untuk keperluan beasiswa, alangkah baiknya memahami tentang definisi dari keterampilan hidup terlebih dahulu.

Apa itu Keterampilan Hidup?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), keterampilan hidup atau life skills bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk berperilaku adaptif dan positif dalam memenuhi kebutuhan dan menghadapi tantangan sehari-hari dengan baik.

Singkatnya, keterampilan hidup diperlukan setiap orang agar tetap bisa bertahan menghadapi setiap tantangan yang dialami.

Meskipun demikian, jika kamu merasa belum memiliki keterampilan hidup yang mumpuni, kamu bisa memulai dengan mencoba untuk menguasai beberapa life skills berikut ini.

Baca juga artikel terkait ini.

Keterampilan Hidup untuk Beasiswa Kuliah

Berikut 12 keterampilan hidup yang bisa kamu latih agar bisa mendapatkan beasiswa kuliah.

1. Problem Solving

Keterampilan Problem Solving
Keterampilan Problem Solving

Problem solving merupakan keterampilan yang diperlukan agar seseorang bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan baik. Keterampilan ini juga membuatmu bisa mengasah beberapa kemampuan lain yang berkaitan, seperti berpikir kritis dan kreatif, pengambilan keputusan, serta kontrol emosi.

Dalam prosesnya, penyelesaian sebuah masalah akan melewati beberapa proses terlebih dahulu sebelum bisa diatasi, yaitu identifikasi, analisis, dan solusi yang dihasilkan.

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika bisa menguasai keterampilan problem solving, seperti menyelesaikan sebuah masalah, kemampuan pengambilan keputusan yang baik, hingga bisa meningkatkan kualitas hidupmu.

2. Decision Making

Pengambilan keputusan atau decision making masih erat kaitannya dengan keterampilan dalam poin sebelumnya. Keterampilan ini merupakan kemampuan mendasar yang wajib dikuasai oleh setiap orang.

Terdapat tiga tahapan yang bisa kamu terapkan untuk mengasah keterampilan decision making, yakni penetapan masalah yang akan diselesaikan, pemilihan jalan keluar yang ingin diambil, dan penilaian terhadap keputusan yang sudah diambil untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Dengan menguasai keterampilan ini, kamu bisa menyelesaikan sebuah tantangan yang dihadapi dengan keputusan terbaik.

3. Creative Thinking

Keterampilan hidup selanjutnya yang bisa kamu kuasai untuk mendapatkan beasiswa kuliah adalah creative thinking atau berpikir kreatif.

Dengan menguasai keterampilan creative thinking, kamu akan memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif dan inovatif, sehingga bisa menemukan ide-ide baru yang bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

4. Critical Thinking

Keterampilan Critical Thinking
Keterampilan Critical Thinking

Masih berkaitan dengan cara berpikir, keterampilan selanjutnya yang bisa kamu asah adalah critical thinking. Keterampilan ini memungkinkan kamu untuk tidak menerima informasi yang didapatkan secara mentah-mentah begitu saja.

Jika bisa berpikir secara kritis, kamu akan bisa lebih logis dalam menghadapi sebuah tantangan. Selain itu, penyelesaian masalah juga akan lebih baik jika mengedepankan critical thinking, sebab tidak memasukkan emosi dan perasaan dalam sebuah keputusan yang diambil.

5. Empati

Kamu juga harus mengasah simpati dan empati dalam diri masing-masing. Dengan menguasai keterampilan ini, kamu tidak akan menjadi pribadi egois yang hanya memikirkan diri sendiri, tetapi juga bisa menempatkan posisi terhadap kondisi dan perasaan orang lain.

6. Kesadaran Diri

Orang yang paling memahami kamu adalah dirimu sendiri. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memiliki kesadaran diri agar mengetahui kemampuan yang dimiliki.

Tidak melulu soal kelebihan, kamu juga harus memahami kelemahan yang dimiliki agar bisa diperbaiki untuk menjadi lebih baik ke depannya.

7. Sosial dengan Orang Lain

Manusia adalah makhluk sosial. Mustahil bagi kita bisa hidup individual tanpa bantuan orang lain.

Sehingga penting bagi kamu untuk bersosial dan menjaga hubungan dengan orang lain. Bisa jadi dengan relasi sosial tersebut kamu akan mendapatkan manfaat yang tidak diduga-duga di masa mendatang.

8. Komunikasi yang Baik

Ide yang ada di dalam pikiran tidak akan bisa diketahui oleh orang lain jika kamu tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Dengan menguasai kemampuan komunikasi yang baik, kamu akan bisa menyampaikan ide yang dimiliki dengan maksimal, sehingga berdampak baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

9. Manajemen Stres

Keterampilan Manajemen Stres
Keterampilan Manajemen Stres

Stres merupakan satu hal yang harus kamu perhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Tingkat stres juga akan berpengaruh terhadap kesehatan mental dan emosi.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk menguasai manajemen stres agar bisa mengatasi setiap masalah yang dihadapi tanpa beban mental yang dirasakan.

10. Manajemen Emosi

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kamu juga harus mengelola emosi yang ada di dalam diri masing-masing. Emosi negatif yang tidak terkontrol tidak hanya mengganggu kondisi mental, tetapi juga bisa berpengaruh terhadap kondisi fisikmu.

Kontrol emosi dalam diri dengan baik agar keputusan yang kamu ambil bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan baik dan tepat.

11. Manajemen Keuangan Pribadi

Uang bukan segalanya, tetapi segalanya butuh uang. Siapa nih, yang tidak asing dengan kalimat ini? Penting bagi kamu untuk bisa mengatur keuangan pribadi agar setiap pemasukan yang didapatkan bisa digunakan secara maksimal dan tidak terbuang begitu saja.

12. Manajemen Waktu

Keterampilan terakhir yang bisa kamu asah dan kuasai adalah manajemen waktu. Pengelolaan waktu yang baik akan memudahkan kamu dalam berkegiatan sehari-hari.

Selain itu, manajemen waktu yang baik juga bisa membuatmu menjadi pribadi yang teratur, sehingga tidak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat bagi hidupmu.

Artikel selanjutnya: Study Plan Untuk Beasiswa

Itulah 12 kemampuan hidup yang bisa kamu kuasai untuk mendapatkan beasiswa kuliah. Informasi lainnya seputar beasiswa bisa kamu dapatkan dengan membaca tulisan lainnya yang ada di Duniakampus.id. Pengen lebih banyak tau tentang informasi beasiswa? Cek deh di kategori “Beasiswa Kuliah

Baca juga: