Contoh Email Permohonan Magang Mahasiswa dan Cara Mengajukan

Contoh Email Permohonan Magang Mahasiswa

Langkah pertama supaya mahasiswa diperbolehkan magang adalah melakukan lamaran via email. Berikut contoh email permohonan magang mahasiswa. 

Kamu lagi nyari tempat magang buat nambah skill? Nah, salah satu cara paling mudah buat ngelamar magang sekarang adalah lewat email. Gak ribet, gak perlu keluar rumah, dan bisa langsung diakses dari smartphone kamu.

Terus, gimana sih cara kirim email lamaran magang yang menarik dan bikin HRD langsung kepincut? Dalam artikel ini, aku bakal kasih tahu kamu contoh email permohonan magang mahasiswa.

Tapi sebelum itu, agar kamu lebih paham, yuk simak terlebih dahulu cara mengajukan permohonan magang lewat email berikut!

Cara Mengajukan Permohonan Magang Lewat Email ke Perusahaan

Berikut adalah cara mengajukan permohonan magang lewat email ke perusahaan:

1. Cari info lowongan magang

Langkah pertama, temukan lowongan magang yang sesuai dengan minat kamu. Bisa cek di website perusahaan, platform magang online, atau bahkan tanya senior yang pernah magang di sana.

2. Kenali perusahaan dan posisi magang

Sebelum mengirim email, penting banget buat kamu pelajari dulu perusahaan dan posisi magang yang dituju. Cari tahu visi, misi, produk, dan budaya perusahaan. Pahami juga deskripsi pekerjaan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi magang tersebut.

3. Buat subject email yang menarik

Subject email adalah kunci pertama agar email kamu dilirik. Hindari subject yang generik seperti “Lamaran Magang”. Gunakan subject yang lebih spesifik seperti “Lamaran Magang [Posisi Magang] – [Nama Kamu]”.

4. Susun email yang profesional dan jelas

Awali email dengan salam pembuka yang sopan. Perkenalkan diri kamu dengan singkat dan jelas, sebutkan nama, universitas, jurusan, dan semester kamu. Jelaskan secara ringkas mengapa kamu tertarik magang di perusahaan tersebut dan di posisi apa. Tunjukkan antusiasme dan semangat kamu untuk belajar dan berkontribusi.

5. Periksa kembali email kamu

Sebelum menekan tombol “kirim”, perhatikan kembali email kamu. Pastikan tidak ada typo atau kesalahan grammar. Baca ulang email kamu untuk memastikan isinya sudah jelas dan menarik.

7. Tunggu kabar dan follow up

Setelah mengirim email, tunggulah kabar dari perusahaan. Biasanya, perusahaan akan membalas email kamu dalam beberapa hari atau minggu. Jika kamu belum mendapat kabar setelah beberapa minggu, kamu bisa melakukan follow up dengan email yang sopan.

Berkas Untuk Mengajukan Permohonan Magang

Selain email yang menarik, kamu juga perlu mempersiapkan berkas-berkas berikut untuk memperkuat lamaran magang kamu:

1. Curriculum Vitae (CV)

CV adalah dokumen yang berisi informasi tentang diri kamu, seperti pendidikan, pengalaman kerja, skills, dan prestasi. Pastikan CV kamu rapi, terstruktur, dan mudah dibaca, ya.

2. Surat Lamaran Magang

Surat lamaran magang berisi penjelasan tentang diri kamu, alasan kamu tertarik magang di perusahaan tersebut, dan apa yang kamu harapkan dari program magang tersebut.

3. Transkrip Nilai

Transkrip nilai menunjukkan prestasi kamu di bangku perkuliahan. Pastikan kamu menyertakan transkrip nilai yang terbaru, ya.

4. Sertifikat (Jika Ada)

Jika kamu memiliki sertifikat yang relevan dengan posisi magang yang kamu lamar, sertakan sertifikat tersebut dalam berkas lamaran kamu.

5. Portofolio (Jika Ada)

Portofolio menunjukkan kemampuan dan karya kamu di bidang tertentu. Jika kamu memiliki portfolio, sertakan portofolio tersebut dalam berkas lamaran kamu.

6. Surat Rekomendasi (Jika Ada)

Surat rekomendasi dapat diperoleh dari dosen, atasan di pekerjaan sebelumnya, atau mentor kamu. Surat rekomendasi berisi penilaian mereka terhadap kemampuan dan keahlian kamu.

Baca juga: 10 Alasan Mengikuti Magang (Bisa untuk Menjawab Wawancara)

Contoh Isi Email Permohonan Magang Mahasiswa

Berikut adalah contoh isi email permohonan magang mahasiswa dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris:

Contoh Email dalam Bahasa Indonesia:

Kepada Yth. Bu Ana,

Saya Keisya Adinda, mahasiswa Universitas Indonesia jurusan Ilmu Komunikasi semester 7. Saya ingin mengajukan permohonan magang di PT. XYZ untuk posisi Content Writer yang dipublikasikan di Linkedin.

Saya memiliki ketertarikan yang besar terhadap penulisan konten dan saya yakin bahwa magang di PT. XYZ akan memberikan saya kesempatan untuk belajar dan berkembang di bidang tersebut. Saya memiliki beberapa pengalaman yang relevan dengan posisi ini, seperti menjadi penulis artikel di blog pribadi dan membuat konten media sosial untuk organisasi kemahasiswaan.

Saya adalah orang yang kreatif, teliti, dan bersemangat, dan saya yakin bahwa saya dapat menjadi asset bagi tim PT. XYZ. Saya bersedia untuk belajar dan bekerja keras, dan saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan.

Berikut terlampir CV dan portfolio penulisan untuk pertimbangan Ibu/Bapak. Saya sangat antusias dengan peluang magang ini dan saya harap dapat mendengar kabar dari Ibu/Bapak.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya.

Hormat saya,

Keisya Adinda

Contoh Email dalam Bahasa Inggris:

Dear Ms. Ana,

My name is Keisya Adinda a University of Indonesia student majoring in Communication Science in my 7th semester. I am writing to express my interest in the Content Writer internship position advertised on the PT. XYZ Website.

I have a strong interest in Content Writing and I believe that an internship at PT. XYZ will give me the opportunity to learn and grow in this field. I have some relevant experience for this position, such as writing articles for a personal blog, creating social media content for student organisations.

I am a creative, meticulous, and enthusiastic person, and I believe that I can be an asset to the PT. XYZ team. I am willing to learn and work hard, and I am confident that I can make a positive contribution to the company.

Attached is my CV and Writing Portfolio for your consideration. I am very excited about this internship opportunity and I look forward to hearing from you.

Thank you for your time and consideration.

Sincerely,

Keisya Adinda

Penutup

Nah, itulah contoh isi email permohonan magang mahasiswa. Kamu bisa ubah email sesuai dengan informasi diri kamu dan posisi magang yang kamu lamar. Pastikan email kamu singkat dan to the point, ya. Tunjukkan antusiasme dan semangat kamu untuk belajar dan berkontribusi di perusahaan yang kamu lamar.

Semoga contoh email permohonan magang mahasiswa di atas membantu kamu dalam menulis email permohonan magang yang baik dan meningkatkan peluangmu untuk bisa lolos magang di perusahaan impian kamu, ya. Good luck!
Kalau kamu pengen ngulik serba serbi kegiatan kampus lainnya, kamu bisa membacanya di Duniakampus.id kategori kegiatan kampus.

Baca juga: