10 Alasan Mengikuti Magang (Bisa untuk Menjawab Wawancara)

Alasan Mengikuti Magang

Magang wajib bagi banyak jurusan, karena magang memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaat yang paling kamu rasakan besok adalah mendapatkan pengalaman baru, mendapatkan relasi, dan tentunya magang di kampus sebagai bentuk syarat kuliah. 

Jadi buat kamu yang sampai sekarang masih ogah-ogahan magang, bisa ubah sudut pandang kamu tentang magang. Bahwa magang itu tidak selalu buruk. Berikut beberapa alasan mengikuti magang. 

1. Memenuhi Syarat Kuliah Sebab Ada Kewajiban

Alasan kenapa kamu harus mengikut magang adalah, karena sebagai kewajiban yang mensyaratkan kamu harus mengikuti program ini. Tapi tidak semua perguruan tinggi loh ya. Ada beberapa universitas yang mewajibkan untuk magang, ada pula yang menjadikan magang sebagai pilihan. 

Terlepas wajib atau tidak magang di kampus kamu, sebenarnya program ini justru memberikan banyak manfaat dan keuntungan  buat kamu loh. Ya, mungkin kamu merasa magang itu tidak enak, penuh tekanan dan Lelah. Tapi percayalah, apa yang kamu tabur hari ini akan kamu tuai di akhir nanti. Jika yang kamu tabur baik, hasilnya juga baik. 

2. Mendapatkan Pengalaman Kerja Secara Nyata

Salah satu alasan mengikuti magang itu menguntungan buat kamu karena kamu akan memiliki peluang. Peluang untuk mendapatkan pengalaman kerja. Khususnya buat kamu nih, yang mungkin sebelumnya tidak pernah kerja. Setidaknya dengan mengikuti program makan ini kamu memiliki pengalaman yang baru.

Setidaknya pula setelah lulus kuliah, minimal kamu sudah punya pengalaman bekerja. Tentu ini bisa dijadikan pertimbangan dan tambahan portofolio kamu. Bahkan kamu tidak hanya memiliki pengalaman, tetapi juga memiliki ilmu, wawasan dan memiliki skill loh. Dimana skill yang kamu dapatkan bisa jadi tidak bisa kamu dapatkan di tempat manapun.

3. Mendapatkan Skill Yang Tidak Didapatkan Di Kelas

Jika kamu selama ini merasa bosan belajar secara teoritis, kamu wajib ikut magang. Karena di sini kamu akan belajar secara empiris, secara nyata dan mengasah skill kamu. Bagus buat kamu yang sudah atau belum mengetahui keterampilan. Mungkin tempat magang kamu tidak sesuai dengan potensi/bakat skill yang kamu miliki. Tetapi dengan mengikuti magang, setidaknya skill kamu terstimulasi dan anggap sebagai pemanasan.

Mungkin sebaliknya, kebetulan magang yang kamu ditugaskan ke kamu sesuai dengan skill dasrar yang kamu punya. Pasti ini akan menjadi pengalaman yang paling menyenangkan buat kamu. Kamu harus memanfaatkan program magang tersebut. Karena siapa tahu seusai magang, kamu bisa bekerja mandiri, siapa tahu kamu salah satu pencipta lapangan kerja darip engalaman magang dan bakat skill kamu. 

4. Menambah Pengalaman Di CV atau Linkedin

Sudah menjadi rahasia umum, jika sistem Pendidikan di Indonesia focus mempelajari teori. Bahkan dari SD sampai perguruan tinggi Sebagian besar yang kita pelajari adalah teori. Nah, sebenarnya magang salah satu kesempatan buat kamu praktek dan terjun langsung di lapangan. 

Ketika terjun di lapangan, sudah pasti ada banyak hal yang akan kamu temui. Seringkali juga apa yang dilapangan jauh berbeda dari teori yang selama ini kita pelajari.

Atau sangat mungkin apa yang kita pelajari secara teori jauh lebih mudah ketika berhadapan langsung di lapangan sehingga wawasan dan pengalaman yang kamu dapatkan akhirnya bisa untuk menambah pengalaman di CV ataupun di linkedin untuk personal branding.

5. Mendapatkan Uang Jika Paid Internship

Hayo siapa nih yang ingin punya uang sendiri? Minimal punya uang jajan sehingga tidak lagi merepotkan orangtua? Nah, dengan mengikuti magang, kamu bisa mendapatkan paid internship. Ya, meski jumlah biayanya jauh lebih kecil daripada pekerja non magang.

Lumayan Lah ya, untuk jajan. Toh kamu juga sudah mendapatkan pengalaman dan mengasah skill. Dimana dua hal itu sebenarnya jauh lebih berharga dari sekedar uang. 

Baca juga: Tugas dan Gaji Asisten Praktikum

6. Memvalidasi Ilmu Teori Dan Lapangan

Salah satu tujuan pihak Lembaga Pendidikan memberikan kesempatan magang adalah memvalidasi ilmu teori dan kenyataan di lapangan. Sebenarnya kamu sedang ditempa untuk mensinkronisasi antara ilmu secara teoritis dan ilmu di lapangan karena sudah barang tentu, ada banyak perbedaan yang cukup signifikan dan ada banyak pelajaran berharga yang akan kamu dapatkan. 

Jadi, pihak kampus sebenarnya memiliki tujuan yang baik. Agar kamu memiliki bekal secara teoritis dan praktek. Sehingga Ketika lulus, kamu tidak gagap dengan dunia kerja yang sesungguhnya.  Agar kamu juga bisa lebih mandiri dan tidak bergantung pada dosen ataupun pihak kampus. 

7. Meningkatkan Percaya Diri

Secara tidak langsung, mengikuti magang akan meningkatkan rasa percaya diri kamu. Setidaknya program magang akan memberikan banyak wawasan, pengalaman hidup, dan belajar sikap karakter orang lain. Sehingga kamu belajar bagaimana menguasai diri sendiri dan orang lain. Dimana ilmu ini adalah ilmu kehidupan yang nilainya mahal. 

Orang yang mampu menguasai emosi, peluang, bakat diri sendiri dan orang lain akan banyak membantu kamu lebih percaya diri.

Sebaliknya, Ketika kita tidak tahu apa-apa, maka kita akan cenderung ragu dalam melangkah, mengalami kebingungan dan diselimuti perasaan negatif yang sifatnya membelenggu potensi bakat dan sikap kamu.

8. Melatih Berbicara Dan Koordinasi

Buat kamu yang merasa tidak percaya diri berbicara di depan umum, maka program magang ini dapat dijadikan sarana untuk belajar berbicara dan berkoordinasi.

Saat magang, kamu akan berhadapan dengan orang lain. Kamu juga akan ditempat untuk berbicara dengan rekan atau senior ditempat magang. Kamu juga akan belajar bagaimana cara mengorganisasi pekerjaan yang kamu kerjakan. 

Aktivitas itu akan kamu lakukan secara berulang selama proses magang itu berlangsung. Sehingga tanpa kamu sadari, kamu pun akan terlatih dengan sendirinya untuk berbicara dengan orang lain. Nah, inilah yang juga termasuk skill yang akan membantu kamu Ketika kamu sudah lulus dan masuk ke dunia kerja sesungguhnya. 

9. Menambah Relasi Baru Dan Rekomendasi

Salah satu keuntungan mengikuti magang, sudah pasti kamu akan memiliki relasi baru. Mungkin untuk saat ini relasi kurang begitu berdampak. Nah, jika kamu menyadari bagaimana merawat dan menjaga hubungan relasi, maka relasi ini akan sangat mempengaruhi perjalanan karir loh. 

Siapa tahu, relasi atau orang yang kamu kenal di tempat kamu magang, setelah kamu lulus mendapatkan peluang dan kesempatan kerja buat kamu. Sehingga setelah lulus kuliah kamu bisa langsung bekerja. Sementara orang yang tidak memiliki relasi sama sekali, hanya mengandalkan melamar kerja akan jauh lebih sulit. 

Baca juga: Cara Menjadi Asisten Dosen

10. Memudahkan Melamar Kerja Setelah Lulus

Setidaknya dengan mengikuti magang, kamu tidak sekedar mendapatkan relasi. Tetapi modal pengalaman magang kamu dapat dijadikan sebagai pertimbangan pihak HRD untuk menerima kamu. Sehingga peluang untuk lolos dan langsung bekerja lebih besar. 

Itulah beberapa alasan mengikuti magang. Jadi, jika pihak kampus mewajibkan mahasiswa mengikuti magang, ambillah dengan riang gembira. Karena ini adalah peluang yang besar. Karena tidak semua kampus memiliki kebijakan magang seperti ini loh. Semoga sedikit ulasan tentang alasan mengikuti magang ini bermanfaat. (Iruekkawa Elisa)

Artikel terkait kegiatan mahasiswa di kampus lainnya.

Baca juga: