Cara Menjadi Asisten Dosen: Tugas, Syarat dan Gaji

Cara Menjadi Asisten Dosen

Tahukah kamu ketika menempuh pendidikan di perguruan tinggi, banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan selain belajar di kelas, salah satunya dengan menjadi asisten dosen.

Biasanya kamu akan menemukan rekrutmen asisten dosen yang diadakan oleh jurusan atau dosen terkait untuk beberapa mata kuliah tertentu pada setiap pergantian semester baru.

Rekrutmen ini tentu menjadi salah satu informasi yang banyak ditunggu-tunggu oleh setiap mahasiswa, khususnya yang memang berkeinginan dan niat khusus untuk bisa menjadi seorang asisten dosen.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan ketika menjadi seorang asisten dosen di kampus.

Sebelum mengetahui hal ini lebih lanjut, yuk, ketahui terlebih dahulu penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan asisten dosen terlebih dahulu.

Apa Itu Asisten Dosen?

Seperti namanya, asisten dosen atau asdos merupakan seseorang yang bertugas membantu dosen dalam kesehariannya di kampus.

Biasanya asisten dosen diisi oleh dosen muda yang ditunjuk oleh dosen pengampu untuk membantunya dalam kegiatan akademik. Akan tetapi, tidak jarang dosen pengampu juga memilih mahasiswa untuk menjadi asisten dosennya.

Asisten dosen yang dipilih dari mahasiswa biasanya membantu dosen di kelas-kelas yang sudah pernah dia ikuti sebelumnya. Tidak hanya itu, asisten dosen terkadang juga membantu mahasiswa dan mahasiswi yang ada di kelas tersebut untuk lebih memahami materi yang sedang dipelajari.

Oleh sebab itu, bagi kalangan mahasiswa tidak setiap orang bisa menjadi asisten dosen begitu saja.

Kapan Kamu Bisa Menjadi Asisten Dosen?

Kamu harus mencapai semester tertentu terlebih dahulu untuk bisa menjadi seorang asisten dosen. Batasan semester seorang mahasiswa bisa menjadi asisten dosen biasanya berbeda-beda tergantung dengan aturan yang ada di setiap kampus.

Meskipun demikian, umumnya asisten dosen bisa diikuti bagi kamu yang sudah melewati semester empat. Artinya, kamu bisa mulai menjadi asisten dosen pada saat memasuki semester lima.

Meskipun demikian, lulus atau sudah melewati semester empat tidak menjadi satu-satunya hal yang harus kamu penuhi untuk menjadi asisten dosen. Masih ada beberapa persyaratan lain yang mesti kamu penuhi terlebih dahulu agar bisa mengisi posisi tersebut.

Syarat Menjadi Asisten Dosen

Terdapat beberapa persyaratan yang mesti kamu penuhi untuk menjadi asisten dosen, yakni.

1. Minimal Mahasiswa Semester 4

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk menjadi seorang asisten dosen kamu harus memastikan sudah melewati perkuliahan hingga semester empat.

2. IPK 3,50 dan Nilai A di Mata Kuliah Terkait

Syarat selanjutnya yang harus kamu penuhi untuk menjadi seorang asisten dosen berkaitan nilai akademikmu di perkuliahan. Seorang asisten dosen dituntun memiliki IPK minimal 3,50.

Selain itu, kamu juga harus memiliki nilai A pada mata kuliah terkait yang membutuhkan asisten dosen. Hal ini berkaitan dengan tuntutan seorang asisten dosen yang bisa memahami mata kuliah tersebut dengan baik, sehingga bisa membantu dosen maupun mahasiswa dalam proses pembelajaran kelas tersebut.

3. Tidak Pernah Terkena Sanksi Akademik dan Non Akademik

Pastikan juga bahwa kamu tidak pernah terkena sanksi selama mengikuti perkuliahan, baik yang bersifat akademik maupun non akademik agar bisa menjadi seorang asisten dosen.

4. Memiliki Kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang Baik

Persyaratan selanjutnya yang harus dipenuhi untuk menjadi asisten dosen adalah memiliki kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang bagus, baik dalam hal lisan maupun tulisan.

Kemampuan ini dibutuhkan agar kamu bisa memahami berbagai macam referensi, baik dalam bentuk buku maupun jurnal, agar mampu memahami materi dari mata kuliah terkait dengan maksimal.

5. Memiliki Minat di Bidang Pengajaran

Terakhir, untuk menjadi seorang asisten dosen kamu harus memiliki minat khusus dalam bidang pengajaran. Tanpa memiliki minat ini, sepertinya akan susah bagimu untuk bisa menjalankan tugas-tugas dari seorang asdos secara baik dan maksimal.

Tugas Asisten Dosen

Setelah memahami persyaratan untuk menjadi seorang asdos, kamu juga harus tahu tugas yang harus dilakukan asisten dosen dalam kesehariannya.

Beberapa tugas asdos yang harus dilaksanakan dalam rutinitasnya adalah.

1. Membantu Dosen Menyusun Silabus Pembelajaran

Sebelum memulai semester baru, dosen setiap mata kuliah biasanya menyusun silabus pembelajaran yang akan diajarkan pada kelas tersebut.

Silabus ini akan menjadi acuan materi dan pembelajaran apa saja yang akan diterima oleh setiap mahasiswa dalam satu semester ke depan.

Asisten dosen biasanya akan ikut membantu dalam menyusun silabus ini. Selain membantu dosen, seorang asdos juga bisa mengetahui materi apa saja yang harus dikuasai untuk disampaikan di kelas nantinya.

2. Menggantikan Dosen Mengajar di Kelas jika Berhalangan Hadir

Kesibukan dosen yang banyak terkadang membuat dirinya berhalangan hadir untuk datang langsung mengajar di kelas. Ketika hal ini terjadi, asisten dosen akan bertanggung jawab untuk menggantikan dosen dan mengajarkan materi yang akan disampaikan pada kelas tersebut.

3. Membantu Penelitian Dosen

Seorang asdos tidak hanya membantu dosen di dalam kelas saja. Terkadang, asdos juga ikut membantu dosen dalam proyek-proyek penelitian yang sedang dilakukannya.

4. Mendampingi Penelitian Mahasiswa

Tidak hanya dosen, seorang asdos juga bisa mendampingi penelitian yang dilakukan oleh setiap mahasiswa. Hal ini tentu membantu mahasiswa yang sedang melakukan penelitian agar hasil yang didapatkan bisa lebih baik nantinya.

5. Membantu Tugas Administrasi Dosen

Asisten dosen juga ikut membantu dosen dalam mengerjakan tugas administrasinya, seperti membuat soal dan pertanyaan hingga mengoreksi jawaban hasil tes dari para mahasiswanya.

Cara Menjadi Asisten Dosen

Nah, bagi yang berminat untuk menjadi seorang asdos, kamu bisa melakukan beberapa cara agar bisa mewujudkan keinginan tersebut, seperti.

1. Fokus pada Mata Kuliah Tertentu

Kamu bisa memilih mata kuliah tertentu yang ingin kamu kuasai secara maksimal. Selain menambah fokus, ilmu yang dikuasai ini bisa menjadi bidang keahlianmu nantinya dan menjadi nilai tambah ketika ingin menjadi asisten dosen di mata kuliah tersebut.

2. Aktif dan Rajin dalam Proses Pembelajaran

Mulailah untuk aktif dan rajin dalam proses pembelajaran yang ada di kelas. Kamu bisa aktif bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui, atau memulai diskusi dengan teman-teman lainnya terkait materi yang sudah didapatkan.

Hal ini bisa membangun citra dan kesan baik terhadap dirimu dan bisa menjadi daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan mahasiswa lainnya.

3. Relasi yang Baik dengan Dosen

Kamu juga bisa memulai untuk membangun relasi yang baik dengan para dosen. Kamu bisa membangun relasi dengan mulai berkomunikasi maupun berdiskusi dengan dosen terkait hal-hal tertentu.

Dengan demikian, dosen juga bisa mengenal dirimu lebih dalam nantinya.

4. Nilai yang Bagus

Salah satu syarat untuk menjadi asisten dosen adalah nilai A di mata kuliah terkait. Jadi, tidak ada cara lain selain rajin dan giat belajar agar kamu bisa mendapatkan nilai dengan predikat terbaik di mata kuliah tersebut.

5. Melatih Kemampuan Public Speaking

Selain akademik, kamu juga harus mengasah kemampuan berbicara di hadapan orang banyak untuk menjadi seorang asisten dosen. Sebab, terkadang asdos harus menggantikan dosen mengajar di depan kelas ketika dia berhalangan untuk hadir.

Keuntungan Menjadi Asisten Dosen

Kamu akan merasakan banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi asisten dosen. Beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh ketika menjadi asdos di antaranya.

1. Mendapatkan Pengalaman Baru

Menjadi asisten dosen akan menambah pengalamanmu ketika menjalani kehidupan perkuliahan. Pengalaman ini bisa menjadi portofolio dan bekal nantinya ketika kamu terjun ke dunia kerja setelah tamat pendidikan kuliah.

2. Belajar Mengatur Waktu

Terkadang, menjadi seorang asdos akan menyita banyak waktumu jika dibandingkan dengan mahasiswa lainnya. Meskipun demikian, hal ini akan menjadi media pembelajaran positif agar kamu bisa mengatur waktu dengan baik antara menjadi seorang asisten dosen maupun sebagai mahasiswa.

3. Penghasilan Tambahan

Kamu juga akan mendapatkan bayaran ketika berhasil menjadi asisten dosen. Hal ini tentu akan menjadi penghasilan tambahan yang bisa kamu gunakan untuk hal-hal positif lainnya.

4. Mengasah Kemampuan yang Ada di Dalam Diri

Kamu juga bisa mengasah kemampuan-kemampuan yang ada di dalam diri ketika menjadi seorang asisten dosen, seperti public speaking maupun akademik.

5. Memperluas Relasi

Keuntungan terakhir yang bisa kamu rasakan ketika menjadi asisten dosen adalah bisa memperluas relasi yang dimiliki. Kamu bisa memiliki kenalan yang lebih banyak, seperti adik tingkat maupun orang-orang penting lainnya yang mungkin bekerja sama dengan dosen yang kamu bantu.

Itulah beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan tentang asisten dosen. Dapatkan wawasan menarik lainnya seputar kehidupan kampus dengan membaca artikel-artikel yang ada di Duniakampus.id.

Referensi:

  • https://deepublishstore.com/blog/tugas-asisten-dosen/ 
  • https://penerbitdeepublish.com/cara-menjadi-asisten-dosen/ 
  • https://www.umn.ac.id/kenali-salah-satu-impian-mahasiswa-kekinian-jadi-asisten-dosen 
  • https://duniadosen.com/apa-tugas-asisten-dosen/ 
  • https://www.finansialku.com/keuntungan-jadi-asisten-dosen
  • https://accounting.feb.ui.ac.id/asdos/
Baca juga: