War KRS Kuliah: Tips Mendapatkan Mata Kuliah Pilihan

war krs kuliah

Beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia sudah mulai memasuki libur antar semester pada awal tahun ini. Artinya tidak lama lagi para mahasiswa akan mengalami momen-momen war KRS sebelum semester baru dimulai nantinya.

War KRS memang menjadi momen yang cukup menegangkan bagi setiap mahasiswa. Salah-salah mengatur strategi ketika menghadapi periode ini bisa jadi kamu akan kesusahan dalam menghadapi pembelajaran selama satu semester ke depan.

Sebelum bicara lebih jauh tentang hal ini, bagi kamu yang masih sekolah dan belum menempuh pendidikan di perguruan tinggi apakah sudah tahu apa yang dimaksud dengan KRS tersebut?

Apa Itu KRS?

Kartu Rencana Studi atau KRS merupakan dokumen yang harus diurus oleh setiap mahasiswa untuk menentukan mata kuliah yang akan diambil untuk satu semester ke depan. Mata kuliah yang diambil juga harus sesuai dengan kuota SKS yang bisa kamu ambil untuk satu semester tersebut.

Biasanya periode untuk menentukan KRS ini diadakan dua atau tiga minggu sebelum perkuliahan perdana dimulai. Jangka waktu yang diberikan untuk menentukan KRS ini adalah dua hingga tiga hari di periode tersebut.

Momen singkat inilah yang memunculkan momen war KRS antar mahasiswa yang saling berebut untuk mendapatkan mata kuliah yang diinginkan.

War KRS: Bersaing untuk Hasil yang Terbaik

Kemajuan teknologi pada saat ini membuat setiap mahasiswa bisa mengisi KRS dari mana saja tanpa perlu hadir langsung di kampus. Meskipun demikian, persaingan dalam periode ini masih terasa bagi setiap kalangan mahasiswa.

Sebenarnya tidak diketahui secara pasti kapan pertama kali istilah war KRS ini muncul. Akan tetapi, penggambaran tentang persaingan antar mahasiswa dalam menentukan mata kuliah yang diinginkan dalam periode KRS ini sedikit banyak bisa tergambar dalam istilah tersebut.

Persaingan ini juga terjadi bukan tanpa alasan. Setiap mahasiswa tentu ingin mengambil mata kuliah yang sesuai dengan minatnya.

Namun jumlah mahasiswa yang memiliki pemikiran sama seperti itu membuat periode KRS menjadi momen persaingan untuk mendapatkan hasil yang terbaik di semester yang akan datang.

Alasan Adanya Momen War KRS

Setidaknya terdapat tiga alasan utama versi Duniakampus.id terjadinya war KRS pada setiap periodenya. Tiga alasan tersebut di antaranya adalah.

1. Kuota Mata Kuliah Pilihan yang Terbatas

Tidak semua mata kuliah bisa dipilih oleh mahasiswa setiap semesternya. Biasanya terdapat beberapa mata kuliah khusus yang ada di semester tertentu saja.

Misalnya jika seorang mahasiswa mengambil mata kuliah yang hanya muncul di semester ganjil dan tidak lulus, maka dirinya harus menunggu satu tahun lagi agar bisa mengulang di mata kuliah yang sama. 

Oleh sebab itu, persaingan untuk mendapatkan mata kuliah tertentu menjadi sangat ketat. Sebab tidak hanya angkatan kamu saja yang ingin mengambil kelas tersebut, tetapi juga ada kakak-kakak tingkat yang mungkin saja ingin kembali mengulang di kelas yang sama.

2. Ingin Mendapatkan Kelas dari Dosen Pengajar Pilihan

Tidak hanya mata kuliah yang terbatas, pilihan dosen pengajar juga ikut diperebutkan oleh setiap mahasiswa pada periode KRS. Kamu tentu tidak asing dengan karakter dosen yang bermacam-macam, dari yang terkenal killer dan sulit mendapatkan nilai yang bagus, hingga yang ramah dan dekat dengan mahasiswa serta mudah memberikan predikat A bagi yang ikut di kelasnya.

Setiap mahasiswa tentu ingin mengambil mata kuliah yang dikenal mudah untuk mendapatkan nilai yang baik. Sebab, satu saja nilai dengan predikat A, apalagi dengan jumlah SKS yang besar akan mendongkrak IPK yang kamu dapatkan nantinya.

3. Kemungkinan Bisa Satu Kelas dengan Teman-teman Terdekat

Selain mata kuliah dan pilihan dosen yang diinginkan, teman-teman satu kelas juga menjadi pertimbangan yang cukup dipikirkan oleh setiap mahasiswa pada periode KRS.

Satu kelas dengan teman-teman terdekat tentu akan memudahkanmu dalam menempuh mata kuliah satu semester ke depan. Selain itu, terkadang terdapat tugas kelompok yang diberikan oleh dosen yang wajib dikerjakan mahasiswanya.

Oleh sebab itu, pilihan kelas yang sama dengan teman-teman terdekat tentu menjadi pertimbangan yang cukup dipikirkan agar bisa memperlancar proses belajar selama beberapa bulan nantinya.

Cerita Unik tentang War KRS

Banyak cerita unik yang bisa kamu temukan ketika momen-momen war KRS sedang terjadi. Periode KRS yang cenderung singkat membuat momen ini menjadi cukup menegangkan.

Bahkan, beberapa mata kuliah yang memang menjadi incaran banyak mahasiswa bisa langsung penuh dalam waktu hitungan menit saja. Tidak jarang, banyak mahasiswa yang rela begadang agar bisa memenangkan war dan mendapatkan kelas yang diinginkan.

Selain itu, koneksi internet juga dibutuhkan agar kamu bisa memenangkan war dalam menentukan mata kuliah. Semakin kencang koneksi internetmu, maka peluang untuk mendapatkan kelas yang diinginkan tentu lebih besar.

Begitulah lika-liku kehidupan mahasiswa selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Meskipun terlihat sulit, semua tindakan tersebut akan berbuah manis jika kamu berhasil mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.

Bagaimana, sudah siap dengan war KRS untuk semester depan? Kalo belum siap, baca artikel-artikel terkait ini yuk!

Baca juga: