7 Contoh Prestasi Akademik Mahasiswa, Peroleh Ini Selama Kuliah

Prestasi Akademik Mahasiswa

Mengapa mahasiswa harus berprestasi di bidang akademik? Akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri Ketika bisa mendapatkan nilai akademik. Banyak pula keuntungan yang akan kamu peroleh Ketika berprestasi. Misalnya, lebih mudah mendapatkan beasiswa, cepat lulus kuliah sehingga cepat bekerja, membanggakan orangtua dan ada banyak lagi. 

Berbicara tentang prestasi akademik mahasiswa. Ternyata tidak melulu berupa nilai IPK yang cumlaude loh. Tetapi ada beberapa prestasi lain yang akan mendukung nilai akademik kamu. Penasaran? Sebagai berikut. 

1. IPK Cumlaude > 3,51

Prestasi akademik mahasiswa yang pertama, yang paling umum adalah mendapatkan nilai IPK cumlaude yang nilainya rata-rata 3,51. Jika kamu ingin mendapatkan nilai bagus seperti ini, sudah pasti harus menguasai ilmu-ilmu secara teoritis setiap mata kuliah yang diajarkan. 

Tentu saja kamu bisa mendapatkannya dengan belajar, aktif masuk kuliah, selalu tepat waktu dan mengerjakan tugas yang diberikan dosen. Tidak berhenti begitu saja. Nah di sini kamu butuh yang nama nya kedisiplinan diri, agar bisa mendapatkan nilai yang bagus. 

2. Mengikuti dan menang lomba LKTI atau Esai

Selain mendapatkan nilai lewat jalur mendapatkan nilai bagus, ada acara lain yang bisa kamu lakukan. Khususnya buat kamu yang suka eksplore dan memiliki jiwa sportifitas. Jadi kamu bisa mengikuti ajang perlombaan tingkat kampus, baik itu tingkat daerah, nasional maupun tingkat internasional. 

Salah satunya ikut lomba LKTI atau esai. Tentu saja Ketika kamu bisa menjuarai tiga besar, ada nilai plus buat kamu. Sebenarnya tidak hanya lomba LKTI/esai saja, ada banyak program lomba-lomba lain yang sifatnya diselenggarakan secara akademik. Nah, kamu bisa mengikuti ajang tersebut.

Setidaknya dengan mengikuti ajang perlombaan kompetisi seperti ini, tidak hanya berprestasi secara akademik. Kamu juga mendapatkan pengalaman yang tidak ternilai harganya. Kamu juga bisa memiliki relasi baru, yang siapa tahu berpengaruh untuk  masa depan kamu.

3. Mengikuti MUN (Model United Nations)

apakah kamu tertarik ingin menjadi diplomat? Salah satu program akademik yang dapat kamu jadikan sarana untuk mengasah mental, sekaligus bisa menjadi keunggulan prestasi akademik, maka kamu bisa mengikuti program MUN. MUN adalah MOdel United National. Program ini adalah program simulasi konferensi dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang diikuti oleh para pelajar. Program ini termasuk program ekstrakuler yang memungkin kamu bisa bertemu orang-orang dari berbagai negara yang mewakili dari negara komite. 

ketika kamu bisa mewakili sebagai tokoh terpilih, tentu ini sebuah kebanggan tersendiri. karena kamu akan berkesempatan bertemu dengan delegasi dari negara-negara lain. Hanya saja delegasi yang dipilih adalah orang-orang yang memiliki kemampuan public speaking yang bagus. karena nantinya di sana kamu perlu menyampaikan argumen, negosiasi, membuat rumusan dan masih banyak hal menarik lainnya.

4. Lomba hackathon

jika kamu kuliah di jurusan TI atau komputer, kamu bisa mengambil prestasi akademik dengan mengikuti hackathon. program kejuaraan hackathon adalah ajang kompetisi yang bertujuan untuk membuat proyek dalam kurun waktu yang relatif lebih singkat. Kamu harus memiliki prototipe aplikasi perangkat lunak yang harapan kedepannya dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Bisa dibilang program ini ajang bergengsi yang bisa lolos dalam ajang ini tidaklah main-main. Ketika kamu berhasil membawa kejuaraan, sudah pasti ada kebanggan tersendiri. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan relasi baru. Karena biasanya memiliki komunitas yang super aktif dan tertarik untuk mengembangkan penemuan dan terobosan yang tidak jauh dari dunia TI. 

5. Mengikuti dan menang lomba resmi dari pemerintah

Prestasi akademik mahasiswa memang ada banyak ragam pilihan yang bisa kamu pilih. Jika kamu suka dengan dunia robotic, kamu pun bisa mengikuti ajang robotic yang diselenggarakan oleh pemerintah. Atau kamu memiliki ketertarikan lain seperti mengikuti ajang lomba PKM dan mahasiswa berprestasi. 

Tidak ada salahnya segala kesempatan ajang-ajang perlombaan dari pemerintah kamu ikuti. Jika kalah, tidak masalah. Karena pengalaman yang didapatkan tidak kalah penting. Bahkan kamu bisa mewakili pihak kampus ke tingkat daerah/nasional pun sudah kebanggaan tersendiri loh. 

6. Lulus tepat waktu

Lulus tepat waktu juga salah satu prestasi akademik mahasiswa. Karena untuk bisa lulus tepat waktu, kamu harus benar-benar disiplin mengikuti pola dan alur yang diberikan oleh dosen. Misalnya, selalu masuk kuliah tepat waktu, selalu mengerjakan-mengumpulkan tugas kampus, disiplin dengan aturan kampus yang berlaku dan sudah pasti kamu harus bisa mendapatkan nilai rata-rata. 

Minimal kamu tidak ada kesempatan yang mengharuskan mengulang. Apalagi saat moment masuk skripsi, maka kamu benar-benar harus menempa diri sekeras mungkin dan sebaik mungkin, agar skripsi dan pendadaran tepat waktu. 

7. Pertukaran pelajar

Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman belajar dari negara lain, kamu bisa memanfaatkan program pertukaran pelajar. Kamu bisa memilih negara yang ingin kamu pelajari. Biasanya setiap perguruan tinggi memiliki Kerjasama dengan pihak-pihak tertentu. 

Program ini lebih cocok buat kamu yang suka dengan tantangan baru, suka belajar Bahasa, suka traveling dan suka dengan hal-hal yang sifatnya baru. Karena Ketika kamu lolos mengikuti pertukaran pelajar. SUdah otomatis kamu pun akan belajar di negara orang. Dimana disana kamu akan mengalami culture shock dari berbagai aspek. Meskipun demikian, program ini memang menarik untuk kamu coba. 

Ternyata prestasi akademik mahasiswa bisa kamu dapatkan melalui beberapa jalan. Jadi tidak melulu mendapatkan IPK sempurna. Tetapi kamu bisa mengimbangi dengan prestasi-prestasi yang disebutkan di atas.

Dari beberapa cara di atas, poin mana yang sesuai dengan potensi dan bakat kamu? Apapun itu jawabannya, semoga kamu selalu diberikan kelancaran dan lulus tepat waktu ya. (Irukawa Elisa)

Baca juga cerita mahasiswa lainnya berikut yuk!

Baca juga: