11 Manfaat Mengikuti Organisasi Mahasiswa di Kampus

Manfaat Mengikuti Organisasi di Kampus

Tidak dipungkiri ada banyak organisasi yang akan kita temukan ketika memasuki dunia perkuliahan. Mungkin di antara kamu pernah berpendapat bahwa mengikuti kegiatan organisasi di kampus hanya akan sia-sia. Beberapa orang bahkan enggan bergabung karena takut keluar dari zona nyaman dan khawatir akan mengganggu perkuliahan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena setiap organisasi di kampus pasti memiliki manfaatnya masing-masing. Bukan hanya berguna di lingkungan kampus, tapi juga bisa jadi bekal untuk karirmu kedepannya.

Nah kali ini, Duniakampus.id bakal membahas apa saja manfaat mengikuti organisasi di kampus, baik selama menjadi mahasiswa maupun setelah lulus kuliah supaya punya pandangan jauh kedepannya.

1. Mengembangkan Skill Sesuai Minat 

Manfaat mengikuti organisasi kampus yang pertama yaitu memberikan kamu kesempatan untuk mempraktikkan dan mengembangkan skill yang sesuai dengan fokus organisasi yang kamu minati.

Misalnya, jika kamu bergabung dengan organisasi yang fokus pada pengembangan teknologi, kamu dapat memperdalam pemahaman tentang perkembangan teknologi terbaru. 

2. Menyalurkan Hobi

Mengikuti organisasi di kampus juga dapat menjadi saluran yang sangat baik untuk menyalurkan hobi.

Misalnya, jika kamu memiliki hobi fotografi, bergabung dengan organisasi fotografi kampus dapat memberikan peluang untuk kamu mengembangkan keterampilan fotografi, berbagi ide dengan sesama anggota, dan bahkan berpartisipasi dalam proyek-proyek yang berhubungan dengan fotografi. 

3. Memperluas Wawasan

Manfaat mengikuti organisasi di kampus selanjutnya adalah kamu dapat memperluas wawasan kamu melalui interaksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan minat.

Misalnya, bergabung dengan organisasi yang fokus pada bidang politik dapat membuka pengetahuanmu dengan memahami pandangan dari sudut pandang yang berbeda.

Diskusi, seminar, atau proyek bersama dalam organisasi juga dapat memperluas wawasan kamu dan memungkinkan kamu untuk memahami isu-isu yang mungkin belum kamu eksplorasi sebelumnya.

4. Menambah Relasi

Melalui kegiatan organisasi, kamu memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan teman seangkatan, senior, dosen, alumni, dan bahkan pihak-pihak luar yang berhubungan dengan kegiatan organisasi kamu. Interaksi ini membuka peluang kamu untuk membangun hubungan yang dapat bermanfaat di dunia akademis dan profesional. 

Dengan memperluas jaringan relasi, kamu dapat mendapatkan dukungan, peluang kerja, dan wawasan yang mungkin tidak akan kamu dapatkan melalui jalur lain.

5. Meningkatkan Kemampuan Public Speaking 

Terlibat dalam kegiatan organisasi, seperti rapat, presentasi proyek, atau kegiatan publik, akan memberikan kesempatan bagi kamu untuk berbicara di depan banyak orang. Kegiatan ini secara alami memperkuat kemampuan public speaking kamu. 

Semakin sering kamu terlibat dalam kegiatan organisasi, semakin terampil kamu dalam berkomunikasi di depan umum.

6. Melatih Jiwa Kepemimpinan 

Dalam sebuah organisasi, terutama jika kamu memiliki peran seperti ketua atau koordinator, kamu akan dihadapkan pada berbagai tantangan kepemimpinan.

Melalui tantangan dan tanggung jawab ini, kamu dapat melatih keterampilan kepemimpinan kamu yang berguna untuk kehidupan sehari-hari dan karirmu di masa depan.

7. Meningkatkan Keterampilan Problem Solving

Tak hanya itu, manfaat mengikuti organisasi di kampus juga dapat meningkatkan kemampuan problem solving. Dalam organisasi, kamu akan sering dihadapkan pada tantangan atau masalah yang memerlukan pemecahan.

Proses bekerja sama dengan anggota tim, merencanakan acara, dan menanggapi konflik akan mendukung kamu mengembangkan keterampilan problem solving.

Baca juga: Dampak negatif mengikuti organisasi mahasiswa

8. Mendapatkan Beasiswa

Manfaat mengikuti organisasi kampus selanjutnya adalah meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan beasiswa. Banyak lembaga pemberi beasiswa cenderung tertarik pada siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti organisasi kampus.

Keikutsertaan ini dianggap mencerminkan komitmen kamu terhadap pengembangan diri, kepemimpinan, dan kontribusi positif terhadap komunitas, sehingga dianggap sebagai faktor positif dalam proses seleksi beasiswa.

9. Mempercantik CV

Mengikuti organisasi di kampus juga bisa “mempercantik CV”. Pengalaman dalam organisasi menunjukkan kepada recruiter bahwa kamu tidak hanya fokus pada studi akademis, tetapi juga memiliki keterampilan tambahan seperti kepemimpinan, kerja tim, komunikasi, dan problem solving.

Hal ini dapat membuat CV-mu lebih menarik dan mencerminkan kemampuan serta kualitas dirimu di luar lingkungan akademis. Dengan demikian, pengalaman organisasi dapat memberikan nilai tambah yang positif pada perjalanan karirmu.

10. Belajar Mengatur Waktu

Manfaat mengikuti organisasi di kampus berikutnya adalah kamu dapat belajar mengatur waktu dengan baik. Keikutsertaan dalam kegiatan organisasi menuntut kamu mengatur waktu agar bisa menyeimbangkan antara tugas akademis, kegiatan organisasi, dan kehidupan pribadi. 

Proses ini dapat meningkatkan kemampuanmu dalam merencanakan jadwal, menetapkan deadline, dan memastikan bahwa semua tugas dapat diselesaikan dengan cepat. Dengan demikian, pengalaman ini dapat menjadi pembelajaran bagi kamu dalam mengelola waktu dengan baik.

11. Belajar Memahami Orang Lain

Kamu bisa memanfaatkan organisasi di kampus sebagai ajang buat kamu belajar memahami orang lain. Kenapa bisa begitu?

Dalam suatu organisasi, kamu akan berinteraksi dengan beragam orang dari latar belakang, kebiasaan, dan pola pikir yang berbeda-beda. Seiring berjalannya waktu, kamu akan sadar bahwa setiap orang itu unik dan berbeda satu sama lain. Jadi, kamu akan belajar untuk memahami karakter tiap orang di organisasi tersebut.

Selain itu, kemampuan memahami orang lain ini juga berguna untuk kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi saat kamu sudah masuk ke dunia kerja nantinya.

Nah, itulah beberapa manfaat mengikuti organisasi di kampus. Nyatanya, ada banyak banget kan keuntungan yang akan kamu dapatkan dan membantu kamu menghadapi dunia kerja nantinya. Jadi, tunggu apa lagi. Yuk, pilih organisasi apa yang ingin kamu ikuti sekarang.

Kalau misalkan kamu masih bingung, Dunia Kampus masih punya beberapa bacaan nih untuk beberapa organisasi mahasiswa.

Baca juga: