Senat Mahasiswa: Fungsi, Tugas, dan Contoh Program Kerja

Kegiatan Senat Mahasiswa

Kamu penasaran dengan organisasi Senat Mahasiswa? Mungkin organisasi yang satu ini masih terdengar asing terutama bagi kamu yang masih di bangku sekolah atau mahasiswa yang baru masuk kuliah.

Akan tetapi tenang aja, dalam artikel ini, duniakampus.id bakal kasih tahu apa itu Senat Mahasiswa beserta fungsi, tugas, dan contoh program kerjanya. Maka dari itu, yuk simak pembahasannya, agar nanti pas kuliah kamu sudah punya gambaran yang jelas!

Apa itu Senat Mahasiswa?

Senat Mahasiswa merupakan organisasi mahasiswa tertinggi yang terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud Nomor 0459/U/1989 mengenai Pedoman Dasar Organisasi Kemahasiswaan. Tujuan utama pendirian Senat Mahasiswa adalah untuk meningkatkan disiplin belajar, mendukung suksesnya program tri dharma perguruan tinggi, dan membina perilaku mahasiswa agar sesuai dengan norma yang berlaku di lingkungan kampus.

Berdasarkan pengertian tersebut, bisa dilihat bahwa keberadaan Senat Mahasiswa di dalam kampus memiliki peranan yang sangat penting, yaitu sebagai wadah perwakilan mahasiswa, baik secara internal maupun eksternal.

Jika dibandingkan dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Senat Mahasiswa memiliki perbedaan dalam fungsinya. BEM berfungsi sebagai lembaga eksekutif atau pelaksana program, sedangkan Senat Mahasiswa berfungsi sebagai lembaga legislatif yang memiliki tanggung jawab dalam pengawasan, penganggaran, dan legislasi.

Fungsi Senat Mahasiswa

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Senat Mahasiswa memiliki tiga fungsi utama yaitu:

1. Fungsi Pengawasan

Fungsi pertama Senat Mahasiswa adalah sebagai pengawas kegiatan di kampus. Senat Mahasiswa bertanggung jawab mengecek apakah kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga pelaksana sesuai dengan rencana dalam program kerja. Sebagai contoh, Senat Mahasiswa mengawasi kegiatan yang dilaksanakan oleh BEM. Jika ada ketidaksesuaian dengan rencana kegiatan, Senat Mahasiswa dapat turun tangan.

2.Fungsi Anggaran

Selanjutnya, Senat Mahasiswa memiliki fungsi untuk mengelola anggaran yang berasal dari kampus dan dialokasikan kepada lembaga pelaksana untuk menyelenggarakan suatu kegiatan. Senat juga berhak mengetahui rincian biaya dalam setiap penyelenggaraan kegiatan. 

3. Fungsi Lesgislasi

Ketiga, Senat Mahasiswa juga memiliki fungsi legislasi. Artinya, Senat Mahasiswa memiliki kewenangan untuk membuat peraturan yang akan digunakan oleh mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan. Dalam hal ini, Senat memiliki beberapa peran, yaitu sebagai lembaga penerima aspirasi dan lembaga advokasi bagi mahasiswa.

Lantas apa aja sih tugas-tugas Senat Mahasiswa itu?

Tugas Senat Mahasiswa

Ini dia beberapa tugas Senat Mahasiswa yang perlu kamu ketahui.

1. Menjadi Perwakilan Mahasiswa 

Pertama, sebagai lembaga perwakilan mahasiswa, Senat Mahasiswa bertugas sebagai koordinator kegiatan organisasi kemahasiswaan di kampus. Dalam hal ini, Senat tidak hanya menjadi penghubung antara mahasiswa dan pihak kampus, tetapi juga membantu mahasiswa mengutarakan pendapat dan saran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

2. Menyalurkan Minat dan Bakat

Selain itu, Senat Mahasiswa juga bertugas mengembangkan minat dan bakat mahasiswa di lingkungan kampus. Dengan bantuan Senat Mahasiswa, mahasiswa dapat mengeksplorasi dan mengembangkan minat serta bakat mereka di lingkungan kampus.

3. Menyampaikan Aspirasi Mahasiswa

Tak hanya itu, Senat Mahasiswa juga memiliki tugas sebagai wakil mahasiswa untuk menyampaikan kritik dan saran kepada pihak kampus maupun pemerintah. Sehingga, mahasiswa dapat merasa didengar dan memiliki peran aktif dalam pembangunan dan perbaikan di lingkungan kampus.

4. Membina Perilaku Mahasiswa

Tugas Senat Mahasiswa berikutnya adalah membina perilaku mahasiswa agar sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Sebagai mentor, Senat Mahasiswa turut berperan dalam membentuk karakter mahasiswa agar dapat bersikap sesuai dengan etika dan nilai-nilai kampus.

5. Membentuk Mahasiswa Agar Lebih Kritis

Terakhir, Senat Mahasiswa juga bertanggung jawab membentuk mahasiswa agar lebih kritis, kreatif, dan inovatif. Dengan demikian, Senat Mahasiswa tidak hanya membantu mahasiswa dalam akademis, tetapi juga dalam pengembangan karakter dan pemikiran kritis.

Contoh Program Kerja Senat Mahasiswa

Dalam menjalankan tugas-tugasnya, Senat Mahasiswa biasanya dibagi menjadi beberapa departemen atau bidang. Setiap bidang memiliki program kerjanya masing-masing. Berikut adalah beberapa contoh program kerja Senat Mahasiswa berdasarkan bidangnya:

Contoh Program Kerja Bidang Pengembangan Intelektual

1. Seminar dan Workshop Akademik

Menyelenggarakan seminar dan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam bidang akademik tertentu, memberikan wawasan baru, dan mengembangkan keterampilan intelektual.

2. Mengadakan Kompetisi Ilmiah Sesuai Bidang Ilmu

Mengadakan kompetisi ilmiah internal maupun eksternal untuk mendorong mahasiswa dalam mengembangkan penelitian, kreativitas, dan kemampuan analisis mereka.

3. Program Mentoring Akademik untuk Mahasiswa Lainnya

Menyediakan program mentoring akademik di mana mahasiswa senior dapat membimbing dan memberikan dukungan kepada mahasiswa junior dalam hal akademik dan pengembangan intelektual.

Contoh Program Kerja Bidang Penegakan Kode Etik

1. Penyuluhan Kode Etik

Mengadakan kegiatan penyuluhan secara berkala untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pentingnya dan isi dari kode etik yang berlaku di lingkungan kampus.

2. Pelatihan Etika Mahasiswa

Mengorganisir pelatihan etika untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang norma-norma perilaku yang diharapkan dan diterapkan dalam lingkungan akademik.

3. Monitoring Kepatuhan Kode Etik

Menetapkan sistem monitoring untuk memastikan bahwa mahasiswa dan organisasi di bawah senat mematuhi kode etik yang telah ditetapkan, serta mengambil langkah-langkah korektif jika ditemukan pelanggaran.

Contoh Program Kerja Bidang Bidang Olahraga dan Seni

1. Mengadakan Turnamen Olahraga Antar Fakultas

Mengorganisir turnamen olahraga antar fakultas untuk mendorong semangat kompetisi sehat dan mempererat hubungan antar mahasiswa dari berbagai jurusan.

2. Program Kesehatan dan Kebugaran

Mengadakan program kesehatan dan kebugaran, seperti jogging pagi, kelas yoga, atau kegiatan lainnya, untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mahasiswa.

3. Festival Seni dan Olahraga

Menyelenggarakan festival seni dan olahraga tahunan yang melibatkan partisipasi aktif dari mahasiswa, baik sebagai peserta maupun penonton, untuk merayakan keberagaman bakat dan minat di bidang seni dan olahraga.

Contoh Program Kerja Bidang Pengembangan Kewirausahaan

1. Workshop Kewirausahaan

Menyelenggarakan workshop kewirausahaan yang melibatkan pemateri ahli untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada mahasiswa terkait pendirian dan pengelolaan bisnis.

2. Program Mentoring Kewirausahaan

Menyediakan program mentoring kewirausahaan di mana mahasiswa yang memiliki pengalaman dalam berwirausaha dapat memberikan panduan dan nasihat kepada mahasiswa yang tertarik memulai bisnis.

3. Kolaborasi Industri dan Mahasiswa

Membangun kerjasama dengan industri dan pelaku bisnis lokal untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terlibat dalam proyek bisnis nyata atau magang, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan kewirausahaan mereka secara langsung.

Contoh Program Kerja Bidang Pengembangan Pers Mahasiswa

1. Mengadakan Pelatihan Jurnalistik

Mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan jurnalistik mahasiswa, termasuk penulisan berita, wawancara, dan penulisan opini, untuk mendukung pengembangan kemampuan wartawan.

2. Menyelenggarakan Acara Diskusi dan Talkshow

Menyelenggarakan acara diskusi dan talkshow dengan mengundang wartawan terkemuka, redaktur, atau tokoh media untuk berbagi pengalaman dan pandangan mereka terkait dunia jurnalistik.

3. Kursus Desain Grafis dan Layout

Menyelenggarakan kursus atau pelatihan terkait desain grafis dan tata letak untuk mahasiswa agar mereka dapat meningkatkan keterampilan presentasi visual dalam publikasi pers mahasiswa.

Manfaat Menjadi Anggota Senat Mahasiswa

Wah, setelah mengetahui beberapa informasi tentang Senat Mahasiswa, sepertinya menarik ya kalau jadi salah satu anggotanya. Nah, agar kamu semakin tertarik, berikut beberapa manfaat jika kamu menjadi anggota Senat Mahasiswa:

  • Melatih kepemimpinan dan organisasi
  • Mengasah keterampilan negosiasi dan advokasi
  • Menambah jaringan atau relasi
  • Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan integritas
  • Mengembangkan kemampuan pengambilan keputusan
  • Memperdalam pemahaman tentang proses demokrasi
  • Meningkatkan keterampilan komunikasi dan presentasi
  • Membuka peluang mendapatkan pekerjaan

Penutup

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan jika bergabung menjadi anggota Senat Mahasiswa. Gimana, kamu tertarik untuk bergabung? 

Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut  terkait BEM Mahasiswa, baca artikel lainnya di sini:

Baca juga: