Apa itu UKM Mahasiswa? Baca Pengertian, Manfaat, dan Contoh Ini

Mengenal Contoh UKM Mahasiswa

Saat memasuki dunia perkuliahan, kamu pasti akan menjumpai banyak hal baru, termasuk juga UKM. Ketika orientasi kampus, mahasiswa baru biasanya akan diperkenalkan pada beragam UKM yang ada di kampus beserta juga formulir pendaftaran.

UKM Mahasiswa inilah yang menjadi bagian penting untuk pengembangan mahasiswa diluar dunia perkuliahan di kelas. Kok bisa begitu? Lantas apa sih sebenarnya UKM itu?

Yuk, baca tulisan Duniakampus.id ini, sebab disini akan dikupas tuntas mengenai apa itu UKM di kampus, apa saja manfaat UKM, dan beberapa contoh UKM yang perlu kamu ketahui sebagai mahasiswa.

Apa itu UKM Mahasiswa?

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) merupakan organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi yang menjadi wadah bagi mahasiswa mengembangkan minat dan bakat di luar kegiatan akademis (kelas kuliah). UKM mencakup berbagai bidang seperti seni, olahraga, sosial, dan keagamaan.

UKM memiliki prinsip edukatif dan nilai sosial seperti saling menghargai, gotong-royong, peduli terhadap sesama, serta menjunjung tinggi semangat persatuan. UKM sendiri berada di bawah naungan universitas, tetapi memiliki posisi yang mandiri dalam mengelola organisasi.

Fungsi UKM bukan hanya sebagai wadah untuk mengumpulkan mahasiswa dengan minat yang sama, tetapi juga sebagai tempat mengembangkan karakter, mengasah keterampilan, dan membangun solidaritas di lingkungan kampus.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa itu UKM. Setelah paham dari pengertian, coba deh perhatikan beberapa manfaat kalau kamu ikut UKM mahasiswa ini. Kenapa? Sebab, banyak yang mengabaikan UKM mahasiswa ini karena memang tidak tau manfaatnya.

Padahal, kalo sudah tau malah kamu bisa jatuh cinta di dalamnya dan beprestasi melebihi kegiatan kelas-kelas mata kuliahmu bersama dosen.

Manfaat Ikut UKM bagi Mahasiswa

Berikut daftar manfaat mahasiswa yang mengikuti UKM mahasiwa.

1. Menambah Pengalaman Organisasi

Bergabung dalam UKM akan memberikan kesempatan berharga untuk kamu mengembangkan keterampilan berorganisasi. Mulai dari menjadi anggota biasa hingga menjabat dalam posisi ketua. Kamu dapat belajar bagaimana mengelola waktu, tanggung jawab, dan tugas bersama dalam organisasi.

Pengalaman ini sangat bermanfaat dalam mempersiapkan kamu untuk menghadapi tantangan di dunia kerja nanti.

2. Menambah Pengetahuan/Wawasan

Ikut UKM juga akan menambah pengetahuan dan wawasan kamu di luar kegiatan kuliah. Melalui program-program seperti seminar, workshop, atau pelatihan yang diadakan oleh UKM, kamu tentu akan dapat memperoleh pengetahuan yang lebih luas. 

3. Menambah Relasi dari Berbagai Jurusan

Dalam lingkungan perkuliahan, seringkali kita hanya berinteraksi dengan teman sejurusan. Namun, dengan mengikuti UKM, kamu memiliki kesempatan untuk bertemu dengan mahasiswa dari berbagai jurusan, yang dapat membuka peluang untuk membangun hubungan profesional yang dapat berguna sebagai relasi rekan kerja di masa depan.

4. Mengisi Waktu Luang dengan Kegiatan Positif

Menjadi anggota UKM juga dapat  mengisi waktu luang dan mengatasi rasa bosan sekaligus memperoleh kegiatan positif yang bermanfaat.

5. Melatih Kemampuan Berkomunikasi 

Selanjutnya, bergabung dengan UKM dapat juga melatih kemampuan berkomunikasi. Pasalnya, dengan menjadi anggota UKM, kamu akan terlibat dalam berbagai kegiatan yang memerlukan interaksi dan komunikasi dengan sesama anggota tim serta pihak-pihak tertentu. Sehingga membantu meningkatkan keterampilan komunikasimu.

6. Mengasah Jiwa Kepemimpinan 

Saat bergabung menjadi anggota UKM, kamu mungkin akan mendapatkan tanggung jawab dalam mengelola kegiatan, memimpin tim, dan mengambil keputusan.

Semua ini dapat mengasah jiwa kepemimpinan kamu, yang sangat berguna untuk pengembangan diri dan persiapan untuk tantangan pekerjaan di masa depan.

Contoh UKM di Kampus

Di beberapa kampus, UKM biasanya terbagi menjadi beberapa bidang. Masing-masing bidang UKM tersebut antara lain:

1. UKM Bidang Olahraga

Salah satu bidang UKM yang populer adalah UKM Bidang Olahraga. Beberapa contoh UKM bidang olahraga yang umumnya ada di kampus yaitu UKM Sepakbola, UKM Bulutangkis, UKM Tenis, UKM Renang, dan UKM Basket. =

Anggota-anggota UKM ini tidak hanya berlatih secara rutin, tetapi juga aktif mengikuti turnamen-turnamen yang diadakan baik di tingkat kampus maupun antar-kampus.

2. UKM Bidang Seni

Sementara itu, pada bidang seni, terdapat beberapa contoh UKM seperti UKM Tari, UKM Paduan Suara, UKM Seni Teater, UKM Seni Musik, dan UKM Seni Tradisional. =

Anggota UKM ini biasanya aktif dalam kegiatan latihan intensif, persiapan pertunjukan, dan berpartisipasi dalam acara seni yang diadakan di lingkungan kampus.

3. UKM Bidang Penalaran

Di bidang penalaran, mahasiswa dapat bergabung dengan UKM Jurnalistik, UKM Penelitian, UKM Bahasa Asing, dan UKM Radio. Kegiatan seperti pelatihan penulisan, penyusunan artikel, serta melibatkan diri dalam kegiatan jurnalistik menjadi ciri khas dari UKM-UKM ini.

4. UKM Bidang Kesejahteraan

Bagi mahasiswa yang peduli pada kesejahteraan, beberapa contoh UKM bidang kesejahteraan yaitu PMI (Palang Merah Indonesia) dan unit-unit yang berhubungan dengan bidang kerohanian.

Anggota UKM ini biasanya melakukan kegiatan sosial, donor darah, serta berbagai program kemanusiaan untuk memberikan dampak positif pada masyarakat.

5. UKM Bidang Kewirausahaan

Sementara itu, untuk mahasiswa yang tertarik pada kewirausahaan, UKM bidang kewirausahaan seperti Kopma (Koperasi Mahasiswa) menawarkan pelatihan kewirausahaan, seminar bisnis, dan pengelolaan usaha kecil.

Anggota UKM ini memiliki kesempatan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan berwirausaha yang dapat diterapkan dalam dunia bisnis.

Nah, itulah beberapa contoh UKM di kampus yang menawarkan beragam pengalaman dan peluang bagi kamu untuk mengembangkan diri.

Mulai dari bidang olahraga hingga kewirausahaan, setiap UKM memiliki manfaat yang berbeda. Bagaimana denganmu? Yuk, bagikan pengalamanmu di kolom komentar. Apa aja nih UKM yang sedang kamu ikuti sekarang?

Kalau belum ikut UKM, kamu juga bisa menimang-nimang beberapa organisasi mahasiwa ini siapa tau cocok kan.

Baca juga: