8 Divisi Dalam Organisasi Mahasiswa: Tugas & Peran

Divisi Dalam Organisasi Mahasiswa

Divisi dalam organisasi mahasiswa setiap perguruan tinggi memiliki beragam pilihan. Jadi buat kamu yang sebentar lagi mau masuk kuliah, dan ingin menjadi mahasiswa yang aktif. Kamu bisa mengikuti beberapa organisasi mahasiswa. Tentunya kamu bisa memilih organisasi mahasiswa yang sesuai dengan passion kamu. 

Pastikan kamu memilih organisasi mahasiswa yang benar-benar sesuai dengan kesenangan kamu. Mengingat banyak divisi dalam organisasi mahasiswa, kamu pasti bingung menentukan pilihan bukan? Belum lagi ruang lingkup masing-masing divisi bergerak dalam hal apa.

Berikut beberapa divisi dalam organisasi mahasiswa beserta tugas dan proker.

1. Divisi Media Dan Komunikasi

Ketika kamu memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, maka organisasi kampus yang bisa kamu pilih adalah mengikuti organisasi mahasiswa divisi media dan komunikasi. Secara garis besar, jobdesk yang akan kamu kerjakan adalah kamu akan belajar bagaimana membuat rencana, bagaimana cara mengkoordinasi, mengendalikan kegiatan dibidang informasi dan komunikasi dan pelaksanaan yang baik itu seperti apa.

Sementara untuk cakupan kerja pun luas.  Terutama buat kamu yang suka banget main media social, kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana. Adapun tanggung jawab yang akan kamu lakukan adalah mengelola media sosial, mencari media partner relawan untuk meningkatkan publikasi di portal online ataupun media lain.

Tidak berhenti sampai disitu, ruang lingkup kerja di organisasi ini kamu juga akan dituntut untuk membuat desain perihal poster, menjalin komunikasi dengan relasi lindungi hutan dan masih banyak lagi.

Tidak hanya yang disebutkan di atas. Akan ada banyak hal baru yang akan kamu pelajari dan akan kamu praktekan, yang tidak jauh berbeda dari dunia informasi dan komunikasi.

Tentu ini akan menjadi pengalaman menarik dan menantang. Dimana pengalaman ini dapat dijadikan sebagai pengalaman yang berharga untuk bekal di masa yang akan datang.

2. Divisi Relasi/Humas

Divisi relasi dan humas salah satu divisi yang bisa kamu ikuti. Khususnya buat kamu yang memang memiliki ketertarikan dan impian ingin menjadi seorang hrd, bagian personalia atau bagian kehumasan. Program kerja bagian divisi humas ini sebenarnya ada banyak cabangnya. 

Ada yang program kerjanya mengurus hubungan internal, yang meliputi membuat acara atau event dan membuat program untuk anggota organisasi. Selain mengurus masalah hubungan internal, program kerja divisi humas juga bisa mengupas masalah hubungan eksternal. 

Bentuknya dari hubungan eksternal ini pun beragam, ada yang programnya menjalin hubungan relasi atau bekerjasama dengan pihak-pihak lain. Termasuk pula mengelola media sosial, baik itu mengelola website, instagram dan masih banyak platform media sosial lain yang berkaitan dengan masalah kehumasan.

3. Divisi Penelitian Dan Akademik

Atau kamu salah satu orang yang memiliki ketertarikan di bidang penelitian? Dan senang dengan segala bentuk kompetitif di dunia Pendidikan? Jika iya, maka divisi penelitian dan akademik adalah organisasi mahasiswa yang pas buat kamu. Karena di sini kamu tidak hanya akan melakukan penelitian saja.

Akan tetapi, hal ini juga akan mengembangkan ilmu pengetahuan tentang cabang ilmu tertentu (sesuai ilmu yang kamu pilih). 

Tidak berhenti pada aktivitas penelitian, tetapi kamu bisa pula melakukan kunjungan industri untuk belajar dan menambah wawasan baru, ataupun mempelajari cabang ilmu lain yang sifatnya lebih menantang.

Pada dasarnya, proker divisi penelitian dan akademik akan mengajak kamu tidak sekedar melakukan penelitian, tetapi juga meliputi aktivitas observasi, melakukan kegiatan pengembangan dan masih banyak lagi. Dimana fungsi dari aktivitas tersebut tidak lain untuk meningkatkan kemampuan skill mahasiswa, untuk terjun di lapangan.

4. Divisi Pengabdian Masyarakat

Sementara buat kamu yang memiliki ketertarikan terhadap dunia sosial,  maka divisi organisasi mahasiswa yang kamu pilih bisa mengambil divisi pengabdian masyarakat. Ketika berbicara tugas dan program kerja pengabdian masyarakat, tentunya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan.

Salah satunya adalah membuat program. Bentuk program bisa kamu ciptakan sesuai dengan permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Misalnya untuk konteks mahasiswa, maka program ini bisa diwujudkan dalam program kuliah Kerja Nyata atau KKN. Dimana mahasiswa terjun langsung ke lapangan langsung dengan masyarakat.

Baca juga: 9 Pertanyaan Wawancara Organisasi Kampus

5. Divisi Dana Dan Usaha/Kewirausahaan

Suka dengan dunia dagang, dan punya bakat di dunia marketing? Namun yang cakupannya tidak jauh-jauh dari event kegiatan kampus dan semacamnya. Maka kamu bisa ambil organisasi ini. Program kerja yang akan kamu hadapi adalah menjual merchandise atau aktivitas berjualan. Seperti berjualan pulsa, memiliki program kantin kejujuran atau memiliki koperasi fotocopy. 

Di luar dari aktivitas menjual merchandise, kamu juga memiliki proker yang tidak kalah penting, seperti membuat struktur organisasi kabinet, pengadaan dan revitalisasi barang himpunan, inventaris barang himpunan dan masih banyak program kerja lain yang tidak tersebut satu-satu.

Apabila di organisasi kampus memiliki barang yang sekiranya laku untuk disewakan, maka kamulah yang akan mengurus masalah penyewaan barang ataupun penyewaan ruang sekretariat. 

Atau kamu suka dengan event seperti webinar, maka divisi dana dan usaha ini juga termasuk mengurusi masalah webinar kewirausahaan. Tentu program kerja yang disebutkan di atas hanya sebagian dari sekian banyak. Biasanya, setiap perguruan tinggi juga memiliki programnya sendiri-sendiri

6. Divisi Pengkaderan atau PSDM

Adapun divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) yaitu bidang yang fokus meningkatkan potensi, bakat dan kualitas mahasiswa melalui banyak cara pengembangan.

Misalnya melalui kegiatan pelatihan, seminar, forum diskusi, pembinaan dan masih banyak lagi. Seringkali di divisisi ini terbagi ke dalam dua divisi yang meliputi divisi kemahasiswaan dan divisi kaderisasi. 

Adapun program kerja ketika kamu mengikuti organisasi kemahasiswaan ini, salah satunya adalah membuat program i-forum. Jadi I-forum ini adalah program diskusi yang mengangkat topik atau isu-isu yang sedang terjadi.

Tidak berhenti sampai disitu, ada juga training recruitment, yaitu program kegiatan pelatihan kepada calon penerus organisasi. J

adi semacam transformasi ilmu, pengalaman dan konsep. Tentu saja ada banyak proker lain seperti Leadership training (LT), ientrosession atau kegiatan pendataan/pengenalan awal bagi calon anggota, LKMM-Pra dasar (pelatihan keterampilan manajemen mahasiswa dan masih banyak lagi.

7. Divisi Olahraga Dan Seni

Sementara buat kamu yang memiliki keterampilan dan keunggulan di bidang olahraga dan seni, maka organisasi kampus ini wajib kamu ikuti. Karena kamu tidak sekedar mendapatkan pengalaman dalam membuat event seputar olahraga dan seni saja. Tetapi juga bisa mengikuti ajang kejuaraan yang melatih skill dan bakat kamu. 

Divisi olahraga dan seni adalah wadah yang memberikan kesan baru dan menarik buat kamu. Misalnya, di organisasi kamu mendapatkan keluarga baru, teman baru, dan masih banyak hal. Lantas apa saja sih program kerja dari divisi olahraga dan seni? Sudah pasti ada banyak hal yang akan akan menjadi pengalaman menarik buat kamu.

Misalnya di departemen olahraga, program kerja yang akan kamu lakukan diantaranya mengurus fun games, yaitu sebuah aktivitas olahraga yang dikemas refreshing dan tetap menonjolkan sisi kekeluargaan. 

Tidak hanya berhenti sampai di situ, di organisasi ini, kamu memiliki tempat untuk eksplore potensi dan bakat kamu di bidang olahraga. Sehingga kamu bisa tetap latihan rutin olahraga. Termasuk juga delegasi atlet,porpeteka dan masih banyak lagi. 

Sementara di departemen seni, di divisi ini juga memberikan wadah dan ruang buat kamu untuk latihan seni, dan ada pula pojok seni. Pojok seni adalah publikasi baik yang berupa infografis, berita, rekomendasi ataupun review. Adapun program kerja yang tidak kalah seru lain, misalnya pentas seni, perayaan hari raya, delegasi seniman dan masih banyak lagi.

8. Divisi Kerohanian

Jika kamu tipe mahasiswa yang religius, kamu bisa masuk di divisi kerohanian. Di sini kamu tidak sekedar mempelajari tentang seputar keagamaan. Tetapi kamu juga memiliki program kerja seperti mengadakan kajian bulanan, merancang event muktamar, merawat mushola/masjid/surau di kampus dan membuat program menarik selama bulan-bulan ramadhan. 

Sementara buat yang non muslim, juga memiliki kegiatan yang sama, yaitu membuat event-event kerohanian, misalnya saat perayaan natal, kebaktian, nyepi dan event agama lain. Ketika kamu hendak lulus, biasanya akan ada transformasi dalam rang pergantian kepengurusan untuk estafet kepengurusan organisasi kerohanian. 

Itulah beberapa divisi dalam organisasi mahasiswa yang sebenarnya bisa kamu manfaatkan dan maksimalkan Ketika kuliah. Jadi, kuliah tidak sekedar digunakan untuk menuntut ilmu. Tetapi juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan bakat dan potensi non akademik.

Selain itu, sebelum bergabung kamu juga harus tau tentang apa saja dampak negatif aktif organsasi. Hal ini jarang banget dibahas. Coba cek disini dan kelola dampak negatif ini ya. Selengkapnya di Dampak negatif bergabung organisasi mahasiswa.

Semoga dari beberapa uraian di atas, kamu memiliki gambaran akan masuk ke divisi organisasi mahasiswa yang mana, yang sesuai dengan potensi bakat kamu. (Irukawa Elisa)

Baca juga: