Email Mahasiswa: Pengertian, Cara Mendapatkan dan Manfaat

Email Mahasiswa

Apakah kamu pernah melihat email seseorang yang menggunakan domain dari kampus tertentu, seperti ‘@mail.ugm.ac.id’ bagi setiap mahasiswa Universitas Gadjah Mada? Yaps, contoh tersebut merupakan email mahasiswa yang biasanya dimiliki oleh setiap peserta didik yang berkuliah di perguruan tinggi tertentu.

Email memang menjadi salah satu sarana komunikasi yang masih eksis digunakan hingga saat ini. Apalagi, email seringkali digunakan sebagai pengganti surat fisik untuk mengirimkan dokumen-dokumen yang bersifat resmi.

Selain itu, email bisa menjadi identitas bagi diri seseorang. Oleh sebab itu, pemilihan nama email yang tepat akan berpengaruh terhadap pandangan orang lain terhadap dirimu.

Meskipun berbeda dengan domain pada umumnya, email kampus sebenarnya tidak digunakan hanya untuk keren-kerenan saja. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika bisa memanfaatkan email dari kampus dengan maksimal.

Sebelum mengetahui berbagai manfaat dari email mahasiswa ini, yuk, ketahui terlebih dahulu pengertian dan cara mendapatkannya.

Apa itu Email Mahasiswa?

Email mahasiswa merupakan salah satu fasilitas yang bisa dinikmati oleh setiap peserta didik di sebuah perguruan tinggi. Tidak hanya bagi mahasiswa, fasilitas ini biasanya juga bisa digunakan oleh civitas akademik lain, seperti dosen maupun tenaga pendidik lainnya.

Ciri utama yang membedakan email dari kampus dengan akun lainnya terletak pada domain yang digunakan. Jika biasanya domain yang paling sering ditemukan adalah ‘@gmail.com’ atau “@yahoo.com’, email kampus menggunakan inisial dari perguruan tingginya seperti yang sudah dicontohkan di awal artikel.

Email ini bisa menjadi identitas dan bukti bahwa kamu memang terdaftar sebagai mahasiswa di sebuah kampus. Akan tetapi, masih ada beberapa mahasiswa yang mungkin belum tahu cara untuk mendapatkan email khusus ini.

Cara Mendapatkan Email Mahasiswa

Syarat utama untuk mendapatkan email kampus tentunya pastikan dirimu sudah terdaftar sebagai mahasiswa di sebuah perguruan tinggi. Sebab, tidak setiap orang bisa mendapatkan email tersebut secara bebas.

Kamu bisa melihat persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan email mahasiswa ini di website kampusmu. Terkadang, setiap kampus memiliki persyaratan yang berbeda-beda bagi setiap kampusnya untuk membuat email kampus.

Salah satu contoh membuat email kampus bisa didapatkan bagi kamu yang menjadi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dikutip dari laman resmi UMY, setidaknya terdapat tahapan yang bisa dilakukan, khususnya bagi mahasiswa baru untuk mendapatkan email ini.

Tahapan tersebut di antaranya mengakses laman webmail.umy.ac.id, mengikuti prosedur pendaftaran, hingga aktivasi email yang sudah didaftarkan. Jika sudah melewati tahapan tersebut, kamu bisa langsung mendapatkan manfaat dari penggunaan email kampus.

Baca juga: 7 Aplikasi Produktif untuk Mahasiswa

Manfaat Email Kampus bagi Mahasiswa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan email kampus secara maksimal. Manfaat-manfaat ini belum tentu bisa kamu rasakan jika hanya menggunakan email dengan domain biasa.

Berikut 8 manfaat email kampus yang bisa dirasakan oleh setiap mahasiswa versi Duniakampus.id.

1. Penyimpanan Google Drive Lebih Besar

Google Drive menjadi salah satu aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh setiap mahasiswa sebagai media penyimpanan cadangan. Jika suatu waktu hal yang tidak diinginkan terjadi terhadap laptop maupun penyimpanan fisikmu, data yang sudah disimpan di Google Drive bisa selamat dan tidak ikut hilang begitu saja.

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan email kampus adalah penyimpanan Google Drive yang lebih besar. Jika biasanya penyimpanan dengan akun biasa hanya sebesar 15 GB, kamu akan mendapatkan akses yang lebih besar hingga 100 GB dengan menggunakan email dari kampus.

Semakin besar akses penyimpanan akan mempermudahmu dalam menyimpan file yang dibutuhkan untuk perkuliahan. Jadi sudah perlu lagi memilah-milah file apa saja yang penting untuk disimpan agar penyimpanannya cukup dan tersedia.

2. Akses Jurnal Internasional yang Dilanggan oleh Kampus

Dalam membuat tugas kamu tentu membutuhkan banyak referensi, mulai dari buku hingga artikel-artikel jurnal. Akan tetapi, seringkali akses jurnal yang terbatas menghalangimu untuk mendapatkan sumber yang lebih lengkap.

Email kampus bisa kamu gunakan untuk mengatasi hal tersebut. Beberapa kampus biasanya sudah berlangganan berbagai macam jurnal internasional dari berbagai macam disiplin ilmu.

Dengan menggunakan email kampus, kamu bisa mengakses jurnal tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan.

3. Cek Turnitin

Plagiarisme merupakan dosa terbesar dalam dunia akademik. Kamu tentu tidak ingin riset yang sudah susah payah dibuat dijiplak begitu saja oleh orang lain.

Meskipun demikian, terkadang mahasiswa tanpa sadar membuat tulisan dengan angka plagiarisme cukup tinggi. Oleh karena itu, penting untuk mengecek tulisanmu terlebih dahulu agar mengetahui angka plagiarisme dari tugas yang dibuat.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk hal ini adalah Turnitin. Biasanya akses Turnitin dilakukan dari pihak luar dan berbayar. Dengan menggunakan email kampus, kamu bisa mengakses aplikasi tersebut secara cuma-cuma.

4. Harga Langganan Aplikasi Berbayar yang Lebih Murah

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan email yang diberikan oleh kampus adalah langganan aplikasi berbayar, seperti Canva, Spotify, Vidio, dan YouTube dengan nominal yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga biasanya.

Misalnya ketika ingin berlangganan Spotify dengan menggunakan akun email mahasiswamu, kamu akan mendapatkan potongan hingga 50 persen untuk langganan premium selama satu tahun. Cocok lah, untuk kantong mahasiswa ya.

5. Akses Google dan Zoom Meeting Gratis

Fitur Google Meet dan Zoom Meeting menjadi aplikasi yang sering digunakan setelah dunia terdampak pandemi Covid 19 beberapa tahun belakangan. Aplikasi ini memungkinkan orang-orang untuk saling bertatap muka dari berbagai macam tempat.

Meskipun demikian, kamu memerlukan akses premium untuk mendapatkan fitur aplikasi dengan maksimal. Jika tidak, pertemuan yang kamu adakan biasanya akan terselenggara dalam waktu yang terbatas.

Dengan menggunakan email kampus, kamu bisa mengakses aplikasi ini secara keseluruhan. Kamu hanya perlu mendaftarkan email dari kampus untuk akun di setiap aplikasi tersebut dan bisa menggunakan seluruh fitur yang ada.

6. Lisensi Resmi Microsoft Secara Cuma-cuma

Kamu juga bisa mendapatkan lisensi Microsoft secara gratis dengan memanfaatkan email dari kampus. Biasanya kamu harus merogoh kocek hampir Rp 1 juta setiap tahunnya untuk akses premium dari aplikasi ini.

Agar bisa mendapatkan lisensi ini, kamu bisa mendaftarkan email kampusmu sebagai akun yang digunakan untuk Microsoft di device-mu. Setelah itu kamu bisa langsung menikmati akses yang tersedia di aplikasi tersebut dengan bebas.

7. Koneksi Internet Kampus

Internet sudah menjadi kebutuhan dasar setiap orang pada saat ini. Bagi mahasiswa, kebutuhan internet tentunya memakan biaya tambahan untuk mengakses hal tersebut.

Salah satu solusi dari hal ini adalah dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh kampus, yaitu internet gratis yang bisa diakses. Beberapa kampus biasanya menggunakan email yang diberikan sebagai password untuk mengakses fasilitas internet yang sudah disediakan.

8. Daftar Magang Lebih Kredibel

Penggunaan email dari kampus sebagai identitas diri bisa menjadi nilai tambah ketika kamu ingin mendaftar magang di sebuah perusahaan. Bisa jadi hal ini akan menjadi pembeda dirimu dengan yang lainnya dan menjadi nilai tambah agar bisa lulus di tempat magang yang diinginkan.

Sudah paham dengan penjelasan tentang email mahasiswa dan berbagai manfaatnya bukan? Kamu bisa mendapatkan informasi lainnya seputar dunia kampus dengan membaca artikel lain di Duniakampus.id.

Artikel sebelumnya: 7 Contoh Prestasi Akademik Mahasiswa

Baca juga: