7 Aplikasi Produktif untuk Mahasiswa

aplikasi produktif untuk mahasiswa

Kamu mahasiswa yang ingin terus produktif tapi bingung bagaimana memulainya? 7 aplikasi produktif untuk mahasiswa ini mungkin bisa jadi jawabannya.

7 aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menjadi lebih produktif dan bisa mengasah kemampuan-kemampuan baru untuk dikuasai. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa membantu kamu untuk semakin mudah menghadapi perkuliahan yang sedang dijalani.

Kira-kira apa saja aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk lebih produktif sebagai seorang mahasiswa?

Aplikasi Produktif untuk Mahasiswa

Berikut 7 aplikasi yang bisa membantumu menjadi mahasiswa yang produktif.

1. Notion

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas adalah Notion. Aplikasi ini menjadi platform all in one yang memungkinkan orang-orang untuk saling mengatur, mengelola, hingga berkolaborasi dalam sebuah project sebagai tim.

Dilansir dari laman resminya, Notion yang didirikan pada 2016 oleh Alan Kay bersama teman-temannya ini muncul dari keresahan seputar dunia kerja yang mengharuskan seseorang membuka banyak tab di browser untuk aplikasi yang berbeda-beda, seperti email, docs, dan sejenisnya.

Oleh sebab itu, dibentuklah Notion yang memungkinkan semua aplikasi tersebut dirangkum dalam satu fitur saja, sehingga lebih fleksibel untuk digunakan.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Notion untuk banyak hal, seperti membuat catatan, pengarsipan, dan database. Selain itu, kamu juga bisa mengerjakan tugas kelompok lebih mudah dengan menggunakan aplikasi ini, sebab terdapat fitur proyek dan tugas yang bisa diakses oleh setiap anggota tim.

2. Google Drive

Siapa yang masih suka deg-degan ketika laptop tiba-tiba error dan tidak bisa digunakan? Sebagai seorang mahasiswa, hal pertama yang mungkin saja menjadi beban pikiran tentu tugas-tugas kuliah yang susah payah dikerjakan tapi tidak bisa diakses lagi karena tidak ada penyimpanan cadangan.

Nah, aplikasi Google Drive bisa menjadi salah satu alternatif jawaban dari masalah tersebut. Seperti namanya, aplikasi besutan Google ini memungkinkan setiap orang untuk menyimpan file-file yang dianggap penting secara online.

File yang bisa kamu simpan di Google Drive juga beragam, mulai dari dokumen, foto, hingga video. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan penyimpanan sebesar 15 GB secara cuma-cuma dengan syarat hanya memiliki email Google saja.

Menyimpan file penting di Google Drive juga memungkinkanmu untuk mengakses dari device apa saja. 

Jadi, meskipun laptopmu rusak, kamu masih bisa mengakses file tersebut di device lainnya, seperti smartphone, dengan mengakses akun Google Drive pribadimu saja. Jauh lebih aman bukan?

3. Google Docs dan Spreadsheet

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas adalah Google Docs dan Spreadsheet. Dua aplikasi ini bisa diibaratkan sebagai versi online dari Word dan Excel yang biasanya sudah langsung terinstal di laptop masing-masing.

Fitur yang dimiliki oleh Google Docs dan Spreadsheet tidak jauh berbeda dengan Word dan Excel. Kelebihan dari dua aplikasi ini adalah akses file yang bisa dilakukan dari device manapun.

Google Docs dan Spreadsheet juga akan otomatis menyimpan progres yang sudah kamu kerjakan ketika menggunakan dua aplikasi ini. Jadi meskipun laptopmu tiba-tiba mati, progres yang sudah kamu kerjakan tidak akan hilang begitu saja.

Keunggulan lain dari dua aplikasi ini adalah kemungkinan banyak orang untuk mengerjakan satu file secara bersama-sama. Hal ini akan memudahkanmu ketika mengerjakan tugas kuliah secara berkelompok, dengan syarat teman-temanmu memiliki link untuk mengakses file tersebut.

4. Trello

Aplikasi Trello bisa kamu gunakan untuk mempermudah dalam mengerjakan sebuah tugas kuliah yang dikerjakan secara berkelompok. Aplikasi ini memungkinkan sebuah kelompok untuk mengerjakan tugas lebih rapi dan teratur.

Dengan menggunakan Trello, kamu bisa mengatur tanggung jawab dan tugas apa saja yang mesti dilakukan oleh setiap anggota kelompok. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui sejauh mana progres dari hasil kerja setiap anggota kelompok, sehingga bisa memperlancar alur kerja dalam mengerjakan sebuah tugas.

Kamu bisa mengakses aplikasi Trello dari berbagai macam device berbeda, seperti laptop (Mac dan Windows) dan smartphone (Android dan iOS).

5. Grammarly

Aplikasi Grammarly bisa menjadi jawaban bagi kamu yang masih sering typo ketika mengerjakan tugas kuliah. Aplikasi ini akan memeriksa hasil tulisan, khususnya dalam Bahasa Inggris agar menggunakan ejaan dan grammar yang benar.

Tidak hanya sekedar mengecek tulisanmu saja, Grammarly juga akan memberikan saran beberapa kata alternatif yang bisa kamu gunakan agar tulisan yang dihasilkan tidak monoton dan lebih bervariasi.

Selain itu, pada saat ini Grammarly juga sudah dilengkapi fitur Artificial Intelligence atau AI yang semakin mempermudahmu ketika membuat sebuah tulisan.

6. Khan Academy

Kamu bisa menggunakan aplikasi Khan Academy untuk menambah ilmu dan wawasan yang dimiliki. Platform yang didirikan oleh Sal Khan pada 2006 lalu ini menjadi wadah bagi setiap orang untuk belajar berbagai bidang ilmu lewat video pembelajaran yang bisa diakses secara luas.

Beberapa bidang yang bisa kamu pelajari dengan mengakses Khan Academy di antaranya matematika, sejarah, sains, seni, ilmu komputer, ekonomi, dan kewirausahaan. Selain itu, para pengajar yang ada di Khan Academy juga sangat kompeten, sehingga ilmu yang didapatkan bisa terjamin kualitasnya.

7. Duolingo

Aplikasi Duolingo bisa menjadi jawaban bagi kamu yang ingin belajar bahasa asing tapi tidak memiliki keterbatasan untuk mengikuti kursus. Penguasaan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris, memang menjadi hal yang wajib dimiliki mahasiswa pada saat ini, seperti ketika membaca jurnal untuk keperluan tugas kuliah.

Duolingo memungkinkanmu untuk belajar Bahasa Inggris bahkan dari level basic sekalipun. Selain itu, pembelajaran bahasa dalam aplikasi ini cukup interaktif dan mengasah berbagai kemampuanmu, seperti reading, writing, hingga listening.

Kamu juga bisa belajar bahasa asing lainnya, seperti Jepang, Korea, dan Spanyol. Jadi kamu bisa belajar sekaligus mengasah kemampuan bahasa asingmu dari mana saja dengan memanfaatkan aplikasi ini.
Bagaimana, sudah tidak bingung lagi untuk bisa lebih produktif bukan?

Yuk, langsung coba aplikasi-aplikasi tersebut agar kamu semakin mudah dalam menjalani perkuliahan dan baca artikel terkait berikut.

Referensi artikel ini.

  • https://www.domainesia.com/berita/notion-adalah/ 
  • https://www.notion.so/about 
  • https://glints.com/id/lowongan/trello-adalah/ 
  • https://www.grammarly.com/
  • https://kipmi.or.id/mengenal-khan-academy.html
Baca juga: