Himpunan Mahasiswa: Tujuan, Tugas, dan Contoh Program Kerja

Kegiatan dalam Himpunan Mahasiswa

Ketika kamu memasuki dunia perkuliahan, tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak organisasi yang dapat kamu ikuti. Salah satu yang cukup menonjol adalah Himpunan Mahasiswa. 

Jadi, apa sih sebenarnya Himpunan Mahasiswa itu? Apa tujuan, tugas-tugas, contoh program kerja, dan alasan yang membuat banyak mahasiswa memutuskan bergabung ke dalam organisasi ini? Simak penjelasan berikut ini ya!

Apa Itu Himpunan Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa atau yang sering disingkat sebagai HIMA adalah salah satu organisasi mahasiswa di tingkat jurusan. HIMA termasuk ke dalam organisasi intra kampus dan merupakan pilihan ekstra kurikuler untuk setiap mahasiswa. Organisasi ini hadir dengan prinsip dari, oleh, dan untuk mahasiswa.

HIMA dapat menjadi wadah bagi kamu dan anggota lainnya untuk mengembangkan pola pikir, kepribadian, dan potensi yang dimiliki dalam bidang ilmu tertentu. Tujuannya adalah agar setelah lulus dari perguruan tinggi, kamu siap untuk terjun langsung ke masyarakat.

Secara umum, ada dua jenis Himpunan Mahasiswa, yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS). Keduanya berada di tingkat fakultas dan berada di bawah koordinasi dari Senat Mahasiswa atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) fakultas. Oleh karena itu, semua kegiatan yang diadakan oleh HMJ atau HMPS harus terkait dengan program-program yang ada pada Senat Mahasiswa.

Lantas, apa tujuan di balik keberadaan Himpunan Mahasiswa?

Tujuan Adanya Himpunan Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa memiliki sejumlah tujuan yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

1. Mempersatukan Mahasiswa

Salah satu tujuan utama Himpunan Mahasiswa adalah mempersatukan mahasiswa. Organisasi ini tak hanya sekadar ekstrakurikuler kampus, melainkan memiliki misi untuk menyatukan seluruh mahasiswa. Di Indonesia, yang memiliki keberagaman pandangan terhadap kebudayaan, kebiasaan, dan sikap, Himpunan Mahasiswa diharapkan mampu menjadikan keberagaman sebagai kekuatan, tanpa membeda-bedakan atau memecah-belah. Melalui Himpunan Mahasiswa, kamu dapat bertemu dengan mahasiswa dari berbagai daerah untuk mengadakan pertemuan.

2. Menampung Aspirasi Mahasiswa

Tujuan lain Himpunan Mahasiswa adalah menampung aspirasi mahasiswa. Di Himpunan Mahasiswa, kamu dapat dengan leluasa menyampaikan berbagai pendapat dan kritikan. Bagi yang sulit menyampaikan pendapat, bergabung di Himpunan Mahasiswa membantu belajar untuk menyuarakan pendapat dan mengungkapkan aspirasi.

4. Menjadi Tempat Penyaluran Bakat

Himpunan Mahasiswa juga bertujuan sebagai tempat untuk menyalurkan bakat. Misalnya, jika kamu memiliki minat dalam organisasi, di Himpunan Mahasiswa bisa menyalurkan bakat tersebut. Jika memiliki keterampilan khusus, bergabung dengan departemen yang sesuai dan membentuk komunitas dapat membantu mengajarkan dan membagikan pengetahuan kepada mahasiswa lain.

5. Menjalankan Pedoman Program Kerja

Himpunan Mahasiswa dapat digunakan untuk menjalankan pedoman program kerja, yang menjadi tanggung jawab pengurus inti dan anggota himpunan. Bergabung di sini memberikan pembelajaran tentang pengelolaan organisasi dan tanggung jawab terhadap tugas masing-masing.

6. Menjaga Eksistensi Jurusan 

Salah satu tujuan penting Himpunan Mahasiswa adalah menjaga eksistensi jurusan. Himpunan ini menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar. Keberagaman prestasi dan popularitas Himpunan Mahasiswa menjadi alasan banyak mahasiswa baru tertarik masuk ke program studi tersebut.

7. Memperkuat Hubungan Antar Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa juga memiliki tujuan untuk membangun hubungan yang baik antara mahasiswa baru dan lama dalam satu program studi. Bagi mahasiswa baru, bergabung dengan Himpunan Mahasiswa akan membantu mereka diterima oleh mahasiswa lama, mempelajari banyak hal, dan membentuk relasi yang positif dalam lingkungan Himpunan Mahasiswa.

Lalu, apa saja tugas Himpunan Mahasiswa itu?

Tugas Himpunan Mahasiswa

Beberapa tugas Himpunan Mahasiswa yang perlu kamu ketahui yaitu:

  • Mengorganisir kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kurikulum jurusan.
  • Memberikan dukungan kepada mahasiswa yang mengalami masalah akademis dan mahasiswa pada umumnya.
  • Menampung aspirasi dari mahasiswa.
  • Memimpin, mengkoordinasikan, dan mengawasi pelaksanaan seluruh kegiatan.
  • Mengoptimalkan peran ketua bidang untuk mencapai efisiensi dan efektivitas organisasi.
  • Mendukung pengembangan minat, bakat, dan karir mahasiswa.

Nah, itu tadi beberapa tugas Himpunan Mahasiswa. Sekarang, yuk lihat beberapa contoh program kerja yang sering dijalankan oleh Himpunan Mahasiswa.

Contoh Program Kerja Himpunan Mahasiswa

Program Kerja Himpunan Mahasiswa
Program Kerja Himpunan Mahasiswa

Beberapa contoh program kerja Himpunan Mahasiswa di antaranya sebagai berikut.

1. Bakti Sosial

Salah satu contoh program kerja yang sering diadakan Himpunan Mahasiswa adalah bakti sosial, di mana mahasiswa bersatu untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan terbentuk nilai-nilai kepedulian sosial dan solidaritas di antara anggota himpunan.

2. Kuliah Umum

Selanjutnya adalah kuliah umum. Kuliah umum menjadi wadah untuk membuka pengetahuan mahasiswa di luar ranah akademis. Dengan menghadirkan pembicara dari berbagai bidang, program ini bertujuan memberikan perspektif baru dan memperkaya intelektualitas mahasiswa.

3. Kejuaraan Olahraga 

Kegiatan kejuaraan olahraga dapat menciptakan semangat kompetisi dan kebersamaan antar-mahasiswa melalui berbagai cabang olahraga, seperti sepak bola, basket, atau voli.

4. Workshop 

Workshop diadakan untuk memberikan mahasiswa pengalaman langsung dalam pengembangan keterampilan. Dengan membahas topik-topik tertentu, program ini memberikan wadah bagi anggota himpunan untuk belajar dan berkolaborasi dalam suasana yang mendukung.

5. Pengenalan Mahasiswa Baru 

Sebagai program penyambutan, kegiatan pengenalan mahasiswa baru dibuat untuk membantu integrasi mahasiswa baru ke dalam lingkungan kampus. Selain itu, program ini bertujuan untuk memastikan bahwa mahasiswa baru merasa diterima dan mendapatkan dukungan.

6. Wadah Aspirasi Mahasiswa 

Wadah aspirasi jurusan dapat menjadi tempat untuk mendengar suara mahasiswa, membahas isu-isu kampus, dan merumuskan solusi bersama.

7. Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) 

Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi kepemimpinan anggota himpunan. Melalui LDK, mahasiswa mendapatkan pelatihan yang membantu mereka tumbuh menjadi pemimpin yang efektif, bertanggung jawab, dan peduli terhadap kepentingan anggota dan kampus secara keseluruhan.

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa banyak mahasiswa yang memilih masuk ke dalam organisasi ini?

Alasan Masuk Organisasi Himpunan Mahasiswa 

Berikut beberapa alasan yang akan memperkuat niatmu untuk meraih pengalaman melalui keanggotaan HIMA.

1. Menambah Pengalaman Baru

Bagi kamu yang memiliki cukup waktu luang, mengikuti Himpunan Mahasiswa memberikan pengalaman baru. Organisasi ini akan membantu kamu bereksperimen dengan berbagai aspek kehidupan, termasuk berinteraksi sosial dan mendalami ilmu sesuai jurusan.

2. Melatih Disiplin Diri

Bergabung dengan Himpunan Mahasiswa juga dapat menjadi pelatihan untuk meningkatkan disiplin diri, terutama dalam manajemen waktu. Dengan berbagai aktivitas organisasi, kamu dapat belajar membagi waktu antara perkuliahan dan kegiatan organisasi.

3. Membangun Relasi

Himpunan Mahasiswa sering menjadi tempat untuk membangun relasi atau jaringan. Relasi ini tidak hanya berdampak pada dunia bisnis, tetapi juga dapat membentuk hubungan baik dengan teman seangkatan, senior, dan junior, yang dapat bermanfaat setelah lulus.

4. Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan

Meningkatkan jiwa kepemimpinan bukanlah hal yang mudah, terutama bagi kaum muda. Mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa dapat menjadi langkah awal untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan.

5. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Jika kamu merasa sulit untuk menyampaikan pendapat, bergabung dengan Himpunan Mahasiswa memberikan peluang untuk belajar cara mengemukakan ide atau pendapat dalam diskusi. Dengan berpartisipasi aktif, kemampuan berkomunikasi kamu akan berkembang secara alami.

6. Melatih Hard Skill dan Soft Skill

Keanggotaan dalam Himpunan Mahasiswa dapat membantu kamu melatih kedua jenis keterampilan, baik hard skill maupun soft skill. Pengalaman berorganisasi ini dapat memberikan kepercayaan diri dan kesiapan menghadapi tantangan di dunia kerja.

Dengan memahami alasan bergabung dengan Himpunan Mahasiswa di atas, jangan ragu lagi ya untuk terlibat aktif dalam organisasi seperti HIMA, karena bukan hanya mendapatkan pengalaman di lingkungan kampus, melainkan juga membuka peluang kariermu di masa depan.

Kalau mau butuh konten lainnya tentang ORMAWA, kamu bisa baca di topik khusus “Organisasi Mahasiswa“.

Baca juga: