Malam Penganugrahan Duta Bahasa DIY 2024

Tarian Pembuka Oleh Finasil Duta Bahasa DIY 2024

Yogyakarta – Balai Bahasa DIY bersama Ikatan Duta Bahasa DIY baru saja mengumumkan Duta Bahasa DIY 2024 yang terpilih setelah melalui serangkaian seleksi ketat.

Berlangsung di Hotel Grand Rohan Yogyakarta pada 14 Juni 2024, Malam Penganugerahan Duta Bahasa DIY 2024 menobatkan Ryan Priatama dan Risqa Rahma Rasendria dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai pemenang utama.

Pemilihan Duta Bahasa DIY 2024 ini bertujuan untuk menjaring generasi muda yang cakap berbahasa Indonesia secara baik dan benar, memiliki kepedulian terhadap bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing strategis.

Para Duta Bahasa terpilih ini nantinya akan mengemban tugas untuk mempromosikan penggunaan bahasa yang baik dan benar di masyarakat.

Kepala Balai Bahasa DIY, Dwi Pratiwi, menyampaikan bahwa program Duta Bahasa DIY telah berjalan sejak tahun 2006. “Duta Bahasa yang kita cari bukan hanya piawai dalam berbahasa, tetapi juga memiliki kepedulian terhadap bahasa daerah dan menguasai bahasa asing strategis,” tuturnya.

Pemenang Juara Umum 1 Hingga 3

Nantinya sepasang Pemenang I Duta Bahasa terpilih akan mewakili DIY ke ajang seleksi Duta Bahasa Nasional yang diselenggarakan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di Jakarta. 

Pemenang kedua ajang ini adalah pasangan Ginanjar Eka Saputra (Universitas Gadjah Mada) dan Nadia Shafiana (Universitas Negeri Yogyakarta).

Kemudian disusul pemenang ketiga adalah Rizky Amanda Putra Hanka (UPN Veteran Yogyakarta) dan Amanda Oktaviolani (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). 

Pemenang Duta Bahasa Kategori Lain

Malam Anugrah Duta Bahasa DIY 2024
Malam Anugrah Duta Bahasa DIY 2024

Selain itu, pemenang atribut Duta Bahasa DIY Favorit 2024 yang didasarkan pada pengumpulan jumlah penyuka pada media sosial diberikan kepada Andika Saputra (Universitas Mercu Buana Yogyakarta), atribut penampilan minat bakat terbaik diberikan kepada Rr. Galih Erna Wibawa (Universita Gadjah Mada), dan atribut peraih hasil terbaik dalam Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dengan skor 734 dan predikat Istimewa diberikan kepada Rima Arvisya Natania Putri (Univeritas Gadjah Mada).

Infografis ringkasan

PEMENANG DUTA BAHASA DIY 2024

Artikel ini merujuk berita dari berita berjudul “Resmi Terpilih Ryan dan Risqa Menjadi Duta Bahasa DIY 2024”, diakses di https://www.rri.co.id/hiburan/762616/resmi-terpilih-ryan-dan-risqa-menjadi-duta-bahasa-diy-2024 pada 20 Juni 2024 pukul 21.50 WIB

Baca juga: