Apa itu MBKM? Tujuan, Manfaat, Program-Program, dan Alur Daftar

Apa itu MBKM

Sebagai mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi di Indonesia, kamu pasti sudah pernah mendengar istilah MBKM. Secara umum, MBKM merupakan program yang dilaksanakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dengan tujuan untuk mendorong mahasiswa dalam menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Apa itu MBKM?

MBKM adalah singkatan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yaitu sebuah inovasi yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang siap menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi yang pesat.

Program MBKM diluncurkan pada akhir Januari 2020 dan sudah diikuti oleh lebih dari 725.000 mahasiswa dari 1.300 perguruan tinggi di Indonesia.

Tujuan MBKM

Adapun tujuan dari MBKM adalah sebagai berikut:

Meningkatkan mutu lulusan perguruan tinggi

Lulusan perguruan tinggi yang berkualitas adalah lulusan yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Melalui program MBKM, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kompetensinya di bidang yang mereka minati, baik di dalam maupun di luar kampus.

Meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja

Dunia kerja terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Melalui program MBKM, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang dunia kerja secara langsung, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk memasuki dunia kerja.

Meningkatkan mobilitas mahasiswa

Mobilitas mahasiswa adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Melalui program MBKM, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar di luar kampus, baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini akan membantu mereka untuk mengembangkan wawasan dan pengalamannya.

Mengembangkan kemandirian mahasiswa

Kemandirian mahasiswa adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi. Melalui program MBKM, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar mengelola diri dan mengambil keputusan sendiri.

Manfaat MBKM bagi Mahasiswa

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengikuti program MBKM, yaitu:

Mendapat pengalaman kerja nyata

Pengalaman kerja nyata adalah salah satu hal yang paling penting untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Melalui program MBKM, kamu dapat mendapatkan pengalaman kerja nyata di dunia industri, dunia pendidikan, atau organisasi sosial.

Meningkatkan soft skills dan hard skills

Program MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan soft skills dan hard skills yang dibutuhkan di dunia kerja. Soft skills, seperti komunikasi, kerja sama, dan kepemimpinan, menjadi semakin penting di dunia kerja yang semakin kompetitif.

Memperluas wawasan dan pengetahuan

Selain itu, program MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan pengetahuan mereka. Mahasiswa dapat belajar tentang berbagai bidang ilmu dan budaya yang baru.

Mengembangkan minat dan bakat

Program MBKM juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka. Dengan begitu, mahasiswa dapat menemukan passion mereka dan mengembangkannya.

Meningkatkan peluang kerja

Mahasiswa yang mengikuti program MBKM memiliki peluang kerja yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang tidak mengikuti program MBKM. Hal ini karena mahasiswa yang mengikuti program MBKM memiliki pengalaman kerja nyata, soft skills dan hard skills yang terampil, serta wawasan dan pengetahuan yang luas.

Program-Program MBKM

Ada delapan program yang tersedia dalam Kampus Merdeka (MBKM), di antarnya:

1. Magang

Magang adalah program yang paling populer dalam Kampus Merdeka (MBKM). Melalui magang, mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman kerja nyata di dunia industri. Mahasiswa dapat belajar tentang keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan di dunia kerja, serta mengembangkan soft skills mereka. 

2. Pertukaran pelajar

Kedua, ada program pertukaran pelajar. Pertukaran pelajar adalah program yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi di luar negeri atau di dalam negeri. Melalui program ini, mahasiswa dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mereka, serta belajar tentang budaya dan bahasa yang baru.

3. Asisten mengajar di satuan pendidikan

Asisten mengajar di satuan pendidikan adalah program yang memungkinkan mahasiswa untuk menjadi asisten guru di sekolah. Melalui program ini, mahasiswa dapat belajar tentang dunia pendidikan, serta mengembangkan soft skills mereka, seperti komunikasi, kerjasama, dan kepemimpinan. 

4. Penelitian atau riset

Kampus Merdeka (MBKM) juga menyediakan program penelitian atau riset yang memungkinkan mahasiswa untuk melakukan penelitian atau riset di laboratorium atau lembaga riset. Melalui program ini, mahasiswa dapat belajar tentang metode penelitian dan pengembangan, serta mengembangkan soft skills mereka, seperti berpikir kritis dan problem solving. 

5. Proyek kemanusiaan

Program lain yang tersedia dalam Kampus Merdeka (MBKM) adalah proyek kemanusiaan yang memungkinkan mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan kemanusiaan. Melalui program ini, mahasiswa dapat mengembangkan soft skills mereka, seperti empati, solidaritas, dan kerja sama. 

6. Kegiatan wirausaha

Berikutnya ada program kegiatan wirausaha yang memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan usahanya. Melalui program ini, mahasiswa dapat belajar tentang dunia wirausaha, serta mengembangkan soft skills mereka, seperti kreativitas, inovasi, dan resiliensi. 

7. Studi atau proyek independen

Studi atau proyek independen adalah salah satu program MBKM yang memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan sebuah proyek berdasarkan topik sosial khusus. Melalui program ini, mahasiswa dapat belajar tentang masalah sosial yang ada di masyarakat, serta mengembangkan soft skills mereka, seperti analisis dan pemecahan masalah. 

8. Membangun Desa (Kuliah Kerja Nyata Tematik)

Terakhir, ada program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengabdi di desa. Melalui KKNT, mahasiswa dapat langsung merasakan kehidupan masyarakat desa, mengidentifikasi potensi desa, dan membantu menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di desa.

Program Program MBKM
Ilustrasi Program Program MBKM/https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program

Alur Mendaftar MBKM

Untuk mengikuti program Kampus Merdeka (MBKM), kamu perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Kunjungi laman Kampus Merdeka di kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.

2. Klik tombol “Masuk ke Akun” di pojok kanan atas.

3. Klik tombol “Daftar”.

4. Pilih peran sebagai “Mahasiswa” dan klik tombol “Selanjutnya”.

5. Isi informasi akun, termasuk alamat email dan kata sandi. Kata sandi harus minimal 8 karakter dan mengandung kombinasi huruf kecil, huruf besar, dan angka. Klik tombol “Selanjutnya”.

6. Masukkan data-data yang diperlukan, yaitu:

  • Nama perguruan tinggi
  • Nama program studi
  • Nomor induk mahasiswa (NIM)
  • Nomor induk kependudukan (NIK)
  • Tanggal lahir

Berikutnya, beri centang pada kotak persetujuan Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi, lalu klik “Selanjutnya”. 

Data yang dimasukkan akan disesuaikan dengan data di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Oleh karena itu, mahasiswa harus terdaftar di PDDIKTI untuk dapat mendaftar akun Kampus Merdeka. Perguruan tinggi dan program studi merupakan pilihan yang harus dipilih dari daftar yang muncul.

7. Periksa apakah data sudah sesuai. Jika sudah, klik tombol “Selanjutnya”. Jika belum, mahasiswa dapat memeriksa data di laman PDDIKTI atau melapor ke administrasi perguruan tinggi.

8. Jika data sudah sesuai, email aktivasi akan dikirim ke alamat email yang telah didaftarkan.

9. Buka pesan dari noreply-kampusmerdeka. Klik tautan yang ada di email untuk mengaktifkan akun.

10. Setelah akun diaktifkan, mahasiswa dapat masuk ke platform Kampus Merdeka.

11. Mahasiswa dapat mengeksplorasi laman Kampus Merdeka lebih lanjut.

Kesimpulan 

Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensinya, meningkatkan soft skills dan hard skills, serta mendapatkan pengalaman kerja nyata.

Jika kamu ingin menjadi lulusan yang unggul dan siap menghadapi tantangan dunia kerja, maka kamu perlu mengikuti program Kampus Merdeka (MBKM).

Baca juga artikel terkait Kegiatan Kampus berikut, siapa tahu kamu perlu.

Baca juga: