Contoh Perkenalan Diri Untuk Beasiswa dan Melamar Kerja

Contoh Perkenalan Diri Untuk Beasiswa

Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya kita sudah biasa dan sering memperkenalkan diri secara nonformal. Namun memperkenalkan diri versi formal kesannya memang berbeda. Terkesan lebih kaku, formal dan sudah pasti terasa lebih gugup. 

Barangkali kamu di sini ada yang sekarang dituntut untuk mempersiapkan diri untuk memperkenalkan diri untuk beberapa keperluan. Misalnya untuk keperluan wawancara kerja dan untuk daftar beasiswa? Nah buat kamu yang penasaran, berikut contoh perkenalan diri yang dapat dijadikan sebagai inspirasi.

Contoh Perkenalan Diri Untuk Wawancara Kerja

Buat kamu yang sekarang sedang mencari kerja, dan ingin menikmati uang dari hasil kerja keras sendiri? Nah, mulai saat ini kamu harus mempersiapkan diri dan berlatih di depan cermin memperkenalkan diri, agar Ketika wawancara kerja tidak gugup. Berikut hanyalah contoh perkenalan diri untuk wawancara kerja. 

Contoh:

Assalamualaikum wr. Wb. Selamat pagi 

Perkenalkan nama saya mesi rudi abdullah, yang familiar di sapa dengan mesi. 

Saya anak pertama dari tiga bersaudara. Saat ini saya tinggal di patangpuluhan, yogyakarta. Saya tertarik dan berniat melamar sebagai spesialis marketing di perusahaan x. 

Latar belakang pendidikan terakhir saja adalah lulusan ekonomi di universitas merdeka terus, dengan predikat cumlaud. Setelah lulus kuliah, saya pernah bekerja full time selama 2 tahun di perusahaan z di bagian sosial media marketing. Ada banyak pelajaran dan pengalaman yang saya dapatkan selama dua tahun bekerja. 

Selama dua tahun bekerja di perusahaan sebelumnya, saya mendapatkan dua penghargaan yang diadakan setiap tahunnya sebagai karyawan berprestasi di divisi marketing online. Bukti terlampir di portofolio. Di portofolio juga saya lampirkan beberapa prestasi dan menang ikut lomba di luar kegiatan kerja, namun masih ada hubungannya dengan dunia marketing. 

Adapun alasan saya keluar dari kantor sebelumnya, karena kontrak kerja saya habis. Saya memutuskan keluar, mencoba mencari kerja tempat lain untuk upgrade diri, dan tertantang dengan lingkungan yang lebih baru. Oleh sebab itu, saya melamar di perusahaan x. Semoga pengalaman yang saya miliki selama ini bisa menjadi bahan pertimbangan, agar saya bisa diterima dan diberi kesempatan untuk bergabung dan mengembangkan omset perusahaan Z bersama-sama.

Contoh Perkenalan Diri Untuk Daftar Beasiswa

Atau jika kamu adalah lulusan SMA/K/MA yang ingin melanjutkan kuliah? Tetapi terkendala dengan biaya? Nah, kamu bisa tetap kuliah lewat jalur beasiswa. Tentu saja ada persiapan yang harus kamu penuhi. Salah satunya persiapan mental. Karena nanti saat kamu lolos seleksi berkas, kamu harus memperkenalkan diri. Berikut contohnya.

Contoh:

Selamat Siang, terimakasih atas waktunya yang sudah diberikan untuk memperkenalkan diri. 

Perkenalkan, nama saya Fatimah Yahro, tinggal di Bantul, Yogyakarta. Saya lahir 11 November 2000. 

Saya lulusan dari SMA 3 Yogyakarta, yang merupakan Sekolah Menengah Atas yang cukup bergengsi di Yogyakarta. Adapun prestasi yang pernah saya raih selama masih sekolah di SMA 3 Yogyakarta, diantaranya juara 1 tingkat nasional Sains, juara 1 tingkat daerah dalam ajang lomba debat bahasa Inggris dan juara 3 tingkat Internasional dalam ajang Lomba Sains. 

Saya lulusan IPA, meskipun demikian saya memiliki ketertarikan di bidang yang berbeda. Dan saya berharap program beasiswa S1 Psikologi di UGM ini adalah rejeki saya. Semoga nilai terbaik yang saya kantongi bisa menjadi bahan pertimbangan tim penyelenggara beasiswa. 

Saya anak Ketiga dari lima bersaudara. Jarak antara kakak dan adik saya bisa dibilang berdekatan. Sehingga beban orangtua yang bekerja sebagai juragan Tembakau cukup kualahan. Oleh sebab itu, saya memutuskan untuk mencoba mencari peruntungan kuliah dengan beasiswa ini, agar tidak membebani orangtua. 

Kebetulan program beasiswa yang ditawarkan sangat sesuai dengan keinginan saya. Saya ingin sekali kuliah di jurusan psikologi, agar bisa menyembuhkan adik terakhir saya yang mengalami sakit mental. Disamping itu, saya juga memiliki impian yang besar setelah lulus dari Psikologi, yaitu ingin menjadi seorang psikolog, ingin sekali menyembuhkan orang-orang yang tidak mampu, yang mengalami gangguan mental. Dimana gangguan mental saat ini masih dianggap sepele. 

Sekian perkenalan diri saya.

Itulah dua contoh perkenalan diri bisa dijadikan referensi. Semoga contoh tersebut memberikan gambaran. Semoga apa yang kamu inginkan tercapai. Baca juga “11 Cara Bisa Kuliah Gratis Jaman Sekarang“.

Baca juga: