11 Cara Bisa Kuliah Gratis dan Jangan Ragu Kuliah Lagi

Cara Bisa Kuliah Gratis

Duniakampus.id kali ini akan memberikan tips dan cara bisa kuliah gratis bagi kamu yang berkeinginan menempuh jenjang pendidikan tinggi tetapi masih terkendala oleh biaya.

Seperti yang kita ketahui bersama, pendidikan merupakan hak yang harusnya bisa dinikmati setiap warga negara di Indonesia. Meskipun demikian, faktanya tidak setiap orang bisa menempuh pendidikan dengan baik hingga universitas.

Dilansir dari Databoks, diketahui bahwa pada 2023 hanya terdapat 10,15 persen saja dari seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki latar belakang pendidikan perguruan tinggi. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan seseorang untuk bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa menempuh pendidikan tinggi tanpa perlu memikirkan biaya untuk perguruan tinggi jika mengetahui cara bisa kuliah gratis.

Bagi kamu yang berminat untuk kuliah secara gratis, yuk, simak ulasan artikel berikut ini hingga akhir ya!

Daftar Cara Bisa Kuliah Gratis Terbaru

Berikut 11 tips cara bisa kuliah gratis versi Duniakampus.id yang bisa kamu coba.

1. Riset Mencari Beasiswa Kuliah

Pada saat ini banyak beasiswa yang bisa kamu gunakan agar bisa mendaftar dan belajar di bangku perkuliahan. Kamu bisa memulai dengan melakukan riset dengan mencari beasiswa apa saja yang mungkin bisa digunakan untuk pembiayaan selama perkuliahan.

Apalagi di tengah kemajuan teknologi pada saat ini, informasi yang kamu butuhkan bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Selain melakukan riset lewat laman pencarian, kamu juga bisa mengikuti akun media sosial seputar beasiswa agar bisa mendapatkan lebih banyak informasi secara luas.

2. Memiliki Prestasi Akademik atau Non Akademik

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar bisa menempuh pendidikan kuliah secara gratis adalah dengan memiliki prestasi, baik secara akademik maupun non akademik. Saat ini banyak kampus yang menerima mahasiswa tidak hanya dari nilai akademik di sekolah maupun tes tertulis, tetapi juga lewat jalur prestasi.

Selain itu, prestasi yang kamu miliki juga bisa menjadi nilai tambah untuk mendapatkan beasiswa yang nantinya digunakan di bangku kuliah.

3. Pernah Mengikuti Kompetisi atau Lomba di Kampus

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kamu juga bisa mengikuti berbagai perlombaan dan kompetisi yang diadakan di kampus-kampus. Selain mendapatkan hadiah jika berhasil menang, kamu juga akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk mendaftar kuliah dan mendapatkan beasiswa nantinya.

4. Penghafal Al-Quran

Bagi yang beragama Islam, kamu bisa menjadi seorang penghafal Al-Quran untuk bisa mendapatkan pendidikan tinggi secara gratis. Banyak kampus yang memberikan beasiswa bagi para hafiz Al-Quran lewat Program Beasiswa Tahfidz Quran.

Beberapa contoh kampus yang memberikan beasiswa bagi para hafiz di antaranya Universitas Islam Indonesia, Universitas Negeri Sebelas Maret, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

5. Beasiswa bagi Keluarga Kurang Mampu

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP-Kuliah merupakan program dari Pemerintah Indonesia bagi para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi agar tetap bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Kamu bisa menggunakan program KIP-Kuliah ini untuk mendaftar di berbagai kampus negeri dan swasta yang ada di Indonesia. Informasi seputar KIP-Kuliah bisa kamu dapatkan di laman resmi Kemendikbud Ristek Indonesia.

6. Sekolah Kedinasan

Mendaftar sekolah kedinasan bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu untuk menempuh pendidikan tanpa perlu memikirkan soal biaya yang harus dikeluarkan. Banyak sekolah kedinasan yang bisa menjadi pilihan untuk menempuh pendidikan tinggi, seperti PKN STAN, IPDN, hingga STIN.

Tidak hanya gratis, kamu juga bisa bekerja di kementerian terkait setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah kedinasan. Selain itu, kamu bisa lulus lebih cepat jika dibandingkan dengan perkuliahan di universitas, karena pendidikan di sekolah kedinasan biasanya berada di tingkatan diploma.

7. Mendaftar Beasiswa Unggulan

Selain KIP-Kuliah, Kemendikbud Ristek Indonesia juga menyediakan program Beasiswa Unggulan yang bisa diikuti oleh setiap mahasiswa. Program beasiswa ini diprioritaskan bagi mahasiswa S1, S2, dan S3 yang sedang menempuh jenjang perkuliahan di dalam negeri.

Terdapat empat macam Beasiswa Unggulan yang bisa kamu gunakan untuk kuliah, yaitu Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Pegawai Kemendikbud Ristek, Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Penghargaan.

8. Beasiswa PPA bagi Mahasiswa S1 dan D3

Program beasiswa lain dari Kemendikbud Ristek yang bisa kamu gunakan untuk perkuliahan adalah Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik atau PPA. Beasiswa PPA diberikan kepada setiap mahasiswa yang memiliki prestasi akademik selama satu tahun ajaran.

Kamu bisa mulai mendaftar beasiswa ini sejak semester 2, baik bagi tingkatan S1 maupun D3. Pastikan juga IPK yang kamu dapatkan minimal 3.00 agar bisa memperoleh beasiswa ini.

9. Beasiswa LPDP

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan Beasiswa LPDP. Beasiswa yang dibiayai lewat pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) ini biasanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di jenjang S2 dan S3, baik di dalam maupun luar negeri.

Pendaftaran beasiswa ini selalu dibuka setiap tahunnya. Meskipun demikian, kamu harus mempersiapkan persiapan yang matang karena persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini cukup ketat. Informasi lebih tentang beasiswa ini, coba kamu baca di “Informasi Lengkap Beasiswa LPDP“.

10. Beasiswa PMDSU

Program beasiswa terakhir yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa kuliah secara gratis adalah Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul atau PMDSU. Sama seperti LPDP, Beasiswa PMDSU biasanya juga berfokus kepada mahasiswa yang melanjutkan studi S2 dan S3.

Beasiswa yang sudah diberikan sejak 2013 lalu ini bertujuan agar para sarjana agar bisa menempuh pendidikan Magister menuju Doktor, sehingga bisa membangun kapasitas institusi pendidikan Indonesia bisa bersaing di berbagai tingkatan.

Kalau kamu kepo tentang beasiswa yang super lengkap dan keren ini, coba baca khusus di halaman Beasiswa PMDSU.

11. Niat dan Tekad Kuat untuk Kuliah

Semua poin di atas tidak akan bermakna jika kamu belum memiliki niat dan tekad dan kuat untuk kuliah di dalam diri masing-masing. Jika memiliki niat dan tekad yang kuat, kamu akan bisa menemukan berbagai cara yang bisa dilakukan agar bisa menempuh jenjang pendidikan tinggi dengan berbagai halangan yang menghadang.

Jadi kuatkan niat dan tekadmu terlebih dahulu agar bisa mencapai impian yang ingin diraih selanjutnya.

Rangkuman

Udah baca kan dari kesebalas cara di atas. Jadi, banyak cara kok yang bisa kamu lakukan agar bisa menempuh pendidikan hingga bangku perkuliahan meskipun dengan berbagai hambatan dan halangan yang dirasakan.

Oleh sebab itu, tetap semangat dan jangan mudah menyerah untuk menempuh pendidikan secara maksimal.

Baca juga: