Surat Keterangan Tidak Mampu untuk Kuliah: Contoh dan Cara Membuat

SKTM untuk kuliah

Surat Keterangan Tidak Mampu atau SKTM merupakan salah satu surat yang bisa digunakan setiap keluarga tidak mampu untuk mendapatkan kemudahan dalam menjalani hidup, seperti kesehatan, ekonomi, hingga pendidikan hingga kuliah.

Dengan memiliki surat ini, setiap keluarga tidak mampu bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan akses agar taraf kehidupan mereka menjadi lebih dari sebelumnya.

Dalam artikel ini, Duniakampus.id akan mengupas tuntas perihal Surat Keterangan Tidak Mampu ini, mulai dari pengertian hingga daftar beasiswa yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk mempermudah akses pendidikan.

Jadi simak ulasan artikel ini hingga bagian akhir ya, agar setiap informasi bisa kamu pahami dengan maksimal.

Apa Itu Surat Keterangan Tidak Mampu?

Surat Keterangan Tidak Mampu merupakan surat yang diterbitkan oleh pemerintah dan diperuntukkan bagi keluarga kurang mampu di suatu daerah. Dengan memiliki surat ini, keluarga kurang mampu akan bisa mendapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mulai dari kesehatan, perekonomian, hingga pendidikan.

Kriteria keluarga yang bisa masuk dalam kategori penerima Surat Keterangan Tidak Mampu ini tercantum dalam Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 146/HUK/2013.

Dalam aturan tersebut, setiap keluarga yang tergolong dalam kriteria fakir miskin dan tidak mampu terdiri dari pemberdayaan perorangan, keluarga, kelompok masyarakat, dan komunitas adat terpencil.

Syarat Mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu

Dilansir dari laman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, terdapat lima persyaratan yang harus dipenuhi jika kamu ingin mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu, yakni.

  1. Membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  2. Membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Membawa Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh kepala desa atau lurah dan diketahui oleh camat.
  4. Tedata dalam Basis Data Terpadu (BDT).
  5. Jika tidak terdata dalam Basis Data Terpadu, pemohon wajib membawa Surat Keterangan Diagnosa dari dokter.

Alur dan Cara Mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu

Setelah memenuhi beberapa syarat yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, kamu bisa mengikuti alur pembuatan Surat Keterangan Tidak mampu, yaitu.

  1. Pemohon memasukkan berkas untuk pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu.
  2. Bagian Umum akan memeriksa kelengkapan berkas.
  3. Bagian Umum menaikkan berkas yang sudah diperiksa ke Kepala Dinas.
  4. Kepala Dinas akan mendisposisikan berkas kepada Kepala Bidang yang berwenang.
  5. Kepala Bidang mendisposisikan berkas kepada Kepala Seksi yang berwenang.
  6. Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu akan diproses.
  7. Surat Keterangan Tidak Mampu ditandatangani oleh pejabat berwenang.
  8. Surat Keterangan Tidak Mampu diserahkan kepada pemohon.

Fungsi Surat Keterangan Tidak Mampu

Surat Keterangan Tidak Mampu bisa dimanfaatkan oleh setiap keluarga yang termasuk kategori ini untuk mendapatkan beberapa kemudahan, seperti.

1. Menerima Bantuan dan Subsidi dari Pemerintah

Manfaat pertama yang bisa didapatkan oleh setiap keluarga yang memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu adalah menerima bantuan dan subsidi dari pemerintah. Bantuan ini bisa diterima dalam bentuk yang beragam, seperti sembako dan kebutuhan pokok lainnya.

2. Bantuan Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat

Setiap keluarga yang memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu juga berkesempatan untuk mengikuti pembinaan dan pemberdayaan yang biasanya diadakan oleh pemerintah setempat.

Dengan mengikuti pembinaan ini diharapkan taraf kehidupan keluarga bisa meningkat dan lebih baik lagi di masa yang akan datang.

3. Bantuan untuk Biaya Pendidikan

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan oleh keluarga yang memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu adalah bisa mendapatkan biaya pendidikan.

Banyak beasiswa yang bisa didapatkan oleh setiap anak yang berasal dari keluarga tidak mampu dengan menggunakan surat ini.

Dengan demikian setiap anak bisa mendapatkan akses pendidikan yang baik hingga perguruan tinggi.

Contoh SKTM

contoh sktm
contoh sktm

Daftar Beasiswa Kuliah untuk Keluarga Tidak Mampu

Berikut ini beberapa beasiswa yang bisa kamu manfaatkan jika berasal dari keluarga tidak mampu.

1. Beasiswa Bidik Misi atau KIP Kuliah

Beasiswa pertama yang bisa dimanfaatkan oleh anak yang berasal dari keluarga tidak mampu adalah Bidik Misi atau KIP Kuliah. Bantuan biaya pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini bisa dimanfaatkan bagi setiap mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Biaya pendidikan selama menempuh jenjang perkuliahan akan ditanggung pemerintah ketika mendapatkan beasiswa ini. Selain itu, setiap penerima beasiswa Bidik Misi atau KIP Kuliah juga akan mendapatkan uang saku setiap bulannya.

2. Beasiswa Tanoto Foundation

Tanoto Foundation juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu. Beasiswa dari lembaga ini akan memberikan fasilitas biaya kuliah dan uang bulanan hingga semester delapan.

Selain itu, setiap penerima beasiswa juga akan mendapatkan pelatihan soft skill dan tergabung dalam jaringan alumni yang tersebut di seluruh Indonesia dan mancanegara.

3. Beasiswa Bank Indonesia

Bantuan pendidikan berikutnya yang bisa dimanfaatkan oleh keluarga tidak mampu adalah Beasiswa Bank Indonesia. Beasiswa ini akan memberikan bantuan berupa biaya kuliah dan tunjangan hidup bagi setiap mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Tidak hanya itu, penerima beasiswa ini juga akan mendapatkan akses untuk bergabung bersama komunitas dan mendapatkan pelatihan dari Bank Indonesia.

4. Beasiswa Karya Salemba Empat

Mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu juga bisa memanfaatkan beasiswa dari Karya Salemba Empat untuk membantu biaya pendidikan.

Beasiswa ini akan memberikan bantuan kepada setiap penerima berupa uang bulanan sebesar Rp750 ribu setiap bulannya. dan bantuan pembayaran uang kuliah sebesar Rp1,5 juta per semesternya. 

Selain itu, penerima Beasiswa Karya Salemba Empat juga akan mendapatkan pelatihan, seminar, hingga workshop.

5. Beasiswa Prasejahtera LPDP

Bantuan pendidikan terakhir yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, khususnya yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang magister adalah Beasiswa Prasejahtera dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP.

Penerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan untuk dana pendidikan, seperti uang pendaftaran, uang kuliah, uang penelitian, hingga dana bantuan untuk publikasi jurnal internasional.

Tidak hanya itu, penerima Beasiswa Prasejahtera LPDP juga akan mendapatkan bantuan dana lainnya, seperti yang bulanan, uang transportasi, hingga asuransi kesehatan.

Baca juga: Resume Untuk Beasiswa

Itulah pembahasan lengkap seputar Surat Keterangan Tidak Mampu dan daftar beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang berasal dari keluarga tersebut. Dapatkan informasi bermanfaat lainnya dengan terus membaca artikel yang ada di Duniakampus.id.

Baca juga artikel beasiswa lain berikut.

Baca juga: