Resume Untuk Beasiswa: Format Isi dan Cara Membuat [Komplit]

Resume Untuk Beasiswa

Beasiswa merupakan salah satu hal yang diimpikan oleh banyak mahasiswa. Selain dapat membantu meringankan biaya kuliah, beasiswa juga dapat menjadi sarana untuk mengembangkan diri dan meraih cita-cita.

Untuk mendapatkan beasiswa, kamu perlu mempersiapkan berbagai dokumen persyaratan, salah satunya adalah resume. Resume merupakan dokumen yang berisi informasi tentang riwayat hidup kamu, mulai dari pendidikan, prestasi, pengalaman, dan keterampilan.

Resume untuk beasiswa memiliki beberapa perbedaan dengan resume untuk lamaran kerja. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memahami perbedaan dan isi resume untuk beasiswa agar dapat membuat resume yang tepat dan menarik. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut!

Kenali Dahulu Perbedaan Resume dan CV

Resume dan CV sering kali dianggap sebagai dokumen yang sama. Namun, sebenarnya kedua dokumen tersebut memiliki beberapa perbedaan.

Resume adalah dokumen yang berisi ringkasan informasi penting tentang riwayat hidup kamu. Resume biasanya hanya berisi beberapa halaman, dan biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan atau beasiswa.

CV, atau curriculum vitae, adalah dokumen yang berisi informasi lengkap tentang riwayat hidup kamu. CV biasanya lebih panjang daripada resume, dan biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan yang membutuhkan informasi yang lebih detail, seperti pekerjaan di bidang akademik atau penelitian.

Apa Saja Isi Resume Untuk Beasiswa?

Resume untuk beasiswa biasanya berisi informasi berikut:

1. Informasi pribadi

Informasi pribadi yang perlu dicantumkan dalam resume untuk beasiswa meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

2. Rangkuman (summary) dan objective

Rangkuman (summary) dan objective adalah dua bagian penting yang perlu ada di resume beasiswa. Rangkuman memberikan gambaran umum tentang diri pelamar beasiswa, sedangkan objective menjelaskan tujuan pelamar dalam mengikuti beasiswa tersebut.

3. Riwayat pendidikan

Informasi riwayat pendidikan yang perlu dicantumkan dalam resume untuk beasiswa meliputi nama sekolah atau universitas, jurusan, tahun masuk dan lulus, serta IPK.

4. Prestasi

Prestasi yang perlu dicantumkan dalam resume untuk beasiswa meliputi prestasi akademik, prestasi non-akademik, dan penghargaan.

5. Pengalaman

Pengalaman yang perlu dicantumkan dalam resume untuk beasiswa meliputi pengalaman organisasi, pengalaman magang, dan pengalaman kerja.

6. Keterampilan

Keterampilan yang perlu dicantumkan dalam resume untuk beasiswa meliputi keterampilan teknis, keterampilan soft skills, dan keterampilan bahasa.

Cara membuat resume pribadi untuk beasiswa

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat resume pribadi untuk beasiswa:

Pahami persyaratan beasiswa

Sebelum membuat resume, penting bagi kamu untuk memahami persyaratan beasiswa yang kamu lamar. Hal ini agar kamu dapat menyesuaikan resume dengan persyaratan beasiswa tersebut.

Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas

Resume harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan ringkas. Hindari menggunakan bahasa yang berbelit-belit atau terlalu formal.

Gunakan kata kunci yang relevan

Gunakan kata kunci yang relevan dengan beasiswa yang kamu lamar. Hal ini agar resume kamu dapat ditemukan dengan mudah oleh sistem seleksi beasiswa.

Pastikan resume kamu bebas dari kesalahan

Pastikan resume kamu bebas dari kesalahan ketik atau kesalahan tata bahasa. Hal ini agar resume kamu terlihat profesional dan meyakinkan.

Berikut adalah contoh resume untuk beasiswa:

Contoh Resume Untuk Beasiswa 

Informasi pribadi

Nama: [Nama lengkap]

Tempat dan tanggal lahir: [Tempat dan tanggal lahir]

Alamat: [Alamat]

Nomor telepon: [Nomor telepon]

Alamat email: [Alamat email]

Summary

Mahasiswa semester 6 jurusan Teknik Informatika di Universitas Indonesia dengan IPK 3,9. Memiliki pengalaman magang di perusahaan teknologi terkemuka selama 6 bulan. Memiliki keterampilan pemrograman, desain, dan analisis data. Bercita-cita menjadi software engineer di perusahaan teknologi internasional.

Pendidikan

2020 – 2024

Universitas Indonesia

Fakultas Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer

IPK: 3.8

Prestasi

  • Juara 1 Olimpiade Matematika Nasional
  • Juara 2 Debat Bahasa Indonesia
  • Penghargaan Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia

Pengalaman

  • Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer
  • Asisten Dosen Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman
  • Magang di PT. XYZ

Keterampilan

  • Keterampilan teknis: Java, Python, C++, SQL, Machine Learning, Artificial Intelligence
  • Keterampilan soft skills: Komunikasi, Kerja sama tim, Kepemimpinan, Pemecahan masalah
  • Keterampilan bahasa: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris

Contoh resume di atas hanya sebagai gambaran umum. Kamu dapat menyesuaikan resume kamu dengan informasi dan pengalaman yang kamu miliki.

Penutup

Resume adalah dokumen yang penting untuk melamar beasiswa. Dengan membuat resume yang baik, kamu bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan.

Ada beberapa artikel penunjang lain nih supaya kamu bisa lolos beasiswa, cek daftarnya berikut ya.

Baca juga: