Motivation Letter Beasiswa LPDP: Struktur dan Contoh

Motivation Letter Beasiswa LPDP

Saat mendaftar beasiswa LPDP, apa kamu merasa bingung saat menyusun motivation letter? dan bagaimana caranya agar motivation letter kamu dapat menonjol dan meyakinkan panitia seleksi? 

Nggak perlu bingung, karena dalam artikel ini, duniakampus.id akan membahas secara detail tentang struktur motivation letter yang dapat memikat hati LPDP, beserta contohnya. Dengan begitu, peluang kamu untuk meraih beasiswa LPDP akan semakin terbuka lebar. 

Tapi sebelum itu, mari ketahui lebih dalam mengenai apa sih sebenarnya motivation letter beasiswa LPDP itu?

Apa itu Motivation Letter Beasiswa LPDP?

Motivation letter adalah sebuah surat yang menjelaskan mengapa kamu, sebagai pelamar, adalah kandidat yang paling tepat untuk mendapatkan beasiswa dari LPDP.

Jadi, ini kesempatanmu untuk bersinar dan menunjukkan kesungguhan serta kelayakanmu melalui sebuah surat. Dengan motivation letter yang menarik, peluangmu untuk meraih beasiswa akan semakin besar, lho!

Tapi sebelum membuat motivation letter, kamu juga perlu memahami struktur yang benar agar pesanmu tersampaikan dengan lebih baik.

Lantas, bagaimana struktur motivation letter beasiswa LPDP yang baik itu? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Struktur Motivation Letter Beasiswa LPDP

Berikut adalah struktur motivation letter beasiswa LPDP yang perlu kamu ikuti:

1. Pembuka

Bagian pertama yang perlu kamu tulis adalah pembuka. Jangan memulainya dengan kata-kata yang umum, ya! Cobalah untuk memberikan latar belakang dan kekurangan di bidang yang kamu lamar. Misalnya, jika kamu melamar beasiswa pendidikan di bidang kedokteran, tulislah kondisi industri kedokteran Indonesia saat ini dalam motivation letter-mu.

2. Isi

Selanjutnya adalah bagian isi. Ada tiga hal utama yang harus kamu sertakan dalam bagian isi motivation letter, yaitu pengalaman, motivasi, serta tujuan. Ceritakan pencapaian dan keterampilan yang membuatmu pantas mendapatkan beasiswa. Dengan menunjukkan kesungguhanmu, pihak LPDP akan semakin yakin untuk memilihmu.

3. Penutup

Terakhir adalah bagian penutup. Pada bagian ini, berikan closing statement dengan menyampaikan kembali poin terkuatmu dan mengapa LPDP harus memilihmu. Singkat, jelas, dan padat adalah kunci di bagian ini.

Agar kamu lebih paham, simak beberapa  contoh motivation letter untuk beasiswa LPDP berikut ini.

Contoh Motivation Letter Beasiswa LPDP

Berikut adalah beberapa contoh motivation letter untuk mengajukan permohonan beasiswa LPDP. Materi surat dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu sendiri, ya.

Contoh motivation letter beasiswa LPDP 1

Yth. Panitia Program Beasiswa LPDP,

Perkenalkan, nama saya Intania Dewi, saya memiliki harapan yang besar terhadap Program Beasiswa yang diadakan oleh LPDP. Baru-baru ini, saya telah menyelesaikan gelar S1 di jurusan Kedokteran dari Universitas X.

Sejak kecil, saya terpanggil untuk berkontribusi dalam memberikan bantuan kepada sesama, bukan hanya dalam bentuk materi, melainkan melalui pengetahuan yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

Dengan tekad dan ilmu yang saya peroleh selama menempuh pendidikan S1 kedokteran, saya memiliki harapan menjadi salah satu penerima beasiswa dari LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) untuk melanjutkan studi S2.

Sementara menanti peluang beasiswa ini, saya bergabung dengan organisasi non-profit yang fokus pada penyediaan layanan kesehatan di daerah terpencil. Minat saya terhadap bidang kesehatan, khususnya kedokteran, semakin membara.

Saya yakin sepenuh hati bahwa pelayanan kesehatan yang berkualitas dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama mereka yang memiliki akses terbatas. Ilmu yang saya peroleh di S1 bukanlah sekadar pengetahuan, melainkan pondasi untuk saya terapkan dalam praktik.

Langkah konkret yang telah saya ambil adalah bergabung dengan Organisasi X, di mana saya dapat mengamalkan ilmu langsung dan berinteraksi dengan masyarakat. Saya juga memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan Jerman, yang saya praktekkan saat berinteraksi dengan relawan internasional.

Pengalaman ini menginspirasi keinginan saya untuk melanjutkan studi kedokteran di luar negeri, khususnya di Universitas Y di negara X. Melalui kesempatan ini, saya berharap dapat membawa pengetahuan dan keterampilan tersebut kembali ke Indonesia.

Jika berkesempatan mendapatkan beasiswa, saya bermaksud memanfaatkannya untuk membangun fasilitas kesehatan yang lebih baik di Indonesia. Saya yakin hal ini akan menjadi langkah awal dalam mewujudkan cita-cita saya.

Demikianlah motivasi saya untuk mengikuti program beasiswa ini. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengembangkan diri dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui pendidikan S2 kedokteran. Untuk informasi lebih lanjut atau diskusi lebih lanjut, saya dapat dihubungi melalui kontak yang tertera di CV.

Hormat saya,

Intania Dewi

Contoh motivation letter beasiswa LPDP 2

Yth. Panitia pelaksana seleksi penerimaan Beasiswa LPDP,

Bapak/Ibu yang saya hormati,

Saya, Nur Azizah, merupakan mahasiswa Universitas X yang saat ini fokus dalam menjalani studi di jurusan Akuntansi. Melalui surat motivasi ini, saya ingin menyampaikan keantusiasan dan minat besar saya untuk mengikuti seleksi beasiswa LPDP.

Setelah meneliti kriteria umum penerima Beasiswa LPDP untuk jurusan Akuntansi di Universitas X, saya meyakini bahwa saya memenuhi persyaratan yang diperlukan. Saya berharap Allah SWT melancarkan langkah-langkah saya dalam mendapatkan beasiswa ini.

Motivasi utama saya mendaftar berasal dari pemahaman akan pentingnya ilmu Akuntansi di dunia kerja dan masyarakat. Studi saya menjadi pilihan karena saya percaya keahlian ini akan sangat berkontribusi di masa depan. Namun, untuk menyelesaikan pendidikan tinggi, dukungan beasiswa LPDP sangat dibutuhkan.

Kondisi ekonomi keluarga yang terbatas memaksa saya mencari sumber biaya tambahan untuk kuliah. Dengan memperoleh beasiswa LPDP, saya tidak hanya dapat meringankan beban keuangan keluarga, tetapi juga dapat membangun kemandirian diri. Keinginan saya adalah menjadi lebih mandiri dan tidak membebani orang tua.

Selama kuliah di jurusan Akuntansi, saya telah mengambil berbagai mata kuliah yang memberikan pondasi kuat untuk membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam berbisnis. Saya memiliki impian untuk membuka lapangan kerja bagi mereka yang berminat belajar berbisnis, berjualan, dan mengembangkan produk yang dapat dijual ke masyarakat.

Prinsip hidup saya adalah menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Dengan beasiswa LPDP, saya yakin dapat mencapai potensi maksimal saya dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Pengalaman saya dalam organisasi, baik di tingkat kampus maupun sebagai relawan bencana alam dan donor darah, mencerminkan dedikasi dan kemampuan saya dalam bekerja keras dan berkolaborasi. Saya yakin bahwa sebagai bagian dari komunitas X, saya dapat berperan aktif dalam pengembangan dan pelaksanaan berbagai kegiatan.

Dengan semangat dan tekad yang sejalan dengan tujuan negara Indonesia, yaitu menciptakan kesejahteraan sosial, saya berharap dapat melewati seleksi ini dan mendapatkan dukungan beasiswa dari LPDP. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu panitia.

Hormat saya,

Nur Azizah

Contoh motivation letter beasiswa LPDP Bahasa Inggris

My name is Julie Moore, currently a third-year student pursuing a five-year Bachelor of Architecture Degree at Oklahoma State University. I am enthusiastic about applying for the LPDP Scholarship to further advance my education and contribute to the field of architecture.

During my high school years, I actively collaborated with the local branch of Habitat for Humanity, engaging in constructing homes for low-income families. This experience exposed me to the intricacies of the construction process, instilling in me a profound appreciation for the functional aspects of architectural design. The homes we built served as beacons of hope for their owners, emphasising the significance of practicality in architectural endeavours.

My academic journey has been dedicated to prioritising function over form and stability over showmanship. I have enrolled in various courses, including those within the Architectural Engineering major, aiming to cultivate a holistic understanding of the intersection between design and structure. Collaborating on three residential design projects under the guidance of esteemed professors Dr. X and Dr. Y has expedited my research and educational progress.

My ambition is to become an architect dedicated to creating accessible and affordable housing opportunities, particularly in underprivileged communities. Having observed the scarcity of affordable homes for sale, especially for college students and first-time buyers, I aspire to establish neighbourhoods featuring economical starter homes. This endeavour aims to empower low and middle-class families, enabling them to build equity, evade excessive debt, and secure financial stability for their futures.

This upcoming summer, I am poised to intern with LMNOP Architects. Post completion of my master’s degree, my aspiration is to continue contributing to LMNOP Architects, refining my skills under the mentorship of acclaimed residential architects Suzan Craft and Peter Wood. Eventually, I aim to establish my architectural firm, specialising in the development of cost-effective, high-quality housing. Additionally, I am keen on rejoining Habitat for Humanity, this time in the capacity of an architect, aligning with their mission to build “a world where everyone has a decent place to live.”

I express my gratitude for considering my application. With the support of the LPDP Scholarship, I am eager to advance my education in architecture and design, ultimately contributing to the realisation of accessible homes for those in need.

Sincerely,

Julie Moore

Nah, itulah beberapa contoh motivation letter untuk beasiswa LPDP yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga contoh di atas dapat memberikan gambaran lebih lanjut tentang bagaimana menyusun motivation letter yang lebih kuat dan meyakinkan. 

Jangan lupa buat motivation letter-mu dengan jujur, ya. Agar nanti saat wawancara kamu bisa menjawabnya dengan lancar dan percaya diri. Baca juga artikel beasiswa LPDP selanjutnya tentang “Essay Beasiswa LPDP“.

Baca juga: