Menulis Essay Beasiswa LPDP: Ketentuan dan Contoh yang Lolos

Menulis Essay Beasiswa LPDP

Menulis essay adalah salah satu syarat penting jika kamu ingin mengikuti program beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Selain nilai akademis, essay juga memiliki peran yang sangat penting loh. Karena dengan essay yang bagus, kamu dapat meningkatkan peluangmu untuk lolos seleksi. 

Dengan begitu, pastikan essay yang kamu tulis untuk mendaftar beasiswa LPDP memiliki nilai jual yang dapat mendongkrak kamu sebagai kandidat yang layak dipertimbangkan. Sebelum mendaftar, sebaiknya pelajari beberapa contoh essay LPDP sebagai pedoman, ya.

Namun, sebelum melihat contoh essay, mari simak dan pahami terlebih dahulu ketentuan essay beasiswa LPDP berikut ini.

Ketentuan Essay Beasiswa LPDP

Ketika menulis essay beasiswa LPDP, ada beberapa ketentuan-ketentuan tertentu yang harus kamu ikuti. Yang paling penting, essay tersebut harus memenuhi standar jumlah kata yang telah ditetapkan, yaitu minimal 1.500 kata dan maksimal 2.000 kata. Pastikan juga essaymu mencakup 5-6 halaman dengan spasi 1,5 sesuai pedoman tata letak penulisan yang berlaku.

Di dalam essay beasiswa LPDP, kamu bebas menuliskan apapun yang ingin kamu sampaikan. Kamu bisa memperkenalkan diri, menceritakan kelebihan yang kamu miliki, serta merencanakan kontribusi yang ingin kamu berikan untuk Indonesia di masa depan.

Baca juga: Keuntungan Besar Beasiswa LPDP

Selain itu, kamu juga perlu memahami bagaimana susunan essay yang baik. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan tentang susunan essay beasiswa LPDP yang baik berikut ini.

Susunan Essay Beasiswa LPDP yang Baik

Secara umum, susunan essay beasiswa LPDP terdiri dari tiga bagian utama, di antaranya:

1. Pendahuluan

Bagian pendahuluan ini seperti pembukaan saat kita berbicara, di mana kamu bisa memperkenalkan diri dan menceritakan prestasi-prestasi yang telah kamu raih. Kamu bisa memperkenalkan diri secara singkat.

Ceritakan siapa kamu, apa background pendidikanmu, dan apa saja prestasi yang sudah kamu raih. Jangan lupa, berikan penjelasan mengenai mengapa kamu tertarik dengan program beasiswa LPDP ini. Bagian ini mungkin terlihat sepele, tapi percayalah, kesan pertama sangat penting dalam menarik perhatian pembaca.

2. Isi Essay

Bagian kedua adalah isi essay. Bagian ini adalah inti dari essay. Kamu dapat menjelaskan secara rinci masalah atau topik penelitian yang ingin kamu selesaikan. 

Jelaskan dengan rinci mengapa topik tersebut penting, apa dampaknya bagi masyarakat atau lingkungan sekitarmu, dan mengapa kamu tertarik untuk menelitinya. Berikan argumen kuat yang mendukung pilihanmu.

Selanjutnya, ceritakan mengapa kamu memilih program studi dan perguruan tinggi tertentu. Apa keunggulan dari program tersebut yang membuatmu yakin itu adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan dirimu. Sampaikan dengan jelas mengenai fasilitas, kurikulum, dan peluang riset yang mereka tawarkan.

Di bagian isi ini, kamu juga harus menjelaskan rencana kontribusimu saat kembali ke Indonesia (jika kamu melamar untuk studi ke luar negeri) atau rencana kontribusi yang ingin kamu berikan kepada Indonesia setelah menyelesaikan studi dengan beasiswa LPDP. 

Tuliskan proyek-proyek yang ingin kamu jalankan, bagaimana kamu akan melibatkan masyarakat, dan apa dampak positif yang ingin kamu capai.

3. Penutup atau Kesimpulan

Bagian terakhir adalah penutup atau kesimpulan. Penutup atau kesimpulan merupakan tempat di mana kamu bisa merangkum inti dari essaymu. Kamu bisa menggarisbawahi mengapa beasiswa LPDP sangat penting untuk mendukung rencana studi kamu, serta mengapa kamu pantas untuk menerimanya. Bagian ini merupakan kesempatan terakhir untuk meyakinkan pembaca bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk beasiswa LPDP.

Jangan lupa untuk menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan ini dan ungkapkan keyakinanmu bahwa dengan dukungan LPDP, kamu akan mampu mencapai impianmu dan memberikan kontribusi yang berarti bagi bangsa dan negara.

Dengan menjalankan ketentuan ini dan memberikan penjelasan yang kuat dalam essaymu, kamu dapat meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan beasiswa LPDP. 

Sampai di sini kamu sudah tahu kan apa saja ketentuan dan susunan essay beasiswa LPDP. Agar kamu lebih paham, mari lihat contoh essay beasiswa LPDP berikut.

Contoh Essay Beasiswa LPDP

Berikut ini adalah satu contoh esai LPDP yang dapat dijadikan panduan dalam menulis essay sendiri.

Kontribusi saya untuk Indonesia

Saya merupakan mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta. Saya telah melakukan penelitian di Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Yogyakarta, dengan fokus pada Tinjauan Interior Perpustakaan.

Penelitian saya bertujuan untuk menggambarkan kondisi interior Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Yogyakarta, termasuk sirkulasi, zoning, perabot, warna, elemen pembentuk ruang, dan tata kondisi ruang perpustakaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan desain interior perpustakaan universitas, sehingga mendukung visi dan misi perpustakaan di masa depan.

Selain itu, saya juga melakukan kegiatan sosial di Dusun Manggong, Wukirsari, Cangkringan, yang terkena erupsi Merapi. Kami mengadakan kegiatan Malam Binaan Takwa (Mabit) untuk mendukung warga yang terdampak erupsi. Tujuan kami adalah merasakan dan berbagi pengalaman hidup dengan mereka, terutama anak-anak, serta memberikan hiburan.

Saya juga pernah terlibat dalam KKN di Desa Lungguhrejo, Turi, Sleman. Di sana, saya membantu masyarakat dalam berbagai kegiatan, termasuk membersihkan desa dan mengembangkan pengolahan produk pertanian, seperti salak.

Tujuan saya adalah menjadi seorang dosen yang berkontribusi dalam pendidikan dan penelitian, khususnya dalam bidang seni dan budaya. Saya berharap dapat memberikan ilmu, ide, dan gagasan yang bermanfaat bagi masyarakat dan lembaga tempat saya bekerja di masa depan.

Kesimpulan

Nah, itu tadi contoh essay beasiswa LPDP. Jadi, di dalam essay ini, kamu harus memperkenalkan diri, ceritakan prestasi-prestasi yang sudah kamu raih, dan jelaskan rencana kontribusi yang ingin kamu berikan untuk Indonesia.

Ketika kamu menulis essay beasiswa LPDP, penting untuk mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan, seperti jumlah kata dan pedoman susunan penulisan. Sebuah essay yang baik harus memiliki pendahuluan yang menarik, isi yang mendalam dengan argumen kuat, serta penutup yang merangkum inti dari essay tersebut.

Kalau kamu ada pertanyaan atau butuh contoh essay tentang melamar beasiswa baik beasiswa LPDP atau beasiswa lainnya? Yuk, komentar saja. Kalau tidak ada, bisa baca artikel selanjutnya mengenai “Surat Rekomendasi Beasiswa LPDP“.

Baca juga: