Beasiswa S3 LPDP: Simak Syarat dan Alur Seleksinya di Sini

Informasi Dasar Beasiswa S3 LPDP

Kalau kamu sedang mencari-cari beasiswa S3, mungkin beasiswa S3 LPDP adalah salah satu pertimbangan buat kamu. Tapi, tentu nggak mudah buat bisa dapat beasiswa ini. Kamu harus paham betul apa itu beasiswa S3 LPDP, syarat dan ketentuannya, hingga bagaimana alur seleksinya. Jadi, nggak usah lama-lama lagi, yuk kenali lebih lanjut apa itu beasiswa S3 LPDP!

Beasiswa S3 LPDP

Beasiswa S3 LPDP adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi kamu, warga negara Indonesia yang sudah punya gelar S2 dan berkeinginan melanjutkan studi ke tingkat S3. LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) bakal membiayai semua kebutuhan studimu, mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, hingga biaya perjalanan pulang-pergi. 

Nggak cuma itu, khusus LPDP untuk S3 terdapat biaya seperti tunjangan keluarga, tunjangan buku, tunjangan tesis/disertasi, seminar, publikasi jurnal, visa, hingga asuransi kesehatan juga akan disediakan. 

Ada juga fasilitas lain seperti biaya pendaftaran ke universitas, biaya kedatangan, hingga dana keadaan darurat (jika diperlukan). 

Lalu apa saja syarat dan ketentuan mendaftar beasiswa S3 LPDP ini? Yuk, simak di pembahasan selanjutnya.

Syarat dan Ketentuan

Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan mendaftar beasiswa LPDP.

  1. Kamu harus Warga Negara Indonesia.
  2. Kamu harus telah menyelesaikan studi program magister (S2) atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor (S3).
  3. Jika kamu mendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor (S3), kamu wajib memenuhi ketentuan berikut:
    • Kamu harus memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan, dan
    • Kamu harus memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S3).
  4. Jika kamu telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor (S3) ini.
  5. Jika kamu lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, kamu harus melampirkan:
    • Hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui laman piln.kemdikbud.go.id atau Kementerian Agama melalui laman diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah/
    • Tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan konversi IPK pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama mengenai penyetaraan ijazah dan konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPKnya belum terbit.
  6. Kamu tidak boleh sedang menempuh studi (on going) program doktor, baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.
  7. Tidak boleh mendaftar, menerima, atau akan menerima beasiswa dari sumber lain yang bisa mengakibatkan double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.
  8. Kamu yang pernah memulai studi tapi tidak selesai baik di magister atau doktor, bisa mendaftar lagi di jenjang yang sama. Pastikan kamu memiliki surat pemberhentian dari perguruan tinggi tersebut yang diunggah bersamaan dengan ijazah.
  9. Jika kamu melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan aturan LPDP, kamu harus melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan dari Perguruan Tinggi. Dokumen ini harus diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional.
  10. Penting juga untuk melampirkan surat rekomendasi yang sesuai dengan persyaratan program, dan surat itu harus diterbitkan tidak lebih dari 1 tahun sebelum waktu pendaftaran. Ada dua cara untuk melampirkannya:
    • Surat Rekomendasi Online Form: Isi data pemberi rekomendasi melalui aplikasi pendaftaran, dan LPDP akan mengirimkan email kepada mereka untuk mengisikan rekomendasi.
    • Surat Rekomendasi Offline Form (unggahan): Unggah dokumen pada aplikasi pendaftaran dan isi data bulan dan tahun surat tersebut diterbitkan atau ditandatangani.
  11. PNS dan CPNS harus melampirkan surat usulan dari pejabat setingkat eselon II yang membidangi pembinaan SDM pada Kementerian, Lembaga, atau Pemerintah Daerah.
  12. Prajurit TNI harus melampirkan surat usulan dari pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, atau TNI AU.
  13. Anggota POLRI harus melampirkan surat usulan dari pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes POLRI.
  14. Pilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP. Pastikan juga IPK dan persyaratan Bahasa kamu sesuai dengan ketentuan program beasiswa yang kamu pilih.
  15. Pastikan IPK dan syarat Bahasa kamu sesuai dengan ketentuan program beasiswa yang kamu incar.
  16. Ingat, beasiswa ini hanya berlaku untuk kelas reguler yang ditetapkan oleh LPDP. Tidak bisa digunakan untuk kelas-kelas seperti:
    • Kelas Eksekutif
    • Kelas Khusus
    • Kelas Karyawan
    • Kelas Jarak Jauh
    • Kelas yang tidak diadakan di perguruan tinggi asli
    • Kelas Internasional jika tujuan studi kamu di dalam negeri
    • Kelas di lebih dari satu negara perguruan tinggi
    • Atau kelas lain yang tidak memenuhi ketentuan LPDP.
  17. Jangan lupa untuk menyetujui surat pernyataan yang disediakan dalam aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP (cek poin-poin yang terlampir).
  18. Kamu juga perlu menulis profil diri, termasuk riwayat pendidikan yang belum selesai (tidak lulus), dalam aplikasi pendaftaran.
  19. Kamu harus menulis tentang komitmen untuk kembali ke Indonesia, rencana setelah studi, dan bagaimana kamu akan memberikan kontribusi di tanah air.
  20. Khususnya untuk program pendidikan doktor (S3), jangan lupa tulis juga Proposal Penelitian kamu.
  21. Jika kamu punya publikasi ilmiah, prestasi, atau pengalaman dalam organisasi, tambahkan itu dalam riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi di aplikasi pendaftaran.

Nah, itu tadi syarat dan ketentuan mendaftar beasiswa S3 LPDP, mungkin sekarang kamu bertanya-tanya bagaimana alur seleksinya. Yuk, simak!

Alur Seleksi Beasiswa S3 LPDP

Secara umum, alur seleksi beasiswa S3 LPDP terdiri dari tiga tahap berikut.

  1. Seleksi Administrasi
  2. Seleksi Bakat Skolastik
  3. Seleksi Substansi

Bagi kamu yang mendaftar dengan LoA Unconditional sesuai dengan ketentuan LPDP, kamu bisa langsung melanjutkan ke tahap Seleksi Substansi tanpa harus mengikuti Seleksi Bakat Skolastik. 

Kesimpulan

Beasiswa S3 LPDP adalah  dana pendidikan yang ditujukan buat kamu  yang sudah memperoleh gelar S2 dan memiliki keinginan untuk mengejar studi tingkat doktor di Indonesia.

Syaratnya, kamu harus Warga Negara Indonesia, sudah punya gelar S2, dan memenuhi kriteria lainnya. Jangan lupa buat cek syarat dan ketentuan lengkapnya ya.

Alur seleksi beasiswa S3 LPDP terdiri dari tiga tahap, yaitu seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi. Baca juga artikel lainnya tentang LPDP hanya di Dunia Kampus kategori Beasiswa Kuliah.

Baca juga: