5 Tahap Membuat Surat Motivasi Magang Agar Lolos Seleksi

Surat Motivasi Magang

Surat motivasi magang adalah dokumen penting yang sering kali menjadi syarat utama untuk melamar program magang.

Sebagai calon magang yang belum memiliki banyak pengalaman kerja, surat motivasi ini menjadi cara terbaik untuk menunjukkan kesungguhanmu dan kemampuan yang kamu miliki kepada perusahaan yang kamu incar. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas tulisan yang telah merangkum tentang apa itu surat motivasi magang, isi yang harus ada, cara membuatnya agar lolos seleksi, serta contoh yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk, simak penjelasannya!

Apa Itu Surat Motivasi Magang?

Surat motivasi magang adalah sebuah dokumen yang berisi alasan dan motivasi kamu melamar sebuah posisi magang di suatu perusahaan. Surat ini juga memuat informasi tentang diri kamu, keahlian, dan pengalaman yang relevan, serta tujuan yang ingin dicapai melalui program magang tersebut. 

Berbeda dengan CV yang lebih fokus pada data pribadi dan pengalaman kerja, surat motivasi lebih menekankan pada niat, ambisi, dan keinginan kamu untuk belajar dan berkembang di lingkungan kerja yang baru.

Surat motivasi magang penting dalam proses seleksi karena perusahaan biasanya mencari kandidat yang tidak hanya memiliki keterampilan, tetapi juga semangat dan motivasi yang tinggi. 

Dengan surat ini, kamu memiliki kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut, bahkan jika kamu belum memiliki banyak pengalaman kerja. Surat motivasi yang baik dapat memberikan kesan positif dan membedakan kamu dari kandidat lain.

Isi dari Surat Motivasi Magang

Agar surat motivasi magangmu menarik perhatian rekruter, ada beberapa komponen atau isi yang harus ada dalam surat tersebut, di antaranya:

1. Pembukaan yang Menarik

Awali surat dengan memperkenalkan diri secara singkat dan jelas. Sebutkan juga posisi magang yang kamu lamar dan alasan utama kamu tertarik pada posisi tersebut.

Pembukaan yang menarik sangat penting karena akan menentukan apakah pembaca akan terus membaca surat kamu atau tidak. 

Mulailah dengan memperkenalkan diri dan memberikan informasi singkat tentang latar belakang pendidikan dan pengalamanmu. Kemudian, sebutkan posisi magang yang kamu lamar dan alasan mengapa kamu tertarik pada posisi tersebut. 

2. Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman

Selanjutnya, jelaskan latar belakang pendidikan kamu serta pengalaman yang relevan, meskipun itu hanya pengalaman organisasi atau proyek akademik. Tekankan bagaimana pengalaman tersebut membuatmu menjadi kandidat yang tepat untuk posisi magang tersebut.

Bagian ini adalah kesempatan kamu untuk menunjukkan bahwa kamu memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk posisi magang. Jelaskan secara rinci tentang latar belakang pendidikan kamu, termasuk jurusan yang diambil, universitas, dan tahun studi. 

Jika kamu memiliki pengalaman organisasi, proyek akademik, atau kegiatan ekstrakurikuler yang relevan, jelaskan bagaimana pengalaman tersebut telah membekali kamu dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi magang. 

3. Motivasi dan Tujuan

Jelaskan juga alasan kamu melamar magang di perusahaan tersebut dan tujuan yang ingin kamu capai.

  • Apa yang membuat perusahaan tersebut menarik bagimu?
  • Bagaimana magang di perusahaan tersebut dapat membantu perkembangan karirmu?

Bagian ini adalah inti dari surat motivasi kamu. Jelaskan secara detail mengapa kamu tertarik untuk magang di perusahaan tersebut. 

Apakah karena reputasi perusahaan, proyek-proyek inovatif yang mereka kerjakan, atau nilai-nilai perusahaan yang sejalan dengan nilai-nilai pribadi kamu?

Selain itu, jelaskan juga tujuan kamu mengikuti program magang tersebut. Bagaimana pengalaman magang di perusahaan tersebut dapat membantu kamu mencapai tujuan karir jangka panjang? 

4. Kelebihan dan Keahlian

Berikutnya, tonjolkan kelebihan dan keahlian yang kamu miliki yang relevan dengan posisi magang. Berikan contoh konkret tentang bagaimana kamu telah menggunakan keahlian tersebut dalam situasi sebelumnya.

Bagian ini adalah kesempatan kamu untuk memamerkan kelebihan dan keahlian yang kamu miliki. Jelaskan secara rinci tentang keterampilan dan kemampuan yang kamu miliki yang relevan dengan posisi magang.

5. Penutup yang Kuat

Akhiri surat dengan menyampaikan harapan kamu untuk diterima dan menyatakan kesediaan untuk memberikan informasi tambahan jika diperlukan. Ucapkan terima kasih atas kesempatan dan waktu yang telah diberikan untuk mempertimbangkan lamaranmu.

Penutup surat motivasi kamu harus menguatkan kembali niat dan kesungguhan kamu untuk mengikuti program magang tersebut. Sampaikan harapan kamu untuk diterima dan tekankan kembali mengapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Cara Membuat Surat Motivasi Magang Supaya Lolos Seleksi

Setelah mengetahui apa saja yang harus ada dalam surat motivasi magang, berikut adalah beberapa cara membuat surat motivasi magang supaya kamu bisa lolos seleksi:

1. Buat Outline

Sebelum mulai menulis, buatlah outline yang berisi poin-poin utama yang ingin kamu sampaikan. Ini akan membantu kamu tetap fokus dan terstruktur dalam menulis surat. Membuat outline adalah langkah pertama yang penting dalam menulis surat motivasi magang. 

Outline akan membantu kamu mengatur ide-ide kamu dan memastikan bahwa kamu menulis semua poin penting dalam surat kamu.

Dalam outline, tuliskan poin-poin utama yang ingin kamu sampaikan, seperti alasan melamar, keahlian yang dimiliki, dan tujuan yang ingin dicapai. Dengan outline yang jelas, kamu akan lebih mudah menulis surat motivasi yang menarik.

2. Riset Perusahaan

Selanjutnya, lakukan riset mendalam tentang perusahaan yang kamu lamar. Pahami visi, misi, nilai-nilai, dan proyek-proyek terbaru mereka.

Informasi ini akan sangat berguna untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar tertarik dan telah mempersiapkan diri dengan baik.

3. Gunakan Bahasa yang Sopan dan Mudah Dipahami

Berikutnya, gunakan bahasa yang sopan dan profesional, tetapi tetap mudah dipahami. Hindari penggunaan jargon atau istilah teknis yang tidak umum. Gunakan kalimat yang singkat dan jelas untuk menyampaikan poin-poin utama kamu. 

Ingatlah bahwa tujuan utama surat motivasi adalah untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif, jadi pastikan bahwa bahasa yang kamu gunakan tidak menghalangi pemahaman pembaca.

4. Fokus pada Kelebihan

Tampilkan kelebihan dan keahlian yang relevan dengan posisi magang yang kamu lamar. Jangan terlalu banyak menekankan pada kekurangan atau kelemahanmu.

Misalnya, jika kamu merasa kurang pengalaman, jelaskan bagaimana kamu bersemangat untuk belajar dan berkembang melalui program magang tersebut.

Tips:

Saat menulis kelebihan, pastikan jujur. Sebab, biasanya ini akan ditanyakan waktu nanti wawancara magang kalau ada tahapan wawancara. Jadi, jangan berlebihan juga ya.

5. Proofread Tulisan

Setelah selesai menulis, baca kembali surat motivasi magang kamu. Periksa apakah ada kesalahan ejaan atau tata bahasa. Minta bantuan teman atau mentor untuk membaca dan memberikan masukan.

Mereka mungkin dapat melihat kesalahan atau memberikan saran yang tidak kamu sadari. Dengan proofreading yang baik, kamu dapat memastikan bahwa surat motivasi kamu sempurna sebelum mengirimkannya.

Baca juga: Surat Izin Orang Tua Untuk Magang

Contoh Surat Motivasi Magang

Berikut adalah contoh surat motivasi magang yang bisa kamu jadikan referensi:

Yth. Tim Perekrutan PT. ABC,

Dengan hormat,

Melalui surat motivasi ini, saya ingin mengungkapkan minat saya untuk melamar posisi sebagai SEO Content Writer intern di PT. ABC. Saya adalah mahasiswa semester 6 di Universitas Andalas, jurusan Sastra Inggris. Setelah mempelajari visi dan misi PT. ABC, saya merasa yakin bahwa perusahaan ini adalah tempat yang tepat bagi saya untuk memulai karir saya.

Ketertarikan saya terhadap posisi ini berakar dari latar belakang pendidikan dan pengalaman saya dalam bidang sastra dan bahasa Inggris. Selama tiga tahun terakhir, saya telah mempelajari berbagai aspek bahasa dan sastra yang telah memperkuat kemampuan menulis dan analisis saya. Selain itu, saya memiliki pemahaman yang baik tentang SEO dan cara mengoptimalkan konten untuk mesin pencari.

Saya percaya bahwa pengetahuan dan keterampilan saya akan sangat berharga bagi PT. ABC. Saya adalah individu yang selalu bersemangat untuk belajar dan berkembang. Saya mampu beradaptasi dengan cepat, bekerja keras, dan memiliki keinginan kuat untuk terus belajar. Saya berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi dan tumbuh bersama PT. ABC.

Demikian surat motivasi ini, besar harapan saya agar dapat bergabung dan berkontribusi di PT. ABC. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan.

Hormat saya,

[Nama Kamu]

Nah, itulah contoh dari surat motivasi magang. Untuk versi gambar, bisa cek gambar berikut. Semoga bermanfaat, ya.

Contoh Surat Motivasi Magang
Contoh Surat Motivasi Magang

Ingatlah bahwa surat motivasi yang baik adalah yang mampu menggambarkan kepribadianmu, menunjukkan kesungguhanmu, dan menjelaskan dengan jelas mengapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi magang tersebut. Selamat mencoba dan semoga sukses.

(Penulis; Annisa Tri M)

Baca juga: