5 Contoh Tema Acara Kampus yang Menarik

Tema Acara Kampus yang Menarik bagi Mahasiswa

Siapa saja nih, yang saat ini menjadi panitia acara kampus dan masih bingung memikirkan tema yang akan digunakan agar kegiatan yang diselenggarakan bisa berlangsung dengan menarik?

Tidak perlu pusing, kali ini Duniakampus.id akan memberikan rekomendasi contoh tema acara kampus yang menarik sebagai bahan referensimu.

Merencanakan tema acara yang menarik tentu menjadi hal yang wajib dipikirkan oleh setiap panitia.

Dengan menghadirkan konsep tema yang menarik, bisa jadi acara yang sudah kamu rencanakan bersama anggota lainnya bisa mencapai tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Sebelum mengetahui contoh apa saja yang bisa digunakan, ayo simak terlebih dahulu beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar acara kampus bisa berjalan sukses dan menarik.

Tips Supaya Acara Kampus Menarik

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar acara kampus yang dirancang bisa berlangsung dengan menarik.

1. Merencanakan Konsep Acara yang Sesuai dengan Target Pasar

Dalam membuat sebuah acara kampus, kamu mesti jeli melihat target pasar agar sesuai dengan konsep yang sudah disusun.

Kamu bisa mempelajari target pasar ini dengan mengambil referensi dari acara serupa yang sudah diadakan oleh para senior sebelumnya.

Jika acara yang sudah dirancang baru pertama kali diadakan, kamu bisa mengetahui target pasar dengan melihat event-event lain yang menggunakan konsep serupa.

2. Diskusi dengan Stakeholder Kampus

Kamu juga harus berdiskusi dengan para stakeholder kampus terkait acara yang akan diadakan. Sebab, bagaimanapun juga acara yang diadakan oleh setiap mahasiswa masih berada di bawah lingkup sebuah perguruan tinggi.

Selain itu, diskusi dengan stakeholder kampus ini juga bisa membahas seputar kemungkinan besaran pendanaan yang akan digunakan untuk acara tersebut. Oleh sebab itu, persiapkan juga proposal acara dengan baik agar stakeholder kampus bisa memahami event yang akan diselenggarakan.

3. Pengenalan Acara Sejak Jauh Hari

Promosi juga menjadi hal penting yang mesti kamu perhatikan ketika membuat sebuah acara kampus. Kamu tentu tidak ingin acara yang sudah dikonsep sedemikian rupa tidak dihadiri oleh banyak orang karena kurangnya informasi yang tersebar.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi acara yang akan diselenggarakan. Selain itu, kamu bisa berkolaborasi dengan organisasi lain yang ada di kampus untuk mempromosikan acara yang sudah dirancang agar bisa menggaet lebih banyak pangsa pasar.

4. Kesiapan Panitia Acara

Keberlangsungan acara pada hari H menjadi tanggung jawab setiap panitia. Panitia acara harus mengetahui job desk dan tugas apa saja yang harus mereka lakukan selama event berlangsung.

Jika panitia selalu sigap dan sedia selama event berlangsung, maka bisa dipastikan rencana yang sudah disusun sejak jauh-jauh hari bisa berjalan secara keseluruhan dan acara berlangsung dengan sukses.

5. Menentukan Tema Acara yang Menarik

Poin terakhir yang wajib kamu perhatikan ketika membuat sebuah acara kampus adalah memastikan konsep tema acara agar bisa semenarik mungkin. Semakin menarik sebuah acara, maka akan semakin besar pula banyak orang yang akan menghadiri event tersebut.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memikirkan konsep tema acara yang menarik agar semua jerih payah tenaga yang sudah dikeluarkan pada saat persiapan bisa terbayarkan ketika event tersebut sudah terlaksana.

Baca juga: Cara Membuat Esai IISMA yang Menarik

Contoh Tema Acara Kampus yang Menarik

Terdapat beberapa pilihan tema acara kampus yang bisa kamu jadikan referensi ketika ingin membuat sebuah event, yaitu.

1. Tema Pendidikan

Ide pertama yang bisa kamu gunakan ketika membuat acara kampus adalah event yang bertema pendidikan. Tema yang satu ini tentu erat kaitannya dengan lingkungan kampus yang memang kental dengan nuansa akademik.

Banyak pilihan acara yang bisa kamu adakan dengan menggunakan konsep tema ini. Beberapa acara yang bisa digelar dengan tema pendidikan di antaranya lomba cerdas cermat, lomba karya tulis ilmiah, hingga pameran hasil dari sebuah penelitian.

Kamu juga bisa menggaet pangsa pasar yang beragam ketika mengadakan acara dengan tema ini. Kamu bisa memilih peserta acara yang berasal dari tingkat Sekolah Menengah Atas, atau bahkan mahasiswa dari kampus lainnya untuk ikut andil dalam event ini.

Pastikan agar kamu bisa menjalin kerja sama dengan para ahli, seperti dosen atau peneliti agar acara ini bisa berjalan sesuai dengan standarnya. Para ahli ini nantinya bisa menjadi juri atau penilai dari gelaran acara yang diselenggarakan dengan menggunakan tema pendidikan tersebut.

2. Tema Kesenian

Konsep kedua yang bisa kamu gunakan ketika membuat acara kampus adalah tema kesenian. Tema ini merupakan salah satu konsep yang banyak digunakan oleh mahasiswa ketika mengadakan sebuah acara kampus.

Biasanya, tema kesenian yang paling banyak digunakan untuk sebuah acara kampus berkaitan dengan penampilan pentas musik. Meskipun demikian, masih ada acara dengan tema kesenian lainnya yang juga bisa menjadi pilihanmu ketika mengadakan event di kampus, seperti pameran fotografi, teater, hingga pentas tari.

Kamu harus memikirkan setiap peralatan yang dibutuhkan untuk acara dengan tema kesenian ini dengan baik. Selain itu, alur penonton juga harus menjadi salah satu perhatian utama agar acara bisa berlangsung dengan lancar dan tertib.

3. Tema Olahraga

Konsep tema berikutnya yang bisa kamu gunakan ketika membuat sebuah acara adalah olahraga. Kamu bisa mengadakan turnamen dari berbagai macam olahraga populer, seperti sepakbola, futsal, badminton, hingga basket.

Tidak hanya menyehatkan, acara dengan konsep olahraga ini juga bisa menumbuhkan rasa sportivitas di antara pesertanya.

Pangsa pasarnya pun juga beragam, mulai dari siswa SMA, mahasiswa, bahkan hingga masyarakat umum. Selain itu, persiapan untuk mengadakan acara dengan tema ini mungkin tidak akan sesusah jika dibandingkan dengan konsep lainnya.

Meskipun demikian, kamu tetap harus memikirkan persiapan yang matang ketika menyelenggarakan acara dengan konsep ini. Beberapa persiapan yang perlu dipikirkan adalah tempat acara hingga wasit atau pengadil yang akan digunakan selama berlangsungnya event.

4. Tema Kewirausahaan

Konsep acara dengan tema kewirausahaan juga menjadi salah satu referensi yang bisa kamu gunakan ketika ingin mengadakan sebuah event.

Salah satu acara yang paling sering diselenggarakan dengan menggunakan konsep tema ini adalah bazar buku.

Kamu bisa bekerja sama dengan banyak penerbit buku yang nantinya akan dijual pada saat berlangsungnya acara ini.

Acara dengan konsep ini bisa melatih jiwa bisnis dan kewirausahaan dari setiap panitia yang terlibat. Bukan tidak mungkin, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan ketika menyelenggarakan acara tersebut.

5. Tema Gabungan

Kamu juga bisa menggabungkan semua tema di atas menjadi satu konsep dalam sebuah penyelenggaraan acara kampus.

Jika menggabungkan semua tema tersebut, kamu bisa mengadakan acara yang berbentuk rangkaian dan diselenggarakan di hari yang berbeda.

Dengan demikian, kemungkinan lebih banyak orang yang hadir juga semakin besar karena acara tersebut juga berlangsung lebih lama.

Akan tetapi perlu diingat, butuh sumber daya yang lebih besar ketika kamu ingin mengadakan acara dengan konsep ini.

Oleh sebab itu, kamu harus bisa mempersiapkan konsep dengan baik agar setiap sumber daya yang dimiliki bisa mencukupi untuk menggelar acara tersebut. Itulah lima contoh tema acara kampus menarik yang bisa kamu jadikan referensi ketika mengadakan sebuah event. Apakah kamu tertarik untuk mencoba tema acara tersebut?

Kamu ingin kolaborasi dengan Dunia Kampus untuk acara kampus? Bisa langung DM Instagram aja di @duniakampusid ya.

Baca juga: