PJ Matkul: Pengertian, Tugas, Keuntungan dan SUKA DUKA

PJ matkul

Tahukah kamu, ketika mengikuti perkuliahan di salah satu mata kuliah yang ada di kampus, maka salah seorang mahasiswa biasanya akan ditunjuk oleh dosen pengampu untuk menjadi PJ matkul. Biasanya ini disebut juga dengan koordinator mata kuliah dari pihak mahasiswa yang ditunjuk dosen.

Dalam artikel ini, Dunia Kampus akan memberikan berbagai macam informasi yang mungkin belum kamu ketahui tentang posisi tersebut.

Jadi simak artikel ini hingga bagian akhir ya, agar informasi yang kamu dapatkan bisa lengkap seutuhnya.

Apa Itu PJ Matkul?

PJ matkul atau penanggung jawab mata kuliah merupakan seorang mahasiswa yang ditunjuk langsung oleh dosen pengampu untuk membantunya di kelas yang diadakan.

Dalam kesehariannya, PJ matkul ini akan menjadi penghubung antara dosen dengan mahasiswa lainnya yang ada di mata kuliah tertentu.

Biasanya PJ matkul ini otomatis akan ditunjuk dari ketua angkatan yang ada di kelas tersebut.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan mahasiswa lain tetap bisa untuk menjadi seorang PJ matkul.

Tugas PJ Matkul

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, secara umum tugas seorang PJ matkul adalah untuk menjadi penghubung antara dosen dengan mahasiswanya.

Berikut ini beberapa tugas yang biasanya dilakukan oleh seorang PJ matkul dalam sebuah proses perkuliahan.

1. Narahubung dosen dan mahasiswa

PJ matkul bisa menjadi narahubung bagi dosen dan setiap mahasiswa. Jika dosen ingin menyampaikan informasi penting terkait mata kuliah, dia hanya perlu menghubungi PJ matkul tanpa perlu mengumumkan secara keseluruhan kepada setiap mahasiswa.

Begitu juga sebaliknya, jika seorang mahasiswa berhalangan hadir di kelas, dia bisa menitipkan surat izin kepada PJ matkul yang nantinya akan diberikan kepada dosen pengampu.

2. Mempersiapkan absensi dan presensi kelas

PJ matkul juga bertugas untuk menyiapkan presensi di mata kuliah tersebut. Biasanya presensi akan otomatis dibagikan di setiap kelasnya.

Meskipun demikian jika presensi belum ada, PJ matkul wajib mengambil absensi tersebut di petugas administrasi atau pihak terkait.

3. Mempersiapkan kelas dengan baik

PJ matkul juga bertugas untuk mempersiapkan kondisi kelas agar kondusif. Misalnya, ketika kelas akan mengadakan diskusi yang membutuhkan presentasi, PJ matkul harus mempersiapkan alat yang berhubungan dengan hal tersebut, seperti laptop dan proyektor.

4. Mengkoordinasikan informasi penting di kelas

Tugas terakhir dari seorang PJ matkul adalah melakukan koordinasi kepada dosen terhadap informasi yang penting untuk disampaikan kepada mahasiswa lainnya, seperti tugas dan jadwal ujian.

Dengan demikian, diharapkan setiap mahasiswa bisa melakukan persiapan yang lebih matang jika informasi yang diterima oleh PJ matkul sudah disampaikan secara keseluruhan.

Keuntungan Menjadi PJ Matkul

Meskipun terlihat berat, sebenarnya banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi PJ matkul.

Beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan ketika menjadi PJ matkul adalah.

1. Relasi yang baik dengan dosen

Ketika menjadi PJ matkul, maka kamu akan lebih dikenal oleh dosen jika dibandingkan dengan mahasiswa lainnya. Hal ini bisa menjadi modal positif bagi dirimu untuk membangun relasi yang baik dengan dosen.

Bukan tidak mungkin, relasi yang baik ini bisa saja memberikan dampak positif bagi kehidupanmu ke depannya.

2. Manajemen waktu yang baik

Kamu juga bisa mengasah kemampuan manajemen waktu dengan baik ketika menjadi PJ matkul. Ketika kamu menerima tanggung jawab ini, artinya kesibukan di perkuliahanmu otomatis akan bertambah pula.

Oleh sebab itu, butuh kemampuan mengatur waktu yang baik agar semua kewajibanmu, baik ketika menjadi PJ matkul atau sebagai mahasiswa yang belajar di kelas bisa dilaksanakan dengan baik.

3. Lebih maksimal dalam memahami materi mata kuliah

Menjadi PJ matkul secara tidak langsung akan mengharuskanmu untuk hadir di setiap jadwal kelas mata kuliah tersebut. Hal ini tentu akan berbanding lurus dengan pemahamanmu terhadap materi yang disampaikan jika bisa fokus dalam proses pembelajaran di kelas.

Suka Duka PJ Matkul

Sama seperti profesi maupun posisi lain, menjadi seorang Pj matkul tentu memberikan suka dan duka dalam prosesnya. Hal ini wajar terjadi karena tidak mungkin setiap proses yang kamu lalui akan enak dan sesuai dengan yang dibayangkan begitu saja.

Jika bicara suka ketika menjadi PJ matkul, kamu bisa mendapatkan berbagai macam manfaat seperti yang sudah disampaikan sebelumnya.

Manfaat ini bisa menjadi bekal berharga bagimu untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan yang ada di dalam diri.

Sebaliknya, berbagai macam halangan dan rintangan mungkin saja akan kamu alami selama berproses sebagai seorang PJ matkul.

Beberapa halangan yang bisa dialami oleh seorang PJ matkul di antaranya pesan yang tidak dibalas dosen, pengumpul tugas sementara dari mahasiswa lainnya, hingga tanggung jawab yang besar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kelas. 

Meskipun demikian, halangan ini tetap bisa memberikan dampak positif bagimu, khususnya dalam hal melatih kesabaran dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan.

Bagaimanapun juga, proses ketika menjadi PJ matkul akan menjadi pengalaman berharga yang bisa memberikan dampak positif nantinya.

Setelah membaca penjabaran di atas, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang PJ matkul? Jangan lewatkan juga informasi bermanfaat lain dalam artikel yang ada di Duniakampus.id ya.

Baca juga: