Cara Chat Dosen Untuk Mengingatkan Jadwal Kuliah & Contoh

Cara Chat Dosen Untuk Mengingatkan Jadwal Kuliah

Serba-serbi dunia perkuliahan memang selalu menarik, menyenangkan namun juga menantang. APalagi Ketika kita menemukan beberapa hal, seperti dosen lupa mengajar mata kuliah. Nah, jika terjadi hal demikian, apa sih yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa?

Sementara, Ketika mahasiswa mengingat dose nada jadwal kuliah, rasanya canggung dan terkesan kurang sopan. Tetapi di sisi yang lain, memang mahasiswa juga harus aktif agar tetap bisa belajar. 

Nah, ada acara chat dosen untuk  mengingat jadwal kuliah, tanpa merendahkan dan agar tetap mengedepankan kesopanan. 

Cara Chat Dosen Untuk Mengingatkan Jadwal Kelas

1. Buka Dengan Salam

Cara chat dosen untuk mengingatkan jadwal kuliah agar tetap mengutamakan sopan santun adalah, dengan membuka salam di pesan chat. Kamu bisa mengucapkan salam berdasarkan agama  dosen. Misalnya mengucapkan assalamualaikum. Jika tidak tahu agama dosen, bisa mengucapkan salam yang sifatnya umum. Seperti selamat pagi, selamat siang, selamat sore atau dengan kalimat pengganti lain. 

Jangan sekali-kali mengirimkan chat kepada dosen tanpa salam. Bagaimanapun juga, sebagai seorang mahasiswa sudah sepantasnya tahu sopan santun. Dan sebagai warga negara Indonesia juga harus menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya kita sebagai negara yang santun, beretika dan bermoral.

2. Menulis Mohon Maaf Untuk Mengingatkan Jadwal

Setelah menuliskan ucapan salam pembuka. Pastikan kamu menuliskan kata maaf untuk mengingatkan jadwal kuliah. Permohonan maaf ini juga sebagai bentuk sopan santun, karena kurang seorang mahasiswa mengingat dosen untuk mengajar kurang sopan dan terkesan lancang. 

Namun di sisi yang lain, dari konteks lain. Misalnya si Dosen sebelumnya sudah memberikan pesan, untuk mengingatkan jika ada jadwal kuliah, maka itu sah-sah saja, dengan catatan tetap memperhatikan etika sopan santun saat mengingatkan. 

3. Beri Pesan Yang Jelas Ada Kelas

Kita tahu bahwa setiap dosen memiliki kesibukan yang padat. Bahkan dosen kita tidak sekedar mengajar satu kelas di satu universitas. Sangat mungkin juga mengajar universitas lain atau memiliki kesibukan mengajar lain. Oleh karena itu, Ketika kamu dapat tugas mengingatkan jadwal kuliah dosen kamu wajib mencantumkan pesan yang jelas. 

Maksud dari mengirimkan pesan yang jelas adalah menyampaikan jadwal kuliah di jam sekian, kelas sekian, di universitas A/B/C dan di ruang 1/2/3 dan lain sebagainya. Setidaknya dengan menuliskan pesan yang jelas akan memudahkan beliau menangkap inti pesan. 

Hindari chat mengingatkan jadwal kuliah yang sifatnya bias atau tidak jelas. Karena selain menimbulkan potensi kebingungan, juga menimbulkan kesan-kesan negative lain. Seperti tidak sopan dan bisa sangat mungkin menciptakan rasa jengkel dan kecewa dosen. Padahal, Ketika seorang dosen marah, dampaknya bisa kemana-mana.

4. Minta Konfirmasi Apakah Ada Kelas Atau Tidak

Sebenarnya mengingatkan jadwal kuliah ke dosen juga membantu kita untuk mendapatkan kepastian. Maka tidak salah juga kamu juga bisa menyisipkan konfirmasi, apakah ada kelas atau tidak. Biasanya jika dosen sedang keluar kota dan sedang ada acara yang penting, maka dosen akan memberikan tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa. 

Sehingga mahasiswa tidak terlalu lama menunggu kehadiran dosen. Karena sudah dari awal sudah ada kejelasan. Dari sudut pandang yang lain, membantu mahasiswa yang rumah jauh dari kampus atau punya jadwal kerja paruh waktu bisa lebih efisiensi waktu. 

Jadi, mengingatkan jadwal kuliah ke dosen asal tahu etikanya dan caranya, itu tidak jelek dan bagus-bagus saja. Apalagi bagi dosen yang super sibuk, dengan chat diingatkan mengajar sangat membantu beliau juga. Karena kadang karena kepadatan beban kerja, beliau lupa kapan jadwal mengajar. 

5. Tutup Dengan Salam

Ketika pesan inti mengingat jadwal kuliah sudah cukup. Jangan lupa untuk menuliskan kalimat penutup. Bentuk kalimat penutup bisa berbentuk salam. Untuk bentuk kalimat salam sebenarnya bebas. Tergantung dari kebebasan ekspresi kamu kok. Sementara buat kamu yang tidak begitu mahir menulis kalimat yang bagus, bisa ucapkan salam biasa. 

Contoh Chat Dosen Mengingatkan Kuliah

Setelah mengintip cara chat dosen untuk mengingatkan jadwal kuliah di atas, rasanya kurang afdol jika tidak disertai dengan contoh konkrit. Berikut adalah contoh chat dosen untuk mengingatkan jadwal kuliah, yang dapat dijadikan sebagai gambaran. 

Contoh 1

Selamat pagi, Bapak Hanafi. Sebelumnya minta maaf, saya mengganggu waktu bapak sebentar. Mengingat pesan bapak pada kelas kemarin, jika bapak ingin diingatkan jadwal kuliah. Minggu ini tanggal 11 Maret 2024 ada jadwal kuliah metodologi penelitian yang bapak Ampu. Untuk Jadwal dan kelasnya di Fakultas Psikologi, Universitas Mendunia Jaya pukul 13.30 WIB. Apakah kelas minggu ini bapak akan hadir, atau akan diberi tugas? Sekian. Mohon maaf apabila ada kata kalimat yang kurang berkenan. Hormat kami, mahasiswa semester 5. 

Contoh 2

Selamat pagi Ibu Nur, saya Iruekkawa Elisa ingin mengkonfirmasi bahwa sekarang ada jadwal kuliah Psikologi Pendidikan di ruangan A1. Kira-kira apakah ada yang perlu kami kerjakan? Mengingat ibu Nur belum tiba di kelas. Terima kasih.

Itulah dua contoh cara chat dosen untuk mengingatkan jadwal kuliah. Untuk konteks isinya bisa kamu ubah sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Untuk Bahasa dan kalimatnya juga kamu kembangkan. Prinsipnya adalah sesuai dengan beberapa poin di atas. 

Semoga dari ulasan artikel di atas, sedikit memberikan wawasan, bahwasanya mengirimkan pesan dan mengirimkan chat kepada dosen tidak masalah. Karena bisa jadi dosen kita memang lupa dan sedang sibuk. Sehingga kita bisa konfirmasi untuk tugas di kelas. Semua akan baik-baik saja Ketika tahu tempat, waktu dan tahu sopan santun. Semoga ulasan ini bermanfaat. (Iruekkawa Elisa)

Artikel terkait dengan kegiatan mahasiswa di kuliah

Baca juga: