Manfaat Magang Bagi Perusahaan, Mahasiswa dan Kampus

Manfaat magang bagi mahasiswa perusahaan dan kampus

Sebagai mahasiswa pasti tidak asing lagi dengan istilah magang atau di beberapa perguruan tinggi disebut pelatihan kerja lapangan (PKL). Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi syarat kelulusan. Mahasiswa menerapkan ilmu yang diperoleh untuk memahami sistem kerja profesional di industri sebenarnya.

Terlepas dari mata kuliah wajib atau tidak, magang memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa, perusahaan, dan universitas itu sendiri. Apa sajakah manfaat tersebut? Yuk simak bareng-bareng.

Apa manfaat magang bagi perusahaan?

Magang dilakukan secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Dengan adanya program ini, perusahaan akan memperoleh beberapa manfaat antara lain:

1. Mendapatkan ide baru

Dengan adanya program magang atau internship, perusahaan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memberikan ide baru terhadap perusahaan.

Hal ini disebabkan karena mahasiswa lebih update trend masa kini dibandingkan para senior.

2. Menghemat pengeluaran perusahaan

Saat magang, perusahaan bisa menyeleksi karyawan sebaik mungkin untuk dipilih menjadi  karyawan tetap. Gaji karyawan magang jauh berbeda dengan karyawan tetap.

Meskipun belum berpengalaman, belum tentu tidak bisa melakukan arahan dan adaptasi terhadap pekerjaan. Mahasiswa magang pasti bisa menerima tanggung jawab yang telah diberikan.

3. Meningkatkan citra perusahaan

Program magang secara tidak langsung bisa meningkatkan citra perusahaan itu sendiri. Karyawan magang akan menceritakan pengalamannya selama bekerja.

Jadi, hanya dengan cerita dari mulut ke mulut, lingkungannya akan mencari tahu tentang perusahaan tempat mereka magang.

Manfaat magang bagi mahasiswa

Ketika magang, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Jadi, sayang banget jika kamu tidak memanfaatkan waktumu sebaik mungkin.

Nah, kira-kira apa sih manfaat magang bagi mahasiswa? Berikut manfaat magang terutama bagi mereka yang ingin langsung bekerja. Semoga membantu.

1. Mempraktikkan ilmu yang diperoleh selama kuliah

Dengan mengikuti magang, ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah bisa langsung kamu praktikkan untuk mengatasi permasalahan di masyarakat.

2. Belajar untuk bersosialisasi

Bergaul bersama teman kuliah dan kerja sangatlah berbeda. Di dunia kerja, seakrab apapun kamu, ada batasan profesional yang harus dijaga.

Contohnya, kamu mempunyai teman akrab berbeda departemen, saat memeriksa pekerjaan mereka, kamu harus bersikap objektif dan tidak menerimanya begitu saja.

3. Meningkatkan kualitas diri

Kemampuan berkomunikasi akan meningkat karena harus berkoordinasi dengan kolega lainnya. Hal ini berdampak positif pada semua aspek. Perusahaan melihat ini sebagai nilai plus ketika kamu melamar pekerjaan.

4. Eksplor berbagai karier dan pekerjaan

Bingung memilih pekerjaan adalah salah satu masalah bagi fresh graduate. Hal itu disebabkan karena kurang berpengalaman di dunia kerja secara langsung.

Dengan mengikuti magang, kamu bisa memikirkan dan merefleksikan apakah pekerjaanmu sesuai dengan bidang yang kamu minati atau tidak. Pengalaman tersebut sangat berguna bagi keputusan kariermu selanjutnya.

5. Meningkatkan relasi di lingkungan profesional

Semakin banyak relasi di lingkungan profesional, kamu akan mendapatkan kesempatan belajar dalam berbagai bidang, mendapatkan mentor berpengalaman, partner bisnis, partner bekerja (dipilih sebagai karyawan tetap), ataupun partner hidup.

6. Menambah pengalaman kerja pada resume

Tahukah kamu bahwa resume atau CV sangat penting dalam dunia kerja? Pengalaman magang bisa kamu masukkan dalam daftar resume loh. Pengalaman tersebut menjadi acuan penilaian bagi rekruiter saat kamu melamar pekerjaan.

Apalagi, jika kamu mendapatkan predikat memuaskan dalam magang tersebut. Tentunya kamu akan mendapatkan nilai plus dan berpeluang besar untuk diterima di perusahaan impian.

7. Membaca karakter orang lain

Kamu bisa mengetahui cara menyampaikan informasi secara efektif dan meminimalisir kesalahpahaman. Hal ini tidak hanya berguna selama magang, tapi juga untuk bekal di kemudian hari.

8. Hidup dalam perbedaan

Ada banyak karakter, sudut pandang, dan ide yang berbeda di kantor. Maka dari itu, belajar menghadapi perbedaan saat magang bisa melatihmu dalam menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.

9. Mengenal politik kantor

Politik kantor adalah hal yang tidak bisa dihindari, tapi bukan berarti kamu harus terlibat di dalamnya. Saling menjatuhkan antar karyawan dan manajer bisa terjadi juga di tempat magang.

Dengan mengenal politik kantor, kamu akan mengetahui pentingnya menghindari hal tersebut. Jika itu terjadi, tidak perlu ambil pusing. Kerjakan tugasmu seperti biasa, dan jangan dominan pada salah satu pihak.

10. Memperoleh penghasilan tambahan

Salah satu hal yang membuat mahasiswa tertarik mengikuti magang adalah memperoleh uang saku tambahan. Meskipun tidak semua magang menawarkan gaji atau upah, tetapi penghasilan yang kamu dapatkan dari magang tentu bisa menjadi pertimbangan.

Jangan membayangkan bahwa penghasilan magang sebesar pendapatan karyawan tetap di sana. Kamu bisa mendapatkan seperempat bahkan setengah dari penghasilan karyawan tetap.

Namun, jangan berkecil hati karena ilmu yang kamu dapatkan akan sangat bermanfaat bagi masa depanmu.

Baca juga: 10 Alasan Mengikuti Magang saat Wawancara

Apa sih manfaat magang bagi kampus/universitas itu?

Selain bermanfaat bagi mahasiswa dan perusahaan, magang juga bermanfaat bagi perguruan tinggi, diantaranya:

  1. Terjalinnya kerjasama/hubungan yang baik antara Universitas dengan perusahaan tempat mahasiswa magang.
  2. Universitas bisa meningkatkan kualitas lulusannya melalui pengalaman kerja Magang.
  3. Universitas akan lebih dikenal di dunia industri.

Itulah pentingnya magang bagi mahasiswa, perusahaan dan kampus. Jadi, apabila kamu berkesempatan mengikuti program ini maka nikmati prosesnya, serap ilmu sebanyak-banyaknya, dan jangan ragu untuk mencoba hal baru.

Baca juga: Contoh Portofolio Mahasiswa untuk Magang

Baca juga: