Hard Skill dan Soft Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa

hard skill yang harus dimiliki mahasiswa

Seberapa penting hard skill dan soft skill yang dimiliki oleh seorang mahasiswa sehingga harus menguasai hal tersebut?

Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas di pikiranmu, khususnya bagi kamu yang saat ini sedang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Memiliki kemampuan hard skill maupun soft skill akan meningkatkan kualitas diri dari seorang mahasiswa.

Lalu apa sih, sebenarnya yang dimaksud dengan hard skill dan soft skill tersebut?

Mengenal Hard Skill dan Soft Skill

Hard skill merupakan kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang yang bersifat langsung terlihat dan bisa dipraktekkan. Biasanya hard skill juga dikenal dengan sebutan keterampilan teknis.

Pada dasarnya, kemampuan hard skill akan berfokus pada pengembangan intelligence quotient atau IQ yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini berkaitan dengan penguasaan hard skill yang biasanya berkaitan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknik lainnya.

Di sisi lain, soft skill merupakan keterampilan bawaan yang sudah dimiliki oleh seseorang sejak dulunya. Bisa dibilang keterampilan soft skill identik dengan sifat maupun kepribadian yang dimiliki oleh seseorang.

Tidak ada pendidikan formal yang secara khusus mengajarkan tentang kemampuan soft skill, sebab keterampilan ini bersifat bawaan dari lahir. Hal ini disebabkan oleh keterampilan soft skill yang erat kaitannya dengan empati maupun kecerdasan emosional masing-masing individu.

Meskipun demikian, kamu bisa menumbuhkan kemampuan soft skill ini dengan membiasakan diri untuk melakukan berbagai hal yang menunjang keterampilan tersebut.

Seberapa Penting Kemampuan Hard Skill dan Soft Skill bagi Mahasiswa?

Hard skill dan soft skill sangat penting dimiliki oleh setiap mahasiswa. Memiliki kemampuan ini akan membuat seorang mahasiswa memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan orang lainnya.

Selain itu, kemampuan hard skill maupun soft skill juga akan dibutuhkan ketika seorang mahasiswa lulus dan terjun ke dunia kerja. Kedua kemampuan ini akan saling melengkapi dalam menyelesaikan tanggung jawab dan tugas-tugas yang diterima ketika bekerja nantinya.

Misalnya, kamu akan membutuhkan kemampuan hard skill, seperti mengoperasikan komputer, ketika ingin menyelesaikan tugas yang harus dikerjakan. Sementara itu, kemampuan soft skill akan sangat berguna ketika kamu berinteraksi maupun berhubungan dengan rekan kerja maupun orang lain yang ada di lingkungan pekerjaanmu.

Tips Meningkatkan Kemampuan Hard Skill dan Soft Skill

Setelah mengetahui seberapa penting seorang mahasiswa memiliki keterampilan hard skill maupun soft skill, langkah berikutnya yang bisa kamu ambil adalah meningkatkan kemampuan yang dimiliki tersebut.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skill.

1. Terus Belajar dan Berlatih

Segala sesuatu yang dilakukan secara berulang-ulang dan dipelajari dengan mendalam tentu akan bisa dikuasai nantinya.

Hal ini juga berlaku ketika kamu ingin meningkatkan kemampuan hard skill maupun soft skill.

Teruslah belajar untuk menggali potensi kemampuan apa lagi yang bisa kamu kuasai ke depannya.

Jangan lupa untuk terus berlatih secara konsisten agar kemampuan yang dimiliki tersebut bisa terus terasah dan semakin baik nantinya.

2. Menemukan Mentor yang Tepat

Jika kesulitan untuk mempelajari kemampuan hard skill maupun soft skill secara sendirian, kamu bisa mencari mentor yang tepat untuk memberikan arahan terkait keterampilan tersebut.

Kamu bisa mencari orang-orang yang berpengalaman di bidang tertentu untuk dijadikan sebagai seorang mentor.

Dengan memiliki mentor yang berpengalaman, kamu akan bisa menemukan sudut pandang lain dari hal-hal yang mungkin masih harus diperbaiki dalam menguasai kemampuan hard skill maupun soft skill

3. Mengikuti Kursus dan Pelatihan

Kamu juga bisa mengikuti kursus maupun pelatihan untuk meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skill yang dimiliki.

Pada saat ini banyak sekali kursus maupun pelatihan yang bisa kamu ikuti, baik yang berbayar maupun gratis. Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk mengikuti pelatihan yang diadakan langsung di tempat atau yang diselenggarakan secara daring.

Ketika mengikuti kursus biasanya kamu akan menerima sertifikat pelatihan ketika lulus nantinya. Sertifikat ini juga bisa menjadi dokumen yang bisa kamu gunakan ketika ingin mendaftar kerja setelah lulus dari perguruan tinggi nantinya.

4. Bergabung dengan Komunitas

Kamu juga bisa memanfaatkan komunitas maupun organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkungan kampusmu masing-masing.

Banyak Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM yang bisa kamu ikuti sesuai dengan ketertarikan yang dimiliki, seperti fotografi, seni, hingga jurnalisme.

Dengan bergabung bersama komunitas ini kamu akan bisa lebih fokus mendalami bidang yang sesuai dengan ketertarikan yang dimiliki.

Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan relasi dan hubungan dengan orang-orang lain yang memiliki minat dan ketertarikan yang sama denganmu.

5. Fokus dan Konsisten dalam Menerapkan Skill Baru

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skill adalah fokus dan tetap konsisten dalam berlatih keterampilan baru yang ingin dikuasai.

Mempelajari hal baru memang susah untuk dilakukan jika kamu tidak bisa fokus dan konsisten. Akan tetapi perlu diingat, jika kamu tidak fokus dan konsisten, bisa jadi progres yang sudah dilewati dalam mengasah kemampuan hard skill maupun soft skill akan hilang begitu saja.

Daftar Hard Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa

Berikut ini beberapa kemampuan hard skill yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa.

1. Teknologi Komputer

Di tengah kemajuan teknologi pada saat ini, memiliki kemampuan terkait komputer menjadi salah satu hal penting yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Terlebih, komputer atau laptop sudah menjadi salah satu peralatan yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa untuk menunjang pendidikannya di perguruan tinggi.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu agar bisa memiliki kemampuan tentang hal ini. Beberapa keterampilan yang bisa kamu asah terkait teknologi komputer di antaranya mengoperasikan Microsoft Office, Content Management System, hingga Typing Speed.

2. Marketing

Kemampuan hard skill kedua yang bisa dimiliki oleh seorang mahasiswa adalah marketing. Kemampuan ini menjadi salah satu keterampilan yang banyak dibutuhkan ketika kamu masuk ke dunia kerja nantinya.

Kamu bisa mulai mempelajari beberapa kemampuan yang berkaitan dengan dunia marketing, seperti Search Engine Optimization, Content Marketing, hingga Google Analytics.

3. Kepenulisan

Kemampuan menulis juga menjadi salah satu keterampilan hard skill yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa.

Terkadang seorang mahasiswa harus mengerjakan tugas dalam bentuk esai dalam beberapa mata kuliah tertentu.

Oleh karena itu, penting juga bagi setiap mahasiswa untuk memiliki kemampuan menulis agar tugas yang diberikan bisa diselesaikan dengan baik.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendalami dunia kepenulisan, kamu bisa mengasah keterampilan yang berkaitan dengan hal Content Writing, Copywriting, maupun Script Writing.

4. Desain

Memiliki kemampuan desain juga akan menjadi nilai tambah bagi seorang mahasiswa. Sebab, tidak setiap orang bisa menguasai keterampilan hard skill yang satu ini.

Kamu bisa mengasah kemampuan desain dengan mempelajari beberapa keahlian, seperti Photo Editing, Video Editing, hingga Graphic Designer.

5. Analisis Data

Kemampuan hard skill berikutnya yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa adalah analisis data. Ketika melakukan sebuah penelitian, keterampilan ini akan sangat dibutuhkan agar kamu bisa mengolah data dari sumber-sumber yang sudah dikumpulkan.

Beberapa keahlian yang bisa kamu pelajari terkait dengan analisis data adalah Database Management, Data Visualization, hingga Data Mining.

6. Kemampuan Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lain

Keterampilan hard skill terakhir yang wajib dimiliki oleh seorang mahasiswa adalah kemampuan Bahasa Inggris yang baik.

Di era globalisasi pada saat ini, kemampuan Bahasa Inggris sangat dibutuhkan agar kamu bisa tetap mengikuti perkembangan yang tengah terjadi di dunia.

Selain itu, kamu juga bisa menambah kemampuan yang dimiliki dengan mempelajari bahasa asing lainnya.

Daftar Soft Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa

Berikut beberapa soft skill yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa.

1. Komunikasi

Manusia sebagai makhluk sosial tentu membutuhkan interaksi dengan orang lain. Salah satu cara agar interaksi ini terjadi adalah ketika seseorang melakukan komunikasi dengan orang lain.

Penting bagi kamu untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar bisa memiliki hubungan yang baik dengan teman-teman lain yang ada di kampus.

Selain itu kamu juga bisa mengasah kemampuan komunikasi ketika berbicara di hadapan orang banyak. Hal ini akan sangat berguna ketika kamu akan melakukan presentasi maupun aktivitas serupa lain nantinya.

2. Kerja Sama

Kemampuan soft skill berikutnya yang wajib dimiliki oleh mahasiswa adalah kerja sama. Terkadang masing-masing mahasiswa akan dibagi ke dalam kelompok tertentu ketika mengerjakan tugas kuliah.

Dalam situasi inilah dibutuhkan kemampuan kerja sama antar anggota agar tugas yang diberikan bisa diselesaikan dengan baik.

Selain itu, kemampuan kerja sama yang baik ini juga akan berguna ketika kamu memasuki dunia kerja di masa yang akan datang.

3. Berpikir Kritis dan Kreatif

Memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif juga menjadis kewajiban yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa.

Dengan memiliki kemampuan ini, seorang mahasiswa bisa menemukan inovasi baru yang mungkin akan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat luas.

4. Fast Learning

Seorang mahasiswa juga dituntut untuk bisa cepat belajar hal baru atau fast learning. Jika tidak memiliki kemampuan ini, bisa jadi kamu malah ketinggalan dari orang lain dalam mempelajari suatu hal.

5. Problem Solving

Kemampuan soft skill terakhir yang wajib dimiliki oleh mahasiswa adalah problem solving atau pemecahan masalah. Ketika memiliki kemampuan ini, seorang mahasiswa akan bisa menemukan solusi dari situasi rumit yang mungkin akan dialami.

Dengan demikian diharapkan setiap mahasiswa bisa menyelesaikan masalah yang terjadi dengan baik.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui seputar kemampuan hard skill dan soft skill yang harus dikuasai oleh seorang mahasiswa. 

Penting bagi kamu untuk menguasai dan meningkatkan keterampilan hard skill maupun soft skill agar kemampuan yang dimiliki bisa terus meningkat di masa yang akan datang. Dapatkan informasi bermanfaat lain dengan terus membaca artikel terbaru yang ada di Duniakampus.id.

Yuk jadi mahasiswa produktif dengan kegiatan berikut.

Baca juga: