Ketua Angkatan Mahasiswa: Pengertian, Tugas, hingga Contoh Visi Misi

Ketua Angkatan Mahasiswa

Apakah ada di antara kamu yang pada saat ini sedang menjadi ketua angkatan mahasiswa? Atau apakah ada di antara kamu yang baru saja duduk di bangku perkuliahan yang ingin menempati posisi tersebut?

Menjadi ketua angkatan memang memberikan kesan dan gengsi tersendiri bagi kalangan mahasiswa. Meskipun demikian, tidak sembarangan orang bisa begitu saja untuk menempati posisi ini.

Sebelum mengenal lebih dalam tentang posisi tersebut, yuk, ketahui terlebih dahulu apa sih, yang dimaksud dengan ketua angkatan mahasiswa itu?

Apa Itu Ketua Angkatan Mahasiswa Jurusan?

Ketua angkatan jurusan adalah mahasiswa yang dipilih untuk menjadi ketua atau pemimpin dari sebuah angkatan tertentu.

Angkatan ini merujuk kepada setiap mahasiswa yang masuk pada tahun akademik yang sama.

Biasanya ketua angkatan akan langsung dipilih selang beberapa waktu ketika mahasiswa baru sudah mulai menjalankan aktivitas kuliah.

Ketua angkatan akan dipilih lewat musyawarah yang dilakukan oleh setiap mahasiswa. Jika musyawarah tidak selesai, maka pemilihan akan dilanjutkan dengan cara voting hingga hasil didapatkan.

Alasan Menjadi Ketua Angkatan Mahasiswa

Banyak alasan yang bisa kamu jadikan motivasi ketika ingin menjadi seorang ketua angkatan. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan ketika menempati posisi ini, seperti.

1. Belajar berorganisasi dari lingkungan terkecil

Menjadi ketua angkatan secara tidak langsung bisa menjadi gerbang awal bagi kamu untuk mulai berorganisasi di kampus. Kamu akan belajar tentang bagaimana bekerja sama dengan mahasiswa lain yang ada di angkatanmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengasah kemampuan pengambilan keputusan jika suatu waktu terjadi masalah dalam angkatanmu. Kemampuan-kemampuan ini bisa menjadi bekal positif bagi kamu jika ingin aktif berorganisasi nantinya, baik di kampus maupun di lingkungan lainnya.

2. Membangun relasi dan hubungan dengan orang lain

Kamu juga bisa memperluas relasi dan hubunganmu dengan orang lain ketika menjadi ketua organisasi. Kamu bisa mengenal lebih banyak mahasiswa yang ada di jurusanmu, baik yang berasal dari angkatan atas maupun bawah.

Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk lebih mengenal sivitas akademik lainnya yang ada di lingkungan kampus, seperti dosen maupun petugas administrasi. Hal ini tentu akan berdampak positif ketika kamu menjalani perkuliahan ke depannya.

3. Bisa ikut dalam kegiatan organisasi kampus

Ketika menjadi ketua angkatan, kamu bisa berkesempatan untuk ikut aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh organisasi kampus, seperti diskusi maupun acara serupa lainnya.

Kamu akan menjadi wajah dari angkatanmu dan menjadi perwakilan untuk hadir di forum yang diadakan tersebut.

4. Mengetahui informasi penting terlebih dahulu

Manfaat terakhir yang bisa kamu rasakan ketika menjadi ketua angkatan mahasiswa adalah bisa mengetahui informasi penting terlebih dahulu. Jika ada informasi maupun pengumuman yang akan disampaikan kepada angkatanmu, maka pihak kampus akan menghubungi terlebih dahulu agar menyampaikan hal tersebut kepada mahasiswa lain.

Dengan demikian, kamu bisa mengetahui informasi tersebut lebih cepat jika dibandingkan teman-teman lainnya yang ada di angkatanmu.

Tugas dan Fungsi Ketua Angkatan Mahasiswa

Meskipun bisa merasakan banyak manfaat dan keuntungan, bukan berarti menjadi ketua angkatan akan bisa dilalui dengan mudah begitu saja.

Secara umum, ketua angkatan memiliki tanggung jawab untuk memastikan kondisi dan hubungan antar mahasiswa yang ada di angkatan tersebut bisa terjalin dengan baik dan kondusif.

Untuk menjalankan tanggung jawab tersebut, terdapat beberapa tugas yang mesti diemban oleh ketua angkatan dalam kesehariannya, yakni.

1. Mengkoordinasi kegiatan angkatan

Ketika mahasiswa angkatan ingin melakukan sebuah kegiatan, maka ketua angkatan akan bertanggung jawab untuk bisa mengkoordinasi hal tersebut.

Ketua angkatan harus bisa mengatur agar kegiatan yang direncanakan bisa berjalan dengan lancar, seperti menyusun jadwal, menentukan tempat dan waktu kegiatan, mengumpulkan dan mengelola dana jika dibutuhkan, dan menghubungi pihak lain yang mungkin akan ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

2. Menjadi perwakilan angkatan

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ketua angkatan akan menjadi wajah dari angkatan tersebut di hadapan pihak lain.

Ketika terdapat sebuah diskusi yang melibatkan angkatan tersebut sebagai salah satu bagian, maka ketua angkatan bertugas untuk mewakili agar bisa hadir di pertemuan tersebut.

Ketua angkatan juga harus bisa menyerap aspirasi dari mahasiswa lainnya agar bisa disampaikan dengan baik dalam forum diskusi yang dihadirinya.

3. Menjaga hubungan setiap mahasiswa yang ada di angkatan

Ketua angkatan juga wajib menjaga hubungan antar mahasiswa bisa terjaga dengan baik. Hal ini bertujuan agar tidak ada percikan konflik yang muncul di antara mahasiswa tersebut.

Jika tugas ini bisa berjalan dengan baik, maka angkatan tersebut bisa kompak dan solid, sehingga mampu lebih mudah untuk mencapai tujuan yang ingin diraih bersama.

4. Menyelesaikan konflik yang terjadi di angkatan

Meskipun sudah berusaha menjaga hubungan antar sesama sudah terjalin dengan baik, terkadang konflik maupun masalah bisa saja terjadi dalam sebuah angkatan.

Jika masalah ini sudah terjadi, seorang ketua angkatan harus bisa menyelesaikan konflik tersebut agar hubungan antar mahasiswa bisa terjaga lagi nantinya.

5. Memperhatikan kondisi mahasiswa lain yang ada di angkatan

Ketua angkatan juga harus jeli dalam memperhatikan kondisi mahasiswa lain yang ada di angkatannya. Setiap mahasiswa yang berasal dari berbagai macam latar belakang berbeda membuat kondisi yang dialami beragam juga.

Jika bisa memperhatikan kondisi sekitar dengan seksama, ketua angkatan bisa saja berinisiatif untuk memberikan bantuan ketika ada mahasiswa yang berada dalam kondisi yang tidak baik.

6. Menjadi perpanjangan tangan dosen di angkatan tersebut

Dalam kesehariannya, ketua angkatan juga akan bertugas sebagai perpanjangan tangan dari dosen kepada angkatannya.

Jika terdapat beberapa informasi yang ingin disampaikan oleh dosen, baik dalam kehadiran kelas maupun tugas, maka hal tersebut biasanya akan langsung disampaikan kepada ketua angkatan.

Nantinya, ketua angkatan wajib menyampaikan informasi yang dia dapatkan kepada mahasiswa lain yang ada di angkatan tersebut.

Contoh Visi Misi Ketua Angkatan

Ketika terdapat beberapa kandidat yang maju dalam pemilihan ketua angkatan, masing-masing calon biasanya akan diminta untuk menyampaikan visi dan misinya sebagai bahan pertimbangan bagi mahasiswa lainnya.

Jika termasuk salah satu dari calon tersebut, kamu bisa menggunakan salah satu contoh dari visi dan misi ketua angkatan yang bisa disampaikan di depan mahasiswa lainnya, seperti.

Contoh Visi Ketua Angkatan

Menjadi ketua angkatan yang berintegritas, bertanggung jawab, dan mengayomi setiap mahasiswa

Contoh Misi Ketua Angkatan

Berikut misi yang akan dilakukan untuk mencapai visi tersebut.

  1. Meningkatkan rasa persatuan dan kekeluargaan antar sesama mahasiswa angkatan.
  2. Menentukan tujuan bersama yang ingin diraih nantinya
  3. Menjaga nama baik angkatan
  4. Menerima setiap saran dan masukan agar angkatan bisa lebih baik ke depannya.
  5. Menjalankan tugas dan amanah yang diberikan dengan maksimal.

Daftar Pertanyaan dan Jawaban untuk Menjadi Ketua Angkatan Mahasiswa

Berikut ini beberapa pertanyaan beserta jawabannya yang sering ditanyakan ketika kamu ingin menjadi ketua angkatan mahasiswa.

1. Apa motivasimu untuk menjadi ketua angkatan mahasiswa?

Pertanyaan ini biasanya ditujukan untuk mengetahui maksud dan motivasimu dalam menjadi ketua angkatan. Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan cara.

Motivasi saya untuk menjadi ketua angkatan adalah untuk mengasah kemampuan leadership dalam diri saya sendiri. Kemampuan ini bisa berguna ketika saya berorganisasi atau kerja sama dengan orang lain di masa yang akan datang.”

2. Bagaimana kamu mengatasi konflik internal yang mungkin saja terjadi di angkatan?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui langkah yang akan kamu ambil ketika terjadi sebuah konflik dalam angkatan. Pertanyaan ini bisa kamu jawab dengan cara.

Ketika terjadi konflik saya akan berusaha mencari akar permasalahan terlebih dahulu. Selain itu, saya akan menanyakan sudut pandang dari dua pihak yang berkonflik agar bisa memberikan solusi yang adil dan tidak berpihak.”

3. Bagaimana kamu menjalin hubungan dengan dosen maupun mahasiswa dari angkatan lain?

Di lingkungan kampus, kamu tidak hanya akan bertemu dengan angkatanmu saja. Kamu akan bertemu dan menjalin hubungan dengan setiap orang yang ada di kampus, mulai dari mahasiswa lain hingga para tenaga pendidik.

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana caramu untuk menjalin hubungan dengan orang lain sebagai wajah perwakilan dari angkatan. Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan cara.

Saya akan menjalin relasi dengan siapa saja yang ada di kampus. meskipun demikian, saya akan tetap memperhatikan batasan dan sopan santun yang diperlukan agar hubungan yang sudah dijalin bisa tetap terjaga dengan baik dalam waktu lama.”

4. Bagaimana kamu membagi waktu ditengah kesibukan perkuliahan untuk menjadi ketua angkatan sekaligus belajar di kelas?

Kesibukan aktivitas kampusmu akan bertambah ketika menjadi ketua angkatan. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana caramu dalam membagi dan mengatur waktu agar setiap kewajiban bisa berjalan dengan baik.

Pertanyaan ini bisa kamu jawab dengan cara.

Saya akan membuat jadwal kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya. Jadwal ini bisa menjadi pedoman agar saya bisa mengatur kegiatan dengan baik sehari-hari.”

5. Bagaimana cara kamu mengambil keputusan jika ada perbedaan pendapat dalam sebuah diskusi yang ada di angkatan?

Pertanyaan terakhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana caramu dalam menjadi penengah ketika ada perbedaan pendapat di angkatanmu. Cara menjawab pertanyaan ini adalah.

Saya akan mendengarkan semua pendapat yang disampaikan oleh setiap mahasiswa. Dalam pengambilan keputusan, saya akan kesepakatan mahasiswa lain secara musyawarah agar hasil yang didapatkan bisa disetujui oleh setiap orang.”
Itulah penjelasan lengkap tentang ketua angkatan mahasiswa. Kamu juga bisa mendapatkan informasi bermanfaat lainnya dengan terus mengikuti artikel terbaru yang ada di Duniakampus.id.

Baca juga: