Lembaga Pers Mahasiswa: Pengertian, Fungsi dan Contoh Proker

Lembaga pers mahasiswa

Kamu punya minat dan ketertarikan di bidang jurnalistik? Jika iya, pasti pernah mendengar tentang Lembaga Pers Mahasiswa. Namun, tahukah kamu sebenarnya apa peran dan fungsi yang diemban oleh lembaga ini?

Dalam artikel ini, Duniakampus.id akan mengulas lebih dalam tentang Lembaga Pers Mahasiswa. Mulai dari pengertian, fungsi, contoh proker, hingga memberi tahu apa saja manfaat jika kamu masuk lembaga pers ini. Jadi, simak sampai akhir, ya!

Apa itu Lembaga Pers Mahasiswa (LPM)? 

Lembaga Pers Mahasiswa adalah sebuah organisasi di lingkungan kampus yang bertanggung jawab untuk mengelola media pers, seperti majalah, radio, atau situs resmi kampus. Lembaga ini dijalankan dan dikelola langsung oleh mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang jurnalisme atau media.

Lembaga Pers Mahasiswa atau yang sering disingkat LPM ini termasuk ke dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Lembaga Pers Mahasiswa diawasi langsung oleh rektor dan dipimpin oleh redaksi yang biasanya merupakan dosen yang berpengalaman di bidang pers.

Tiap kampus memiliki LPM dengan nama berbeda, tetapi secara nasional, kegiatan LPM diawasi oleh Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI). Anggota LPM wajib mematuhi kode etik yang ditetapkan oleh PPMI, sejalan dengan prinsip kode etik pers nasional.

Mayoritas anggota LPM berasal dari jurusan ilmu komunikasi dan sastra, karena berkaitan erat dengan jurnalistik. Meski demikian, kamu dari jurusan lain yang memiliki minat menulis, public speaking, fotografi, atau kegiatan lainnya juga dapat bergabung sebagai anggota LPM.

Lantas apa saja fungsi Lembaga Pers Mahasiswa?

Fungsi dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM)

Fungsi utama dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) adalah menjadi media informasi dan komunikasi di lingkungan kampus. Lembaga Pers Mahasiswa bertanggung jawab untuk menyampaikan berita, kegiatan, dan informasi terkini yang terkait dengan kehidupan kampus kepada mahasiswa. Selain itu, Lembaga Pers Mahasiswa berfungsi sebagai sarana ekspresi dan partisipasi mahasiswa dalam menyuarakan pendapat, ide, serta kegiatan positif di lingkungan kampus.

Tak hanya itu, Lembaga Pers Mahasiswa memiliki fungsi penting dalam membangun kesadaran dan identitas kampus, serta memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan jurnalistik, penulisan, fotografi, dan kemampuan lainnya terkait dunia pers. 

Melalui publikasinya, Lembaga Pers Mahasiswa dapat menjadi tempat diskusi antara mahasiswa, sehingga Lembaga Pers Mahasiswa berperan juga sebagai pemersatu semua masyarakat di lingkungan kampus.

Nah itu tadi fungsi LPM. Sekarang, apa kamu penasaran apa saja contoh proker yang biasanya diselenggarakan LPM? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Contoh Proker Lembaga Pers Mahasiswa dan Tujuannya

Proker Pers Mahasiswa
Proker Pers Mahasiswa

Berikut beberapa contoh proker Lembaga Pers Mahasiswa di kampus beserta dengan tujuannya:

1. Mengadakan Seminar Jurnalistik

Contoh proker Lembaga Pers Mahasiswa yang pertama adalah mengadakan Seminar Jurnalistik, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang jurnalistik. Melalui seminar ini, diharapkan mahasiswa dapat memperdalam pengetahuan tentang teknik-teknik jurnalistik, etika, dan tren terkini dalam dunia pers. 

2. Mengadakan Pelatihan Fotografi Jurnalistik

Selanjutnya, terdapat proker Pelatihan Fotografi Jurnalistik yang memberikan pelatihan dalam bidang fotografi yang berkaitan dengan kegiatan jurnalistik. Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan fotografi mahasiswa, terutama dalam liputan berita dan dokumentasi acara. Proker ini berguna untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang mendukung liputan berita dan meningkatkan daya saing di dunia pers.

3. Mengadakan Pelatihan Penulisan Opini

Contoh proker Lembaga Pers Mahasiswa ketiga adalah Pelatihan Penulisan Opini, yang bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang penulisan opini yang berbobot dan dapat memicu diskusi. Melalui proker ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan menulis opini, meningkatkan analisis situasi, dan memahami cara menyampaikan ide dengan baik. 

4. Mengadakan Ajang Debat Pers Mahasiswa 

Contoh proker Lembaga Pers Mahasiswa berikutnya adalah mengadakan Ajang Debat Pers Mahasiswa yang bertujuan melaksanakan kompetisi debat untuk memupuk keterampilan berbicara dan berargumen. Tujuan lainnya adalah untuk mengembangkan kemampuan berbicara mahasiswa, meningkatkan kepercayaan diri, dan memahami berbagai sudut pandang dalam diskusi. Selain itu, ajang ini juga berguna untuk mengasah keterampilan debat yang berguna di dunia pers.

5. Mengadakan Pameran Karya Jurnalistik

Terakhir, contoh proker Lembaga Pers Mahasiswa adalah mengadakan Pameran Karya Jurnalistik Mahasiswa. Tujuannya adalah memperkenalkan kualitas karya jurnalistik mahasiswa kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan apresiasi terhadap pers mahasiswa. 

Nah itulah beberapa proker yang biasanya diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa. Ada banyak sekali tentunya manfaat yang akan didapatkan jika mengikuti Lembaga Pers Mahasiswa ini. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaatnya di bawah.

Manfaat Masuk Lembaga Pers Mahasiswa

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu masuk Lembaga Pers Mahasiswa:

1. Menambah Pengalaman

Manfaat pertama jika kamu masuk Lembaga Pers Mahasiswa adalah menambah pengalamanmu di bidang jurnalistik. Pengalaman ini tidak hanya mengenai proses penulisan berita, tetapi juga menggali lebih dalam tentang etika jurnalistik.

2. Membangun Relasi

Sebagai anggota pers mahasiswa, kamu akan sering berinteraksi dengan beragam orang dari latar belakang yang berbeda, baik di dalam maupun di luar kampus. Dengan begitu, kesempatan ini dapat kamu manfaatkan untuk membangun relasi sebanyak-banyaknya.

3. Mengasah Kemampuan Menulis

Kegiatan meliput dan menulis berita secara rutin akan membantu meningkatkan kemampuan menulis kamu, memperbaiki struktur bahasa, dan melatih keahlian menyampaikan informasi dengan jelas kepada pembaca.

4. Mengasah Skill Fotografi, Desain Grafis, dan Layout

Menjadi anggota Lembaga Pers Mahasiswa tidak hanya sebatas mendalami kepenulisan, tetapi juga melibatkan aspek visual. Tugas-tugas jurnalistik seringkali juga menuntut seorang reporter untuk mencakup peran sebagai fotografer atau bahkan layouter. Hal ini dapat mempertajam keterampilan jurnalistik kamu.

5. Bertemu Pimpinan Tertinggi Kampus

Tidak semua mahasiswa dapat berkomunikasi langsung dengan pejabat kampus, seperti Rektor atau Dekan Fakultas. Namun, dengan menjadi Jurnalis LPM, kamu akan memiliki banyak peluang untuk berinteraksi langsung dengan mereka melalui wawancara saat meliput berbagai kegiatan.

6. Bertemu Para Jurnalis Profesional 

Di Lembaga Pers Mahasiswa, kamu akan dapat kesempatan bertemu dengan jurnalis profesional melalui berbagai kegiatan jurnalistik yang diadakan LPM, seperti kunjungan media atau workshop. Hal Ini memberikan peluang untuk kamu belajar langsung dengan para profesional di bidang jurnalistik.

7. Memperluas Peluang Karir

Manfaat utama dari aktif menjadi anggota Lembaga Pers Mahasiswa adalah memiliki peluang karir yang lebih luas. Menjadi anggota pers mahasiswa bukan hanya sekadar tentang menulis, melainkan juga mencakup pembelajaran dalam berbagai bidang seperti fotografi, pengeditan video, desain grafis, teknik pemasaran, hingga percetakan. Dengan begitu, secara tidak langsung, kamu dapat menguasai bermacam keterampilan. Sehingga kamu akan memiliki kesempatan lebih besar merambah berbagai bidang pekerjaan.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan jika mengikuti Lembaga Pers Mahasiswa. Dengan berbagai proker yang diselenggarakan, anggota LPM dapat memperluas pengalaman, membangun relasi, mengasah keterampilan menulis, fotografi, dan manfaat lainnya seperti yang telah dijelaskan di atas. Jadi, jangan ragu untuk bergabung di Lembaga Pers Mahasiswa di kampusmu!

Baca dan eksplor lebih banyak informasi seputar “organisasi mahasiswa” lainnya hanya di duniakampus.id

Baca juga: