10 Perlengkapan Kuliah Mahasiswa Baru (Wajib Disiapkan)

Perlengkapan Kuliah Mahasiswa Baru

Apakah kamu sudah mempersiapkan semua perlengkapan kuliah yang harus dimiliki oleh mahasiswa baru?

Ketika dipastikan lulus di sebuah perguruan tinggi, setiap mahasiswa baru tentu sudah memikirkan perlengkapan apa saja yang mesti mereka siapkan untuk menunjang pendidikan di kampus nantinya.

Terlebih, jika kamu merupakan mahasiswa rantau, maka hal ini harus dipikirkan matang-matang. Mencari barang-barang yang dibutuhkan di tempat baru tentu lebih sulit jika dibandingkan dengan di tempat asal masing-masing.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap mahasiswa baru untuk menyusun daftar perlengkapan apa saja yang mereka butuhkan ketika berkuliah nantinya. Dengan demikian, kamu akan lebih siap ketika memulai kehidupan kampus tanpa perlu khawatir lagi.

Kira-kira apa saja ya, perlengkapan yang harus dipersiapkan bagi setiap mahasiswa baru?

10 Perlengkapan Kuliah Mahasiswa Baru

Berikut 10 perlengkapan kuliah yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa baru versi Duniakampus.id yang bisa kamu jadikan sebagai referensi sebelum memulai perkuliahan di kampus.

1. Laptop

Pada saat ini, laptop bisa dibilang menjadi salah satu kebutuhan dasar setiap orang, tidak hanya untuk pekerja, tetapi juga bagi setiap mahasiswa.

Laptop memang menjadi salah satu perlengkapan yang menunjang bagi kehidupan kampus mahasiswa. Banyak tugas-tugas yang saat ini sudah tidak lagi dikerjakan dengan tulisan tangan, tetapi harus diketik dan dicetak untuk dikumpulkan di masing-masing mata kuliah.

Selain itu, laptop juga bisa kamu gunakan untuk berbagai hal positif lainnya, seperti mencari jurnal online, hingga melatih soft skill dengan menggunakan tools yang bisa kamu install di laptop yang dimiliki.

Ketika membeli laptop baru, pastikan perlengkapan yang akan kamu beli sesuai dengan kebutuhan kampusmu. Hal ini bertujuan agar laptop yang kamu miliki bisa digunakan dengan maksimal untuk kegiatan kampus nantinya.

2. Smartphone

Selain laptop, smartphone juga menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan oleh setiap orang, khususnya mahasiswa.

Smartphone yang kamu miliki bisa menjadi media komunikasi dengan mahasiswa lainnya. Sebab, beberapa media sosial, seperti Whatsapp, Instagram, hingga X (Twitter) seringkali menjadi wadah bagi setiap orang untuk saling bertukar informasi.

Selain itu, smartphone juga bisa kamu gunakan sebagai media alternatif untuk mengerjakan tugas. Misalnya, ketika laptopmu rusak atau sedang diperbaiki, kamu bisa mengerjakan tugas menggunakan smartphone yang dimiliki.

3. Binder atau Buku Catatan

Perlengkapan selanjutnya yang wajib kamu persiapkan sebagai mahasiswa baru adalah binder atau buku catatan. Perlengkapan ini bisa kamu gunakan untuk mencatat setiap materi yang disampaikan oleh dosen ketika mengikuti kelas di kampus.

Meskipun sudah ada kemajuan teknologi, seperti laptop dan smartphone, mencatat manual di binder tetap menjadi pilihan bagi kalangan mahasiswa. Dengan mencatat kembali materi yang disampaikan dosen, diharapkan ilmu yang didapatkan bisa dipahami dan diingat dalam jangka waktu yang lebih lama.

4. Flash Disk atau Hard Disk

Kamu juga harus mempersiapkan media penyimpanan, seperti flash disk atau hard disk ketika menempuh pendidikan di perguruan ini. Dua alat ini bisa menjadi tempat penyimpanan file-file penting yang kamu miliki jika media yang ada di laptop tidak terlalu besar.

Selain itu, flash disk dan hard disk juga bisa menjadi tempat penyimpanan alternatif jika suatu waktu laptop yang kamu miliki mengalami kerusakan. Dengan demikian, file-file penting yang kamu miliki tetap bisa diakses dan tidak hilang begitu saja.

5. Power Bank

Power bank juga menjadi salah satu perlengkapan penting yang harus kamu miliki. Perlengkapan ini bisa menjadi penyelamat ketika daya baterai smartphone-mu sudah berkurang, atau bahkan habis sehingga tidak menyala.

Selain untuk perkuliahan, power bank ini juga bisa kamu gunakan ketika melakukan perjalanan jauh nantinya. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir baterai smartphone akan habis begitu saja meskipun belum menemukan colokan listrik.

6. Perlengkapan Audio

Ketika menjalani pendidikan di kampus, kamu juga harus memikirkan untuk memiliki perlengkapan audio pribadi, seperti headset atau sejenisnya.

Perlengkapan audio ini bisa kamu gunakan untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk kehidupan kampus, seperti mendengarkan podcast atau musik-musik yang disukai. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur audio book untuk mendengarkan buku-buku referensi yang ada di media online tanpa perlu membacanya secara langsung.

7. Alat Tulis

Perlengkapan selanjutnya yang harus kamu persiapkan adalah alat-alat tulis, seperti pulpen, pensil, penggaris, hingga pembatas buku.

Alat-alat tulis ini akan bermanfaat ketika kamu mencatat materi di dalam kelas maupun mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah.

8. Buku Referensi Kuliah

Kamu juga harus mempersiapkan buku-buku yang terkait dengan jurusanmu yang nantinya akan digunakan sebagai referensi ketika menjalani perkuliahan.

Kamu bisa mencari buku referensi ini di toko buku yang ada di sekitar kampusmu, atau dengan memesan langsung di toko online.

Perlu diingat, pastikan membeli buku dari penerbit aslinya dan bukan bajakan ya, agar kamu tetap menghargai karya yang dihasilkan oleh seorang penulis.

9. Tas Kuliah

Perlengkapan berikutnya yang harus kamu persiapan sebagai mahasiswa baru adalah tas kuliah. Kamu bisa memilih tas yang berbahan dasar bagus dan kuat, sebab biasanya setiap mahasiswa akan membawa barang bawaan yang banyak, seperti buku, laptop, dan bekal ketika pergi ke kampus.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan perlengkapan ini dalam jangka waktu lama jika membeli tas yang berbahan dasar bagus dan kuat, sehingga bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan ketika berkuliah nantinya.

10. Seragam Lengkap

Terakhir, kamu harus mempersiapkan seragam yang akan digunakan untuk kegiatan sehari-hari di kampus. Meskipun berbeda dengan siswa sekolah yang memiliki seragam khusus, perguruan tinggi tetap memberikan aturan terkait cara berpakaian kepada setiap mahasiswa.

Hal ini bertujuan agar setiap mahasiswa tetap bisa berpakaian sopan dan rapi ketika belajar di kampus. Beberapa hal yang bisa kamu perhatikan terkait cara berpakaian di kampus ini adalah baju, celana, hingga sepatu yang akan digunakan ketika berkuliah nantinya.

Itulah 10 perlengkapan yang harus kamu persiapkan, khususnya bagi mahasiswa baru sebelum memulai perkuliahan di kampus. Temukan informasi menarik lainnya seputar kehidupan perkuliahan dalam artikel lain yang ada di Duniakampus.id.

Baca juga: