Surat Keterangan Mahasiswa Aktif: Pengertian, Cara Membuat, dan Contoh

Surat Keterangan Mahasiswa Aktif

Surat Keterangan Mahasiswa Aktif merupakan salah satu dokumen yang pasti akan kamu butuhkan selama menjadi mahasiswa. Pasalnya, dokumen resmi ini biasanyamenjadi syarat untuk berbagai peluang dan kesempatan. Mulai dari melamar beasiswa, mengurus kepengurusan, hingga mengikuti kegiatan kemahasiswaan.

Akan tetapi, apa sih sebenarnya Surat Keterangan Mahasiswa Aktif itu dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini!

Apa itu Surat Keterangan Mahasiswa Aktif

Surat Keterangan Mahasiswa Aktif adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi untuk membuktikan bahwa kamu masih terdaftar sebagai mahasiswa aktif di semester dan tahun akademik tertentu.

Surat Keterangan Mahasiswa Aktif biasanya memuat informasi seperti nama, NIM, jurusan, semester, dan tahun akademik. Surat ini memiliki beberapa fungsi. Untuk lebih jelasnya, simak di pembahasan berikutnya, ya.

Fungsi Surat Keterangan Mahasiswa Aktif

Seperti yang telah dijelaskan di atas, surat keterangan mahasiswa aktif memiliki beberapa fungsi penting, yaitu:

1. Sebagai syarat untuk melamar beasiswa 

Banyak program beasiswa yang mewajibkan pendaftarnya untuk melampirkan Surat Keterangan Mahasiswa Aktif sebagai bukti status aktif mereka. Hal ini untuk memastikan bahwa beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa yang benar-benar masih menempuh pendidikan.

2. Untuk mengurus kepengurusan

Surat Keterangan Mahasiswa Aktif terkadang juga dibutuhkan untuk mengurus berbagai keperluan di luar kampus, seperti membuka rekening bank, mendaftar asuransi, atau mengikuti pelatihan. Sebagai contoh, kamu mungkin memerlukan Surat Keterangan Mahasiswa Aktif untuk membuka rekening bank mahasiswa. Bank biasanya mensyaratkan Surat Keterangan Mahasiswa Aktif sebagai bukti bahwa kamu memang masih berstatus sebagai mahasiswa dan berhak mendapatkan benefit dari rekening tersebut.

3. Sebagai bukti mengikuti perkuliahan

Surat Keterangan Mahasiswa Aktif bisa menjadi bukti bahwa kamu mengikuti perkuliahan dengan baik saat melamar magang atau pekerjaan. Ketika melamar magang atau pekerjaan, kamu mungkin akan diminta untuk menunjukkan bukti bahwa kamu masih aktif kuliah. Surat Keterangan Mahasiswa Aktif bisa menjadi bukti yang valid untuk hal tersebut.

4. Untuk memenuhi syarat mengikuti kegiatan kemahasiswaan

Beberapa kegiatan kemahasiswaan, seperti seminar atau lomba, mewajibkan pesertanya untuk menunjukkan Surat Keterangan Mahasiswa Aktif. Hal ini untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa yang benar-benar aktif dan masih menempuh pendidikan.

Cara Membuat Surat Keterangan Mahasiswa Aktif

Setelah mengetahui fungsi-fungsi penting Surat Keterangan Mahasiswa Aktif, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat Surat Keterangan Mahasiswa Aktif:

  • Datanglah ke bagian administrasi akademik di kampusmu. Biasanya, bagian ini terletak di gedung rektorat atau fakultas.
  • Bawalah beberapa dokumen yang diperlukan, seperti kartu identitas mahasiswa (KTP/SIM) dan bukti pembayaran SPP.
  • Isi formulir permintaan Surat Keterangan Mahasiswa Aktif yang disediakan. Formulir ini biasanya berisi informasi seperti nama, NIM, jurusan, semester, dan tahun akademik.
  • Tunggulah proses pembuatan Surat Keterangan Mahasiswa Aktif. Prosesnya biasanya tidak memakan waktu lama, sekitar 1-2 hari kerja.
  • Ambil Surat Keterangan Mahasiswa Aktif yang sudah jadi. Pastikan kamu memeriksanya kembali untuk memastikan bahwa semua informasi yang tercantum adalah benar dan akurat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah membuat Surat Keterangan Mahasiswa Aktif dan memanfaatkan berbagai fungsinya.

Baca juga artikel terkait.

Contoh Surat Keterangan Mahasiswa Aktif

Berikut adalah contoh surat keterangan mahasiswa aktif:

FAKULTAS TEKNIK

Alamat Jalan Tentara Pelajar No 01 Yogyakarta Telp (0274) 3939757 Fax (0274) 46827346 email majulancar@gmail.com


SURAT KETERANGAN MASIH KULIAH

Nomor: /UN27.9/KM/2020

Nama : Fajar Herlambang

NIP : 01984736587342

Pangkat/Golongan : (Isi golongan yang sesuai)

Jabatan : Wakil Dekan

Dengan ini menyatakan bahwa:

Nama : Maulana Mail

NIM : 0129847547336

Tempat, tanggal lahir : Palembang, 17 Agustus1999

Adalah benar-benar mahasiswa fakultas SS Universitas XX:

  • Jurusan : Matematika
  • Tingkat/Semester : III
  • Pada Tahun Pelajaran : 2023

Dan bahwa orangtua/wali tersebut adalah:

  • Nama : Sulaiman
  • NIP/Buku Pemb.
  • Pensiun No. : 99957263540
  • Pangkat/Gol. Ruang
  • Gaji Pensiun Dari : diisi sesuai gaji pensiunan
  • Instansi : Isi instansi bapak Sulaiman
  • Keterangan : Mahasiswa tersebut adalah benar-benar menjadi tanggungan orangtua/walil dan belum menikah.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan apabila di kemudian hari, surat pernyataan ini ternyata tidak benar yang mengakibatkan kerugian negara republik Indonesia, maka yang bersangkutan bersedia Menanggung Kerugian.

Yogyakarta, 24 September 2023

Universitas XX

Dekan FMIPA XX

Nama Terang

NIP….

Nah, itulah salah satu contoh Surat Keterangan Mahasiswa Aktif. Contoh surat di atas hanya untuk referensi. Format surat mungkin berbeda-beda di setiap kampus. Pastikan kamu menggunakan format surat yang sesuai dengan kebijakan kampusmu, ya.

Kesimpulan

Surat keterangan mahasiswa aktif adalah dokumen penting yang memiliki berbagai fungsi dan mudah dibuat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menggunakan contoh surat yang disediakan, kamu bisa mendapatkan Surat Keterangan Mahasiswa Aktif yang kamu butuhkan untuk berbagai keperluan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: