4 Tugas Humas dalam Organisasi Kampus yang Harus Diketahui

tugas humas dalam organisasi kampus

Kamu seorang mahasiswa aktif yang ingin bergabung dengan organisasi kampus dan ingin atau berencana menjadi humas? Jika iya, maka kamu perlu tahu apa saja tugas Humas dalam organisasi kampus yang akan dijelaskan dalam artikel ringkas ini berdasarkan pengalaman penulis.

Humas atau hubungan masyarakat adalah salah satu divisi penting dalam organisasi kampus. Divisi ini bertugas untuk menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal organisasi.

Jika kamu mau seleksi wawancara organisasi mahasiswa, lebih baik baca artikel sebelumnya berikut tentang “Pertanyaan dan jawaban wawancara organisasi mahasiswa“.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tugas Humas, simak dahulu penjelasan tentang apa itu Humas dalam organisasi kampus berikut.

Apa itu Humas dalam Organisasi?

Humas dalam organisasi adalah bagian dari organisasi yang bertugas untuk mengelola komunikasi dengan publik. Humas bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi tentang organisasi kepada publik, membangun hubungan baik dengan publik, dan menangani krisis komunikasi.

Secara umum, Humas memiliki peran yang penting untuk mencapai tujuan organisasi. Dengan peran yang efektif, Humas dapat membantu organisasi untuk mendapatkan dukungan dari publik, meningkatkan citra positif organisasi, dan mencapai tujuan organisasi.

Tugas Humas dalam organisasi kampus tidak hanya terbatas pada komunikasi internal dan eksternal, tetapi juga mencakup peran-peran strategis lainnya. Agar kamu lebih paham, simak beberapa tugas Humas dalam organisasi kampus berikut.

Tugas Humas dalam Organisasi Kampus

Berikut adalah beberapa tugas Humas dalam organisasi kampus:

1. Menyampaikan informasi tentang organisasi

Tugas utama Humas adalah menyampaikan informasi tentang organisasi kepada publik. Informasi yang disampaikan dapat berupa kegiatan organisasi, program kerja, prestasi organisasi, dan lain-lain. Humas dapat menyampaikan informasi melalui berbagai media, seperti website, media sosial, media cetak, dan lain-lain.

Penyampaian informasi oleh Humas harus dilakukan secara jelas, akurat, dan tepat waktu. Humas juga harus memperhatikan target audiens yang ingin dijangkau. Misalnya, jika informasi ditujukan untuk mahasiswa, maka bahasa yang digunakan harus disesuaikan dengan bahasa yang digunakan oleh mahasiswa.

2. Membangun hubungan baik dengan publik

Humas juga bertugas untuk membangun hubungan baik dengan publik, baik publik internal maupun publik eksternal. Humas dapat membangun hubungan baik dengan publik melalui berbagai kegiatan, seperti sosialisasi, komunikasi langsung, dan lain-lain.

Sosialisasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan organisasi kepada publik. Humas dapat melakukan sosialisasi melalui berbagai media, seperti poster, spanduk, brosur, dan lain-lain.

Komunikasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan untuk berinteraksi langsung dengan publik. Humas dapat melakukan komunikasi langsung dengan publik melalui berbagai kegiatan, seperti rapat, diskusi, dan lain-lain.

3. Menangani krisis komunikasi

Humas juga bertugas untuk menangani krisis komunikasi. Krisis komunikasi dapat terjadi karena berbagai hal, seperti kesalahan informasi, konflik internal, dan lain-lain. Humas bertugas untuk menangani krisis komunikasi dengan cara berkomunikasi dengan publik, memberikan klarifikasi, dan mengambil langkah-langkah perbaikan.

Ketika terjadi krisis komunikasi, Humas harus bertindak cepat dan tepat. Humas harus berkomunikasi dengan publik untuk menjelaskan situasi yang terjadi. Humas juga harus memberikan klarifikasi tentang informasi yang beredar. Selain itu, Humas juga harus mengambil langkah-langkah perbaikan untuk mencegah terjadinya krisis komunikasi di masa mendatang.

4. Membantu organisasi dalam menghadapi isu-isu publik

Humas juga dapat membantu organisasi dalam menghadapi isu-isu publik. Humas bisa melakukan hal ini dengan memberikan informasi dan edukasi kepada publik, serta membangun hubungan baik dengan berbagai pihak.

Kesimpulan

Tugas-tugas Humas dalam organisasi kampus dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis organisasi tersebut. Namun, secara umum, tugas Humas adalah untuk membangun hubungan baik dengan publik, meningkatkan citra dan reputasi organisasi, serta mencapai tujuan organisasi.

Jika kamu tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang organisasi kampus, kamu bisa baca artikel kategori “organisasi” di duniakampus.id.

Baca juga: