Mengulang Mata Kuliah: Penyebab dan Cara Mengulanginya

mengulang mata kuliah

Apakah kamu pernah satu kelas dengan kakak tingkat yang mengulang mata kuliah ketika sedang menjalani pendidikan di perguruan tinggi? Mengulang mata kuliah memang menjadi satu fenomena yang sering dijumpai di tengah-tengah kehidupan perkuliahan. Fenomena ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor yang membuat seorang mahasiswa mendapatkan nilai yang tidak memuaskan.

Meskipun demikian, mahasiswa tersebut masih diberi kesempatan untuk kembali kelas yang sama agar bisa memperbaiki nilai mata kuliah yang sudah didapatkan sebelumnya.

Sebelum mengetahui penyebab dan cara mengulang ketika fenomena ini terjadi pada dirimu, yuk, ketahui terlebih dahulu definisi dari mengulang mata kuliah tersebut.

Apa Itu Mengulang Mata Kuliah?

Mengulang mata kuliah merupakan fenomena yang mengharuskan setiap mahasiswa untuk mengambil kembali kelas yang sudah pernah diikuti sebelumnya. Biasanya seorang mahasiswa harus mengulang kembali mata kuliah tertentu jika nilai yang didapatkan tidak mencapai standar yang sudah ditentukan.

Ketika hal ini terjadi, bisa jadi seorang mahasiswa tersebut tidak bisa mengambil mata kuliah tertentu di semester selanjutnya. Sebab, ada beberapa mata kuliah yang memberikan syarat kelulusan terlebih dahulu di semester sebelumnya agar mahasiswa bisa memilih kelas tersebut.

Penilaian yang diberikan pada saat perkuliahan berbeda dengan apa yang pernah kamu dapatkan ketika menempuh jenjang sekolah. Jika sekolah menggunakan penilaian dalam skala 0 hingga seratus, perkuliahan hanya menggunakan skala 0 hingga 4 saja.

Skala nilai 0 hingga 4 ini akan diterima oleh setiap mahasiswa dalam bentuk variabel huruf, seperti A, B, C, D, dan E. Selain itu, masing-masing nilai ini biasanya juga ditambahkan dengan tanda plus (+) dan minus (-), seperti A-, B+, dan seterusnya.

Untuk lulus dalam sebuah mata kuliah, kamu harus bisa mendapatkan nilai paling minimal di C-. Jika kamu mendapatkan nilai di bawah variabel tersebut, seperti D dan E, maka kamu harus mengulang kembali mata kuliah tersebut di semester berikutnya agar bisa menyelesaikan semua pendidikan di perguruan tinggi.

Akan tetapi, dalam beberapa kasus ada mahasiswa yang tetap mengulang mata kuliah meskipun nilainya sudah memenuhi syarat kelulusan. Biasanya mahasiswa yang mengulang ini ingin memperbaiki nilai dari mata kuliah tertentu, sehingga indeks prestasi kumulatif atau IPK yang didapatkan bisa lebih baik lagi.

Penyebab Mengulang Mata Kuliah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, faktor utama mengapa seorang mahasiswa harus mengulang mata kuliah adalah nilai yang didapatkan tidak memenuhi standar yang ditentukan.

Nilai yang tidak memenuhi standar ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, seperti.

1. Kehadiran Kelas

Kehadiran menjadi salah satu penilaian yang patut diperhatikan oleh setiap mahasiswa ketika mengikuti perkuliahan. Secara umum, biasanya kampus menerapkan aturan setiap mahasiswa bisa hadir minimal 75 persen dari keseluruhan kelas.

Jika tidak bisa memenuhi hal tersebut, maka kemungkinan besar kamu tidak bisa mengikuti ujian nantinya. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada nilai yang didapatkan pada akhir semester perkuliahan.

2. Tugas Kuliah

Penyebab berikutnya seorang mahasiswa mendapatkan nilai yang kurang memuaskan sehingga harus mengulang mata kuliah adalah tidak mengerjakan tugas yang diberikan dengan maksimal.

Tugas yang diberikan ini juga memiliki bobot tersendiri yang bisa mempengaruhi nilai akhir mata kuliah. Biasanya, tugas dalam bentuk individu maupun kelompok memiliki bobot hingga 20 persen dari keseluruhan nilai mata kuliah tersebut.

3. Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester

Sama seperti dua poin sebelumnya, ujian yang diikuti mahasiswa, baik ujian tengah semester maupun ujian akhir semester juga memiliki pengaruh terhadap nilai akhir yang didapatkan.

Jika tidak mengerjakan ujian ini dengan maksimal, atau bahkan tidak hadir sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, maka bisa jadi nilai akhir yang akan kamu dapatkan di akhir semester nanti jauh dari apa yang diharapkan.

4. Indeks Prestasi Semester

Penyebab berikutnya seorang mahasiswa mesti mengulang mata kuliah adalah indeks prestasi atau IP yang didapatkan di semester tersebut tidak mencapai standar yang ditentukan.

Beberapa kampus biasanya menerapkan standar IP yang harus dicapai mahasiswa setiap semesternya. Jika tidak mencapai nilai yang ditentukan, mahasiswa tersebut bisa dinyatakan tidak lulus di semester tersebut dan belum bisa melanjutkan mengambil SKS di semester selanjutnya.

5. Ingin Memperbaiki Nilai dan IPK yang Didapatkan

Seorang mahasiswa juga bisa mengulang mata kuliah untuk memperbaiki nilai dan IPK yang didapatkan. Meskipun memiliki nilai yang melewati syarat kelulusan, setiap mahasiswa tetap bisa kembali mengambil mata kuliah di semester yang akan datang.

Misalnya, ketika seorang mahasiswa mendapatkan nilai C di suatu mata kuliah dan ingin memperbaiki hal tersebut, dirinya tetap bisa kembali mengambil kelas serupa di semester selanjutnya agar bisa mendapatkan predikat yang lebih baik dari sebelumnya.

Sebelum lanjut baca, coba deh kamu baca juga informasi penting tentang DO ini biar kamu makin semangat kuliahnya dan tidak menyia-nyiakan waktu kuliahmu “Kriteria Mahasiswa Drop Out Kuliah“.

Cara Mengulang Mata Kuliah

Meskipun sudah mengetahui apa saja penyebab seseorang mesti mengulang mata kuliah, seringkali setiap mahasiswa masih saja gagal dalam memenuhi standar nilai yang sudah diatur. Jika hal ini sudah terjadi, kamu mesti tahu langkah apa yang harus diambil agar bisa memperbaiki nilai tersebut.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki nilai dengan mengulang mata kuliah.

1. Mengikuti Semester Pendek

Cara pertama yang bisa kamu ambil untuk memperbaiki nilai kuliah adalah dengan mengikuti semester pendek. Semester pendek merupakan kelas yang dibuka oleh kampus di periode libur antara semester genap dan ganjil.

Dengan mengikuti semester pendek, kamu tidak perlu khawatir akan lulus lebih lama meskipun harus mengulang kembali di mata kuliah tertentu. Meskipun demikian, kamu tentu harus mempersiapkan biaya lebih untuk mendaftar di kelas semester pendek ini.

2. Mengikuti Ujian Ulang

Jika penyebab kamu gagal di mata kuliah tertentu akibat tidak bisa atau berhalangan hadir pada saat UTS atau UAS, kamu bisa meminta untuk diadakannya ujian ulang agar bisa memperbaiki nilai yang tidak memenuhi standar.

Akan tetapi perlu digaris bawahi, tidak setiap dosen pengampu mata kuliah yang bisa memberikan ujian ulang kepada setiap mahasiswanya. Jika kamu bisa mendapatkan kesempatan tersebut, manfaatkan ujian ulang ini dengan maksimal agar nilai yang didapatkan bisa lebih baik dari sebelumnya.

3. Mengambil Kembali Mata Kuliah di Semester Berikutnya

Terkadang, ada beberapa mata kuliah yang terus tersedia di setiap semesternya. Jika gagal di mata kuliah ini, maka kamu bisa mengulang kembali kelas tersebut di semester berikutnya.

4. Mengulang Kelas di Semester Akhir

Berbanding terbalik dengan poin sebelumnya, ada juga mata kuliah yang tersedia di semester tertentu, seperti di semester genap dan semester ganjil saja.

Jika sudah demikian, kamu harus menunggu hingga setahun berikutnya untuk mengambil mata kuliah yang sama. Biasanya, mahasiswa menyiasati hal ini dengan mengulang mata kuliah tersebut di semester akhir.

Jumlah SKS yang sudah lebih sedikit dan rutinitas yang mungkin berfokus pada skripsi atau tugas akhir saja memungkinkan mahasiswa lebih leluasa untuk mengulang mata kuliah sebelumnya.

Meskipun demikian, hal ini tidak bisa diterapkan bagi mata kuliah wajib. Sebab, jika belum lulus di mata kuliah ini, maka 

kamu tidak bisa mengambil skripsi maupun tugas akhir sebagai syarat kelulusan.

5. Mengikuti Informasi Terbaru di Kampus

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengulang mata kuliah adalah dengan mengikuti terus informasi yang ada di kampus.

Terkadang di tengah menjalani pendidikan, bisa jadi kurikulum pembelajaran sudah berganti, sehingga berpengaruh pada mata kuliah yang ada di jurusan tersebut.

Jaga terus komunikasimu dengan dosen pengampu mata kuliah agar tetap bisa memperbaiki nilai. Selain itu, jangan menunda-nunda hal ini agar kamu tidak kesusahan nantinya untuk memperbaiki nilai yang sudah ada.

Cara Agar Tidak Mengulang Mata Kuliah

Berdasarkan penjelasan di atas, sudah diketahui bahwa butuh tenaga dan usaha yang lebih jika kamu ingin mengulang kembali mata kuliah.

Oleh sebab itu, kamu harus bisa memaksimalkan setiap kesempatan agar hal ini terjadi. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tidak mengulang mata kuliah di antaranya.

1. Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Manajemen waktu yang baik sangat penting dimiliki oleh setiap mahasiswa. Terkadang, beberapa mahasiswa juga memiliki aktivitas lain di luar kelas, seperti mengikuti organisasi kampus atau bekerja.

Meskipun memiliki aktivitas lain, perlu diingat kewajiban utama seorang mahasiswa adalah menuntut ilmu di perguruan tinggi tempat mereka belajar. Oleh sebab itu, jangan sampai aktivitas padat yang kamu jalani di luar kampus justru berdampak buruk bagi nilai mata kuliahmu.

2. Fokus di Semester Awal Perkuliahan

Beberapa mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa baru biasanya sudah dipaketkan oleh kampus di semester awal perkuliahan. Kamu harus bisa fokus dan memaksimalkan semester-semester awal ini, agar bisa mendapatkan nilai yang maksimal tanpa perlu kembali mengulang mata kuliah tersebut.

3. Memaksimalkan Kehadiran di Kelas

Salah satu penyebab nilai mata kuliah tidak mencapai standar kelulusan adalah persentase kehadiran yang tidak memenuhi syarat.

Jika ingin hal ini tidak terjadi, maka kamu harus memaksimalkan kehadiran di setiap kelas yang diikuti.

4. Aktif di Kelas

Kamu juga bisa untuk aktif dan kritis ketika proses pembelajaran di kelas. Hal ini akan membantumu untuk lebih memahami materi yang disampaikan oleh dosen, sehingga bisa mengerjakan tugas maupun ujian dengan baik nantinya.

5. Persiapan yang Matang Menjelang Ujian

Hindari sistem kebut semalam ketika kamu akan menghadapi sebuah ujian. Cara ini biasanya tidak efektif bagi kamu untuk memahami setiap materi yang akan diuji pada saat ujian.

Kamu bisa mengulang sedikit demi sedikit materi yang sudah disampaikan pada saat waktu luang. Dengan demikian, kamu bisa lebih nyaman untuk memahami hal tersebut tanpa perlu terburu-buru oleh waktu.

6. Mengambil Jumlah SKS Secukupnya

Jika kamu gagal mendapatkan nilai yang baik di sebuah mata kuliah, bisa jadi hal ini disebabkan karena jumlah SKS yang terlalu banyak di semester tersebut.

Mengambil jumlah SKS di luar kemampuan bisa membuatmu kewalahan dan tidak fokus ketika mengikuti semua mata kuliah tersebut. Ambil jumlah SKS secukupnya agar kamu bisa mengikuti dan memahami setiap kelas dengan maksimal.

Baca juga: 9 Masalah yang Sering Dihadapi Mahasiswa Baru

FAQ

1. Apakah Mengulang Mata Kuliah Bayar?

Jika kamu mengulang mata kuliah di semester berikutnya, maka hal ini sudah termasuk dalam biaya kuliah yang wajib kamu bayarkan.

Beda halnya ketika mengambil semester pendek, maka kamu harus mengeluarkan biaya lebih dibandingkan jumlah uang kuliah yang biasa dibayarkan.

2. Apakah Mengulang Mata Kuliah Bisa Lulus Tepat Waktu?

Bisa jika kamu bisa mengambil SKS penuh setiap semesternya. Selain itu, kamu juga bisa mengulang di semester pendek agar tidak mengganggu SKS yang akan diambil di perkuliahan reguler.

3. Apakah Nilai C Mengulang Mata Kuliah?

Tidak perlu karena nilai C sudah memenuhi syarat kelulusan sebuah mata kuliah.

4. Mengulang Mata Kuliah di Semester Berapa?

Kamu bisa kembali mengulang di semester yang menyediakan mata kuliah yang sama. Untuk waktunya kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan rencana studimu, bisa langsung di semester berikutnya atau di masa akhir perkuliahan.

5. Apakah Bisa Skripsi Sambil Mengulang Mata Kuliah?

Bisa, sebab ketika mengerjakan skripsi biasanya setiap mahasiswa tidak mengambil banyak kelas lagi, sehingga memungkinkan untuk kembali mengulang mata kuliah.

Itulah berbagai penjelasan tentang mengulang mata kuliah, mulai dari penyebab hingga langkah-langkah yang bisa dilakukan agar hal ini tidak dialami oleh setiap mahasiswa. Ikuti terus artikel-artikel yang ada di Duniakampus.id agar kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi bermanfaat lainnya.

Baca juga: