Resimen Mahasiswa: Tugas, Fungsi, dan Manfaat Bergabung

Mengenal Resimen Mahasiswa - Sc Kompasid

Apa kamu saat ini tengah bertanya-tanya tentang apa itu Resimen Mahasiswa? Meskipun mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, Resimen Mahasiswa memiliki peran penting dalam lingkungan kampus loh.

Cari tahu lebih lanjut tentang Resimen Mahasiswa serta tugas, fungsi, dan manfaat jika mengikutinya di artikel berikut ini.

Apa itu Resimen Mahasiswa (Menwa)?

Resimen mahasiswa atau yang biasa disebut Menwa merupakan bagian dari kekuatan sipil yang menjalani pelatihan dan persiapan khusus. Tujuannya adalah agar anggotanya memiliki kemampuan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai wujud dari Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

Resimen mahasiswa juga menjadi salah satu komponen penting dalam memberikan pelatihan militer kepada warga negara, khususnya mereka yang merupakan mahasiswa. Markas komando Resimen mahasiswa umumnya berada di perguruan tinggi, di mana anggotanya terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi yang sedang mengejar pendidikan di kampus tersebut.

Resimen Mahasiswa berfungsi sebagai elemen cadangan dalam pertahanan negara, telah menjalani pelatihan militer yang melibatkan penggunaan senjata, teknik survival, bela diri militer, taktik pertempuran, terjun payung, penyamaran, senam militer, navigasi, dan berbagai pelatihan ilmu militer lainnya.

Anggota Resimen mahasiswa, yang disebut sebagai wira, tersebar di berbagai perguruan tinggi, membentuk satuan yang menjadi bagian dari organisasi mahasiswa di unit kegiatan mahasiswa atau UKM di kampus. Menwa memiliki kewenangan dan tanggung jawab yang berbeda dengan UKM lainnya, berada di bawah pengawasan rektorat.

Semboyan Menwa adalah “Widya Castrena Dharma Siddha,” berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti penyempurnaan dan pengabdian melalui ilmu pengetahuan serta ilmu keprajuritan.

Ilmu pengetahuan dalam semboyan ini mencakup berbagai cabang ilmu yang diperoleh oleh anggota selama menjadi mahasiswa. Wira menggunakan pengetahuan ini untuk mengembangkan karirnya tanpa melupakan tujuan utama dan berkomitmen pada pengabdian kepada masyarakat. Sementara itu, ilmu keprajuritan dalam semboyan ini mencerminkan jiwa perwira, kesatria, dan pemimpin, tidak hanya terbatas pada keahlian tempur, tetapi juga aspek-aspek lain yang relevan.

Tugas Resimen Mahasiswa (Menwa)

Dikutip dari laman resmi UPN Veteran Jakarta, tugas Resimen Mahasiswa yaitu:

  1. Sebagai komponen pertahanan Negara bertugas merencanakan, mempersiapkan dan menyusun seluruh potensi mahasiswa pada setiap propinsi daerah tingkat I, untuk melaksanakan fungsi sebagai komponen cadangan negara;
  2. Sebagai komponen perlindungan masyarakat bertugas merencanakan, mempersiapkan dan menyusun seluruh potensi mahasiswa pada setiap propinsi daerah tingkat I, untuk melaksanakan fungsi sebagai linmas;
  3. Sebagai UKM Khusus di perguruan tinggi, membantu terlaksananya pembinaan kesadaran Bela Negara serta kelancaran kegiatan dan program lainnya di perguruan tinggi.

Nah itulah tugas-tugas dari Resimen Mahasiswa. Sekarang simak fungsi dari Resimen Mahasiswa berikut.

Fungsi Resimen Mahasiswa (Menwa)

Berikut fungsi Menwa dikutip dari laman UPN Veteran Jakarta:

  1. Menyiapkan mahasiswa menjadi warga negara beriman dan berakhlak, memiliki kemampuan akademik dan intelektual dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan /atau seni, serta wawasan bela negara yang mampu mengembangkan potensi dirinya menjadi manusia produktif bagi kehidupan pribadi, masyarakat, bangsa, dan umat manusia.
  2. Sebagai Komponen Pertahanan Negara Menwa Ikut mewujudkan dan mempertahankan seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  3. Membantu menumbuhkan dan meningkatkan sikap Bela Negara dan nilai-nilai cinta tanah air di masyarakat;
  4. Membantu satuan TNI dalam melaksanakan pembinaan keamanan tertentu sesuai dengan aturan undang-undang;
  5. Membantu pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan fungsi Linmas;
  6. Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan;
  7. Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue); 
  8. Bersama dengan mahasiswa lainnya membantu terwujudnya kehidupan yang tenteram dan tertib;
  9. Membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan dan program perguruan tinggi dan program kemahasiswaan lainnya;
  10. Menyampaikan saran atau pertimbangan kepada pimpinan perguruan tinggi, Pangdam atau Danrem serta Gubernur.

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja tugas dan fungsi Resimen Mahasiswa itu. Lantas, apa saja manfaat jika kita mengikuti Resimen Mahasiswa? 

Manfaat Mengikuti Resimen Mahasiswa

Manfaat mengikuti Resimen Mahasiswa sangat beragam. Ini dia di antaranya:

1. Melatih Kedisiplinan

Manfaat mengikuti Resimen Mahasiswa yang pertama adalah melatih kedisiplinan. Kegiatan rutin dan aturan ketat dalam Resimen Mahasiswa akan membentuk tingkat disiplin yang tinggi. Disiplin ini tidak hanya berguna dalam latihan militer, tetapi juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Melatih Fisik dan Mental

Selanjutnya, mengikuti Resimen Mahasiswa memiliki manfaat dalam melatih fisik dan mental. Latihan fisik yang rutin akan membantu kamu meningkatkatkan kebugaran dan keterampilan fisik. Sementara itu, tekanan dan tantangan dalam latihan militer berguna untuk memperkuat ketahanan mental kamu. 

3. Menanamkan Semangat Patriotisme dan Kebangsaan

Manfaat mengikuti Resimen Mahasiswa berikutnya adalah kamu dapat menanamkan semangat patriotisme dan kebangsaan. Melalui pelatihan militer dan kegiatan sosial, kamu akan diajak untuk memahami dan menghargai nilai-nilai nasional serta tanggung jawab terhadap negara. Kegiatan ini tidak hanya menanamkan cinta tanah air, tetapi juga mengajarkan kamu untuk aktif berkontribusi dalam menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa.

4. Membuka Peluang Mendapatkan Beasiswa 

Selain itu, bergabung dalam Resimen Mahasiswa juga dapat memberikan kesempatan untuk kamu mendapatkan beasiswa. Pasalnya, prestasi dan keterlibatan aktif dalam kegiatan Resimen Mahasiswa sering kali dihargai dan menjadi nilai plus oleh lembaga pendidikan dalam seleksi penerimaan beasiswa.

5. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Terakhir, melalui tanggung jawab mengerjakan tugas-tugas militer dalam Resimen Mahasiswa, kamu bisa mengembangkan keterampilan memimpin dan mengelola tim dengan baik. Dengan begitu, kegiatan latihan militer ini tidak hanya membentuk kepribadian yang kuat dan bertanggung jawab, tetapi juga memberikan pengalaman bagi kamu mengembangkan jiwa kepemimpinan.

Selain manfaat di atas, kamu juga akan mendapatkan beberapa manfaat dari bergabung organisasi mahasiswa pada umumnya yang bisa kamu baca di 11 Manfaat Mengikuti Organisasi Mahasiswa di Kampus.

Kesimpulan 

Nah, demikian informasi lengkap tentang Resimen Mahasiswa (Menwa) beserta tugas, fungsi, dan manfaatnya. Resimen Mahasiswa bukan hanya sekadar organisasi keprajuritan di perguruan tinggi, melainkan juga wadah pembentukan karakter, disiplin, dan semangat kebangsaan bagi para mahasiswa. 

Dengan mengikuti Resimen Mahasiswa, kamu dapat mengembangkan potensi diri tidak hanya dalam bidang militer, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, manfaat seperti melatih kedisiplinan, fisik, mental, dan jiwa kepemimpinan tidak hanya berguna untuk diri pribadi tetapi juga untuk masyarakat dan bangsa.

Gimana, apa kamu tertarik untuk bergabung dalam Resimen Mahasiswa di kampusmu? Atau mungkin masih mencari-cari organisasi lain? Jangan lupa untuk membaca artikel lain seputar “organisasi mahasiswa” di sini ya!

Baca juga: