Surat Keterangan Aktif Organisasi: Manfaat dan Cara Membuat

Surat Keterangan Aktif Organisasi

Apa kamu aktif di organisasi kampus? Jika iya, kamu pasti pernah diminta untuk membuat surat keterangan aktif organisasi. Surat ini merupakan dokumen penting yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari mendaftar beasiswa kuliah, magang, mencari kerja paruh waktu (freelance), hingga melamar pekerjaan.

Apa itu surat keterangan organisasi dan apa saja manfaat serta cara membuatnya? Berikut penjelasannya.

Apa itu Surat Keterangan Aktif Organisasi Kampus?

Surat keterangan aktif organisasi adalah surat yang menyatakan bahwa seseorang benar-benar aktif berpartisipasi dalam suatu organisasi mahasiswa atau kegiatan. Surat ini biasanya diterbitkan oleh organisasi tertentu, seperti organisasi pendidikan formal, organisasi pendidikan nonformal, organisasi masyarakat, organisasi pemuda, dan masih banyak lagi.

Surat keterangan aktif organisasi dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti sebagai persyaratan untuk mengikuti kegiatan atau program tertentu, sebagai bukti bahwa seseorang memiliki pengalaman berorganisasi, atau sebagai pertimbangan dalam proses seleksi pekerjaan atau penerimaan mahasiswa baru.

Untuk mendapatkan surat keterangan aktif organisasi, biasanya seseorang harus memenuhi persyaratan tertentu, seperti menjadi anggota aktif organisasi selama jangka waktu tertentu, memiliki riwayat keikutsertaan dalam kegiatan organisasi, atau memiliki prestasi atau penghargaan dalam organisasi.

Surat keterangan aktif organisasi tidak hanya menjadi bukti keanggotaan, tetapi juga memberikan berbagai manfaat lain bagi anggota organisasi.

Baca juga: 11 Manfaat Mengikuti Organisasi Mahasiswa

Berikut beberapa manfaat dari SuKet aktif organisasi ini.

Manfaat Surat Keterangan Aktif Organisasi

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari surat keterangan aktif organisasi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Mendaftar beasiswa kuliah

Beasiswa kuliah seringkali mensyaratkan surat keterangan aktif organisasi. Hal ini karena organisasi dapat menjadi sarana untuk mengembangkan diri, meningkatkan keterampilan, dan menunjukkan komitmen sosial.

2. Syarat untuk magang

Surat keterangan aktif organisasi juga dapat menjadi syarat untuk magang. Hal ini karena organisasi dapat menjadi sarana untuk mendapatkan pengalaman kerja dan menunjukkan kemampuan beradaptasi di lingkungan kerja.

3. Mencari kerja paruh waktu atau freelance

Surat keterangan aktif organisasi juga dapat menjadi nilai tambah saat kamu mencari kerja paruh waktu atau freelance. Hal ini karena organisasi dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki keterampilan dan komitmen yang baik.

4. CV untuk melamar pekerjaan

Surat keterangan aktif organisasi juga dapat menjadi salah satu dokumen yang kamu cantumkan dalam CV untuk melamar pekerjaan. Hal ini karena organisasi dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki pengalaman organisasi dan keterampilan kepemimpinan.

5. Lomba mahasiswa berprestasi

Surat keterangan aktif organisasi juga dapat menjadi syarat untuk mengikuti lomba mahasiswa berprestasi. Hal ini karena organisasi dapat menjadi sarana untuk menunjukkan prestasi dan komitmenmu terhadap pengembangan diri.

Baca juga: 5 Dampak Negatif Mengikuti Organisasi Mahasiswa

Nah itulah beberapa manfaat surat keterangan aktif organisasi. Selanjutnya, simak cara membuat surat keterangan aktif organisasi berikut.

Cara Membuat Surat Keterangan Aktif Organisasi

Untuk membuat surat keterangan aktif organisasi, kamu perlu mengajukan permohonan kepada pengurus organisasi atau lembaga yang terkait. Dalam permohonan tersebut, kamu perlu menyertakan informasi berikut:

  • Nama lengkap
  • Nomor identitas
  • Jurusan
  • Tahun masuk dan lulus
  • Jabatan atau posisi dalam organisasi
  • Periode kepengurusan

Setelah permohonanmu disetujui, pengurus organisasi atau lembaga yang terkait akan mengeluarkan surat keterangan aktif organisasi. Surat ini biasanya berisi informasi berikut:

  • Kop surat organisasi atau lembaga
  • Judul surat
  • Isi surat yang menerangkan bahwa kamu aktif dalam organisasi atau kegiatan
  • Penutup
  • Tanda tangan dan stempel organisasi atau lembaga

Contoh Surat Keterangan Aktif Organisasi

Berikut ini adalah contoh surat keterangan aktif organisasi:

[Kop Surat]

[Judul Surat]

Yang bertanda tangan di bawah ini,

[Nama Pengurus]

[Jabatan Pengurus]

[Nama Organisasi]

[Alamat Organisasi]

Menyatakan bahwa:

[Nama Lengkap]

[Nomor Identitas]

[Jurusan]

[Tahun Masuk dan Lulus]

[Jabatan atau Posisi dalam Organisasi]

[Periode Kepengurusan]

Adalah benar-benar aktif dalam kegiatan organisasi [Nama Organisasi] sebagai [Jabatan atau Posisi dalam Organisasi] sejak [Tanggal Mulai] hingga [Tanggal Berakhir].

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan seperlunya.

[Tempat, Tanggal]

[Tanda Tangan Pengurus]

[Stempel Organisasi]

Penutup 

Demikianlah informasi tentang surat keterangan aktif organisasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang aktif dalam organisasi atau ingin bergabung dengan organisasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang organisasi kampus, kamu dapat membaca artikel-artikel lain seputar organisasi hanya di duniakampus.id.

Baca juga: