Wawancara Kuliah: Daftar Pertanyaan dan Tips Menjawab

wawancara kuliah

Para calon mahasiswa baru apakah sudah siap untuk menghadapi wawancara kuliah? Apakah sudah mulai merasa deg-degan atau gusar menjelang hari H?

Tahapan ini biasanya akan dilewati bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan lanjut atau mendaftar di perguruan tinggi luar negeri. Seringkali calon mahasiswa merasa takut dan cemas ketika menjalani tahapan ini, sebab tes wawancara menjadi salah satu penilaian penting agar kamu bisa diterima di kampus yang diinginkan.

Sebenarnya kamu tidak perlu sampai overthinking dalam menjalani proses ini. Wawancara kuliah merupakan hal yang lumrah dihadapi oleh para calon mahasiswa, asalkan kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Persiapan yang baik bisa membuat dirimu lebih siap ketika menghadapi sesi ini. Selin itu, persiapan yang matang untuk menghadapi wawancara kuliah akan memperbesar peluangmu untuk lulus dan diterima di kampus yang diidamkan.

Lantas, apa saja yang perlu kamu ketahui tentang wawancara kuliah? Yuk, simak ulasan lengkapnya dalam artikel Duniakampus.id ini hingga akhir.

Apa Itu Wawancara Kuliah?

Dikutip dari laman STIKES Husada Borneo, wawancara kuliah merupakan tes yang diberikan oleh pihak kampus kepada calon mahasiswa yang sudah lulus tahapan seleksi.

Tes wawancara ini biasanya bertujuan agar pihak penyelenggara bisa lebih mengenal calon mahasiswa yang akan berkuliah di kampus mereka.

Dalam tes ini, para calon akan menerima berbagai macam bentuk pertanyaan tentang hal-hal yang berkaitan dengan dirinya, seperti minat, kepribadian, dan keinginan untuk menjalani pendidikan di perguruan tinggi yang didaftar.

Pertanyaan-pertanyaan inilah yang seringkali menjadi momok menakutkan bagi para calon mahasiswa ketika menghadapi proses wawancara. Rasa takut yang berlebihan ini justru berbahaya, karena bisa jadi pertanyaan yang harusnya bisa dielaborasi dengan baik malah gagal untuk dijawab.

Padahal, jika kamu lebih mempersiapkan diri, seperti latihan menjawab kemungkinan pertanyaan yang akan diterima, maka rasa takut ketika menghadapi wawancara bisa berganti dengan rasa percaya diri.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk melakukan persiapan dan melatih diri agar bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan dalam sesi wawancara dengan maksimal.

Pertanyaan Tes Wawancara Kuliah

Penting bagi kamu para calon mahasiswa untuk mengetahui pertanyaan yang mungkin saja akan muncul dalam sesi wawancara kuliah. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu bisa melakukan persiapan dengan matang untuk melatih diri agar bisa menjawab pertanyaan dengan maksimal.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam sesi tes wawancara kuliah dan cara untuk menjawabnya versi Duniakampus.id.

1. Darimana anda mendapatkan informasi tentang kampus ini?

Pertanyaan ini biasanya dilontarkan oleh pihak penyelenggara untuk mengetahui seberapa besar minat dan kesesuaian yang kamu miliki dengan perguruan tinggi yang didaftar.

Selain itu, pihak kampus juga bisa mengetahui sudah sampai sejauh mana informasi yang mereka bagikan diketahui oleh khalayak luas.

Kamu bisa menjawab pertanyaan ini sesuai dengan pengalaman yang dimiliki, misalnya mendapatkan informasi lewat website maupun sosial media resmi kampus.

Contoh jawaban yang bisa kamu gunakan untuk pertanyaan ini adalah.

Saya mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi ini dengan membaca artikel yang ada di website kampus. Selain itu, saya juga mengikuti sosial media resmi kampus, seperti Instagram untuk mendapatkan informasi terbaru dari perguruan tinggi ini.

2. Apa alasan anda mendaftar kampus dan jurusan ini?

Sama seperti sebelumnya, pertanyaan ini juga ditanyakan oleh pihak penyelenggara untuk melihat minat dan kesesuaianmu terhadap kampus tersebut. 

Setiap jawaban yang kamu lontarkan bisa menjadi acuan bagi pihak kampus terhadap seberapa besar motivasimu untuk menjalani perkuliahan di jurusan dan kampus yang sudah dipilih.

Pertanyaan ini bisa kamu jawab dengan melakukan riset tentang perguruan tinggi yang kamu tuju. Selain itu, kamu juga bisa menyampaikan alasan yang spesifik terhadap pilihan jurusan dan kampus yang dipilih.

Contoh jawaban yang bisa kamu gunakan untuk pertanyaan ini adalah.

Saya memilih jurusan ini karena memiliki ketertarikan khusus terhadap hal tersebut. Saya merasa jurusan yang dipilih bisa memberikan manfaat bagi diri saya sendiri maupun untuk masyarakat luas. Berdasarkan riset yang sudah dilakukan, saya merasa kampus ini merupakan tempat terbaik bagi saya untuk mendalami jurusan yang dipilih. Dosen pengajar yang kompeten hingga mahasiswa yang berprestasi menjadi acuan bagi saya agar bisa mendalami jurusan ini dengan baik ke depannya.

Jika bingung lagi, kamu bisa tamatin mengenai “3 Tujuan Kuliah“. Coba baca, kalian akan mudah menjawab soal di atas.

3. Apa saja yang kamu ketahui seputar jurusan ini?

Pertanyaan ini masih berkaitan dengan pengetahuanmu seputar jurusan yang ingin kamu ambil.

Kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan riset yang sudah dilakukan. Kamu juga bisa menyebutkan potensi yang mungkin bisa diraih ketika berhasil lulus di jurusan tersebut.

Misalnya, ketika memilih psikologi, kamu bisa menyampaikan pengetahuan yang dimiliki terkait jurusan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menyinggung peluang kerja yang mungkin bisa dikerjakan ketika lulus nantinya.

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini adalah.

Saya mengetahui bahwa jurusan psikologi merupakan salah satu pilihan yang diperebutkan oleh banyak orang. Prospek yang baik bagi lulusan psikologi di dunia kerja bisa menjadi alasan kenapa jurusan ini cukup banyak diminati. Misalnya, pada saat ini hampir setiap perusahaan yang ada membutuhkan lulusan psikologi untuk mengelola sumber daya manusia mereka. Hal ini juga yang menjadi alasan saya untuk memilih jurusan ini untuk didalami.

4. Apa kekuatan dan kelebihan anda?

Tiga pertanyaan terakhir yang ada di daftar ini bertujuan agar pihak kampus bisa mengenal kepribadianmu lebih dalam.

Untuk pertanyaan ini, kamu bisa menjawab dengan cara mengenali dirimu secara utuh. Selain itu, kamu juga bisa menghubungkan kelebihan yang dimiliki dengan jurusan yang didaftar di perguruan tinggi tersebut.

Contoh jawaban yang bisa digunakan untuk pertanyaan ini adalah.

Saya merasa memiliki kelebihan dalam hal tulis menulis. Saya merasa kelebihan ini bisa ditingkatkan lagi dengan jurusan yang saya ambil, yaitu ilmu sejarah. Sebab kelebihan yang saya miliki merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang akademisi sejarah agar bisa menuangkan hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah.

5. Sebutkan 3 kata yang menggambarkan diri anda

Menyebutkan tiga kata untuk menggambarkan diri bisa menjadi sesuatu hal yang menyulitkan bagi sebagian orang. Menggambarkan kepribadianmu dalam kata yang terbatas membutuhkan latihan agar pilihan yang kamu sebutkan sesuai dengan gambaran dirimu seutuhnya.

Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan menyebutkan tiga sifat yang dirasa paling mencerminkan kepribadianmu.

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini adalah.

Tiga kata yang menggambarkan diri saya adalah disiplin, rajin, dan ulet. Saya rasa ketiga kata tersebut bisa mencerminkan kepribadian saya secara keseluruhan.

6. Jika anda diterima kuliah, anda ingin memiliki prestasi di bidang apa?

Pertanyaan ini bisa kamu jawab dengan menyampaikan hal apa saja yang ingin diraih ketika berkuliah di kampus tersebut.

Contoh jawaban yang bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan ini adalah.

Saya ingin meningkatkan prestasi akademik sesuai dengan bidang jurusan yang diambil. Selain itu, saya juga ingin mengikuti berbagai macam lomba yang berhubungan dengan jurusan yang diambil untuk mengetahui sudah sejauh mana kemampuan saya untuk menguasai bidang ilmu yang dipelajari.

Baca juga: Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi

Tips dan Trik Menghadapi Tes Wawancara Kuliah

Ketika menghadapi wawancara kuliah, kamu mesti melakukan persiapan dengan matang. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan tahapan ini adalah dengan melatih diri dalam menjawab pertanyaan yang mungkin saja dilontarkan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan riset terlebih dahulu agar bisa mengetahui lebih dalam tentang jurusan dan perguruan tinggi yang dipilih.

Tidak hanya itu, kamu juga harus mempersiapkan hal teknis secara matang, seperti memastikan tempat dan waktu tes, dokumen yang harus dibawa, dan datang tepat waktu pada saat sesi tes wawancara.
Itulah beberapa hal yang penting kamu ketahui seputar tes wawancara kuliah. Kamu bisa mendapatkan informasi lainnya dengan membaca artikel lain yang ada di Duniakampus.id.

Artikel Penting untuk Kamu Baca!

Sumber referensi artikel ini.

  • https://suneducationgroup.com/app/sun-media-app/news-app/wawancara-kuliah/
  • https://blog.schoters.com/tes-wawancara-kuliah
  • https://deepublishstore.com/blog/wawancara-kuliah/
  • https://stikeshb.ac.id/persiapan-tes-wawancara-kuliah-dan-tipsnya/
Baca juga: