10 Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli

pengertian mahasiswa menurut para ahli

Apa definisi yang muncul dalam pikiran kamu masing-masing ketika berbicara tentang mahasiswa? Apakah definisi yang kamu pikirkan tersebut sesuai dengan pengertian mahasiswa menurut para ahli?

Yuk, simak artikel ini hingga akhir agar kamu tahu apakah makna dan definisi dari kata ‘mahasiswa’ sesuai dengan yang dibayangkan selama ini!

Pengertian Mahasiswa Secara Umum

Secara umum, mahasiswa merupakan status yang diberikan kepada setiap orang yang sedang menjalani pendidikan di tingkat perguruan tinggi, baik di universitas, sekolah tinggi, dan akademik. Status mahasiswa diberikan kepada setiap orang yang sedang berkuliah, baik di tingkat S1, S2, maupun S3.

Meskipun sama-sama menuntut ilmu, status yang diberikan kepada orang-orang terpilih ini berbeda dengan siswa biasanya yang sedang menempuh pendidikan di tingkat sekolah. Penambahan suku kata ‘maha’ di awal kata mahasiswa memberikan kesan wah, pada setiap orang yang menyandang status ini.

Kira-kira apa ya alasan dibalik penyematan suku kata ‘maha’ dalam kata mahasiswa?

Kenapa Ada Suku Kata ‘Maha’ dalam Kata Mahasiswa?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kata mahasiswa bisa dipecah dalam dua bagian suku kata, yakni ‘maha’ dan ‘mahasiswa.’ Jika diartikan secara terpisah, kata ‘maha’ bisa dimaknai sebagai suatu hal yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

Di sisi lain, kata ‘siswa’ merupakan sebutan yang diberikan kepada orang yang sedang menjadi pelajar dan tengah menuntut ilmu. Penyematan kata ‘maha’ inilah yang membuat posisi orang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi berbeda dengan siswa biasa yang belajar di tingkat sekolah.

Mahasiswa dianggap memiliki kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa biasa. Kemampuan ini tidak hanya terbatas pada hal akademik, tetapi juga dalam kreativitas dan inovasi yang ditekuni.

Oleh sebab itu, mahasiswa memiliki tanggung jawab dan peran yang lebih besar bagi masyarakat dibandingkan dengan siswa-siswa yang belajar di tingkat sekolah. 

Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli

Jika tadi kita sudah membahas tentang seluk-beluk kata ‘mahasiswa’ secara umum, kali ini kamu bisa mengetahui definisi dari kata tersebut dalam sudut pandang para ahli. Berikut pengertian mahasiswa menurut para ahli yang sudah dirangkum oleh Duniakampus.id.

1. Pengertian Mahasiswa Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kata mahasiswa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak jauh berbeda dengan definisi secara umum. Dalam KBBI, kata mahasiswa diartikan sebagai orang yang belajar di perguruan tinggi.

Sementara itu, mahasiswa wanita juga memiliki penyebutan secara khusus, yaitu mahasiswi.

2. Pengertian Mahasiswa Menurut Sarwono

Definisi mahasiswa menurut Sarwono adalah setiap orang yang secara resmi terdaftar untuk mengikuti proses belajar di sebuah perguruan tinggi. Sarwono juga menjabarkan seseorang yang menyandang status mahasiswa berada di kisaran umur 18-30 tahun dan mendapatkan predikat tersebut karena memiliki ikatan dengan perguruan tinggi tempat mereka belajar.

3. Pengertian Mahasiswa Menurut Knopfemacher

Knopfemacher mengartikan kata mahasiswa sebagai setiap orang yang menjadi calon sarjana. Dalam prosesnya, seorang mahasiswa memiliki keterlibatan dengan sebuah perguruan tinggi dan diharapkan bisa menjadi calon intelektual yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas.

4. Pengertian Mahasiswa Menurut Hartaji

Menurut Hartaji, mahasiswa merupakan sebutan bagi seseorang yang sedang menuntut ilmu dan terdaftar di perguruan tinggi, baik di universitas, sekolah tinggi, politeknik, institut, dan akademi.

5. Pengertian Mahasiswa Menurut Siswoyo

Definisi mahasiswa menurut Siswoyo tidak jauh berbeda dengan apa yang diartikan oleh Hartaji. Pengertian mahasiswa menurut Siswoyo adalah setiap individu yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi atau lembaga lain yang memiliki tingkatan sama, baik yang berstatus negeri maupun swasta.

6. Pengertian Mahasiswa Menurut Daldiyono

Daldiyono menyebutkan bahwa mahasiswa merupakan sebutan bagi seseorang yang sudah lulus dari Sekolah Menengah Akhir (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan tengah melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

7. Pengertian Mahasiswa Menurut Susantoro

Susantoro menjabarkan bahwa mahasiswa merupakan seseorang yang memiliki nuansa kedinamisan dan keilmuan, sehingga bisa melihat sesuatu hal dengan objektif dan rasional.

8. Pengertian Mahasiswa Menurut Sukirman

Menurut Sukirman, mahasiswa merupakan seorang pelajar di tingkat perguruan tinggi. Selain itu, mahasiswa dianggap sebagai seseorang yang sudah dewasa, baik dalam hal emosional, fisik, psikologis, hingga kemandirian.

9. Pengertian Mahasiswa Menurut Agent of Change

Mahasiswa menurut Agent of Change diartikan sebagai seseorang yang bisa menjadi sosok penggerak dengan keilmuan yang dimilikinya. Dengan demikian, mahasiswa bisa memberikan perubahan dalam arti positif bagi lingkungan dan masyarakat tempat dia berkembang.

10. Pengertian Mahasiswa Menurut Moral Force

Moral Force mendefinisikan mahasiswa sebagai seorang pelajar yang memiliki tingkat intelektual yang tinggi dan moral yang baik.

Peran Mahasiswa pada Era Saat Ini

Mahasiswa yang identik dengan para generasi muda memiliki peranan penting dalam sebuah bangsa. Setiap individu mahasiswa memiliki peranan yang berbeda-beda, tergantung dengan berbagai macam disiplin ilmu yang mereka tekuni.

Setidaknya terdapat empat peranan penting seorang mahasiswa bagi sebuah bangsa, yakni agen perubahan, tokoh intelektual, kontrol moral, sosial dan nilai luhur, serta calon pemimpin terbaik di masa yang akan datang.

Jadi, bagi yang saat ini berstatus mahasiswa, sudah sepatutnya kamu berbangga karena belum tentu setiap orang bisa berada di posisi yang dirasakan pada saat ini. Meskipun demikian, perlu diingat setiap mahasiswa juga memiliki tanggung jawab untuk menggunakan setiap ilmu yang mereka miliki dalam hal positif dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Dapatkan informasi lain seputar mahasiswa dengan membaca artikel lainnya di Duniakampus.id.

Sumber:

  • https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mahasiswi 
  • https://deepublishstore.com/blog/pengertian-mahasiswa/ 
  • https://www.gramedia.com/best-seller/apa-itu-mahasiswa/
  • https://sastrawacana.id/2023/08/29/pengertian-mahasiswa/
Baca juga: